Merasakan Hal Ini ? Waspadai Ciri Ciri Kanker Mulut dan Lidah

Penyakit kanker merupakan salah  penyakit yang dapat mematikan, dimana terdapat sel-sel pada jaringan tubuh yang tumbuh secara ubnormal sehingga menjadi sel kanker. Karena memang dimulai dari suatu sel, maka sebab itulah kanker dapat menyerang seluruh bagian tubuh. Sebagai contoh adalah pada bagian mulut dan lidah, dimana memiliki ciri-ciri yang menipu sehingga banyak kasus dimana kanker mulut dan lidah baru diketahui saat memasuki fase stadium 4.

Sponsors Link

Salah satu ciri ciri kanker mulut dan lidah yang paling umum adalah munculnya bercak atau luka yang bertahan dalam rentang waktu yang lama dan terasa aneh. Bercak tersebut dapat berada pada lidah maupun langit-langit mulut. Lalu apa saja ciri lain dari kanker mulut dan lidah? Berikut beberapa diantaranya:

  1. Penebalan pada Pipi

Ciri yang pertama adalah adanya kondisi dimana pipi menebal atau terdapat benjolan di pipi. Munculnya benjolan tersebut biasanya disebabkan karena adanya penebalan pada dinding dalam mulut. Kondisi tersebut menjadi ciri dari kanker mulut dan lidah jika benjolan atau penebalan pada pipi semakin membesar dan tidak hilang dalam waktu yang relatif lama. Maka anda perlu memeriksakan diri ke dokter, siapa tahu kondisi tersebut merupakan gejala atau ciri dari kanker mulut dan lidah.

  1. Benjolan pada Leher

Selain penebalan pada dinding dalam mulut, ciri umum dari kanker mulut dan lidah lainnya adalah adanya benjolan pada leher anda. Benjolan di daerah leher memang biasanya pertanda adanya pembengkakan kelenjar getah bening, dimana ini juga menjadi gejala kanker mulut dan lidah. Jika benjolan kemudian menjadi berwarna merah dan semakin sakit, maka bisa jadi kondisi tersebut sebagai suatu infeksi dari kanker mulut dan leher.

  1. Bercak Putih atau Merah

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa ciri ciri kanker mulut dan lidah paling umum adalah munculnya bercak-bercak didaerah mulut maupun tenggorokan dalam. Bercak-bercak tersebut dapat berwarna putih yang disebut sebagai leukoplakia, maupun berwarna merah yang disebut sebagai erythroplakia. Memang tidak semua bercak yang muncul di mulut maupun tenggorokan menjadi ciri dari kanker mulut dan lidah, karena bisa saja kondisi tersebut merupakan kondisi sariawan.

Tapi jika anda merasa bercak yang muncul tidak kunjung hilang bahkan setelah dilakukan berbagai macam pengobatan, dimana kondisi ini merupakan salah satu perbedaan kanker mulut dan sariawan, maka akan lebih baik jika anda dapat melakukan konsultasi dengan dokter untuk mengetahui apakah kondisi anda sebagai salah satu ciri atau gejala kanker mulut dan lidah atau bukan.

  1. Nyeri Mulut

Selain beberapa ciri diatas, nyeri mulut juga menjadi bagian dari ciri yang umum terjadi pada penderita kanker mulut dan lidah. Nyeri mulut ini biasanya akan dirasakan dalam jangka waktu yang lama, bahkan terkadang juga menimbulkan rasa sakit yang tidak tertahankan. Penanganan dari dokter lah yang dapat membantu anda mengetahui apakah kondisi anda juga termasuk dalam ciri atau gejala kanker mulut dan lidah atau bukan.

  1. Tenggorokan Sakit

Kanker mulut biasanya juga akan menyebabkan kodisi dimana tenggorokan akan terasa sakit saat menelan. Bahkan akan ada sensasi terbakar pada saat menelan maupun mengunyah makanan. Terlebih lagi para penderita kanker mulut dan lidah biasanya juga akan merasakan sesuatu  yang menempel di tenggorokan walaupun sebenarnya tidak ada apa-apa.

  1. Lidah Mati Rasa

Selain menyebabkan tenggorokan sakit, kanker mulut dan lidah juga dapat menyebabkan lidah menjadi ati rasa. Artinya bahwa lidah tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya, sehingga penderita kanker mulut dan lidah tidak dapat merasakan makanan yang dimakanannya.

Sponsors Link

Kondisi tersebut yang kemudian menyebabkan adanya penurunan pada nafsu makan. Mengapa kondisi tersebut dapat terjadi, karena disebabkan oleh sel-sel kanker yang teah menyebar pada area lidah para penderita kanker mulut dan lidah. Lidah yang mati rasa ini juga menjadi salah satu ciri-ciri kanker lidah stadium awal. 

  1. Penurunan Berat Badan

Kehilangan nafsu makan juga menyebabkan adanya penurunan berat badan pada penderita kanker mulut dan lidah. Kesulitan dalam mengunyah dan menelan makanan juga menjadi faktor lain yang mendorong penurunan berat badan secara drastis menjadi ciri atau gejala dari kanker mulut dan lidah.

  1. Pendarahan

Ciri atau gejala dari kanker mulut dan lidah yang terakhir adalah adanya pendarahan pada bagian mulut, seperti pada bibir, pipi bagian dalam, lidah, maupun gusi dan lain sebagainya. Pendarahan ini biasanya tidak memiliki penyebab yang pasti dan terjadi secara berkala serta dalam jangka waktu yang lama.

Itulah dia 8 ciri ciri kanker mulut dan lidah yang perlu anda waspadai, artinya bahwa jika anda mengalami ciri-ciri seperti yang telah dijelaskan diatas dapat melakukan konsultasi dengan dokter secepatnya. Hal ini untuk melakukan pencegahan maupun penanganan dini terhadap kanker mulut dan lidah. Selain ciri-ciri diatas, sebenarnya juga masih ada beberapa ciri lainnya maupun gejala awal kanker mulut dan lidah lainnya seperti adanya perubahan suara, gigi yang goyang dan lepas tanpa alasan, dan lain sebagainya.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Kanker Mulut

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.