Kanker Mulut

Kanker mulutPenyebab kanker mulut patut diwaspadai. Kanker mulut tidak hanya ada di bagian luar mulut saja namun juga di bagian mulut lainnya. Bagian tersebut misalnya adalah bagian lidah, bagian rongga lidah dan masih banyak lagi lainnya. Di Inggris penderita kanker mulut sangat banyak sekali. Negara luar terdapat kebiasaan meminum alkohol untuk menghangatkan badan mereka. Tidak hanya itu saja negara luar juga memiliki kebiasaan merokok sama seperti orang Indonesia.

Kanker mulut juga disebut dengan kanker oral. Kanker mulut bisa tumbuh di bagian lidah, bagian permukaan bibir, di dalam pipi, di dalam gusi, mulut dasar, amandel dan juga tumbuh di kelenjar ludah.

Kasus Kanker Mulut Di Luar Negeri

Sebanyak 34.000 orang Amerika dinyatakan positif terkena kanker mulut setiap tahunnya. Angka kematian setiap tahunnya adalah 8.000 dan angka setiap tahunnya meningkat. Inggris dan Wales terdapat sebanyak 920 orang terbunuh kanker mulut setiap tahunnya. Kasus kanker mulut ditemukan pada orang dengan usia 40 tahun ke atas. Pria maupun wanita rentan dengan penyakit ini, melihat kebiasaan tidak sehat tidak hanya dilakukan pria namun juga wanita.

Gejala

Perokok aktif jika terkena penyakit ini tidak akan terdeteksi sejak awal. Khusus orang yang suka merokok dan meminum minuman keras wajib untuk selalu memeriksakan kesehatannya. Terutama pemeriksaan mulut dan giginya.

Gejala-gejala yang sering muncul adalah seperti ini :

  1. Mulut dan lidah berwarna merah atau bisa juga berwarna putih
  2. Borokan di mulut yang tidak mau hilang. Borok tersebut semakin hari semakin parah
  3. Mulut bengkak dan tidak mau sembuh lebih dari tiga minggu
  4. Adanya benjolan dan kulit mulut menjadi tebal
  5. Rasa nyeri ketika menelan
  6. Rahang menjadi nyeri
  7. Radang tenggorokan
  8. Lidah kelu dan menyakitkan
  9. Suara serak
  10. Leher sakit dan tidak kunjung hilang
  11. Gusi menjadi bengkak

Penyebab

Tidak semua masyarakat tahu apa saja yang menyebabkan kanker mulut. Ketidaktahuan itulah yang membuat penanganan kanker mulut menjadi terlambat. Banyak penderita kanker yang tidak terdeteksi sejak stadium awal, termasuk kanker mulut ini. Berobat di saat stadium lanjut tidak akan membuahkan hasil yang maksimal sebab jaringan kanker telah menyebar.

1. Merokok : Penelitian mengatakan jika perokok sebanyak 40 batang per hari memiliki risiko sebanyak lima kali lebih besar terkena kanker mulut dibandingkan dengan orang yang non perokok.

2. Menenggak Alkohol : Alkohol yang dikombinasikan dengan rokok bisa menciptakan efek yang sinergis. Efek sinergisnya merupakan efek yang diciptakan dari masing-masing zat dan digabungkan menjadi satu. Orang yang menenggak alkohol sebanyak 30 liter bir dan 40 rokok batang per hari menciptakan risiko 38 kali lebih besar terkena kanker mulut dibandingkan orang yang hidup sehat.

3. Menggunakan Lipstik Berkarsinogen : Merkuri sering dicampurkan pada lipstik. Tujuannya adalah untuk membuat warna lipstick lebih tahan lama dan tidak luntur. Zat merkuri mengandung karsinogenik dan bisa menyebabkan kanker. Merkuri tersebut akan diperparah dengan perwarna sintetis yang berbahaya bagi kulit bibir dan mulut.

5. Diet Tertentu – Diet memang bagus untuk kesehatan. Namun pola diet yang salah bisa mengakibatkan seseorang terkena kanker mulut. Seseorang yang rentan terkena penyakit kanker mulut adalah orang yang diet dengan mengkonsumsi banyak daging merah, daging asap dan juga daging olahan. Terlalu banyak makanan yang digoreng juga menjadi penyebab terjadinya kanker mulut.

6. Penyakit Refluks Gastro Esophageal ( GERD ). Kondisi seseorang dengan masalah pencernaan akan meningkatkan risiko terkena kanker mulut. Penyebab kanker mulut yang bisa terjadi adalah kondisi kebocoran asam lambung. Asam lambung yang bocor menyebabkan makanan dan minuman dikeluarkan kembali melalui tenggorokan.

7. HPV atau Human Papilloma Virus. HPV merupakan penyebab kanker mulut. HPV yang selama ini dikenal sebagai penyebab penyakit kelamin ternyata juga bisa menyebabkan kanker mulut. HPV bisa ditularkan melalui seks oral. Saat melakukan oral seks, alat kelamin yang sudah terdapat infeksi virus HPV bisa menyerang mulut dan menyebabkan kanker mulut.

8. Menginang. Mengunyah buah pinang dan sirih bisa menyebabkan seseorang terkena kanker mulut. Hal ini dikarenakan buah pinang dan sirih mengandung zat adiktif dan juga karsinogenik.

Diagnosa

Untuk mendiagnosis kanker mulut dokter butuh melakukan banyak pemeriksaan. Pemeriksaan tersebut perlu dilakukan untuk memastikan apakah penyakit yang diderita adalah kanker mulut ataukah bukan. Berikut ini langkah-langkah yang akan dilakukan dokter dalam tindakan medis.

1. Pemeriksaan Fisik

Pemeriksaan fisik dibutuhkan untuk memeriksa fisik pasien seperti apa. Langkah-langkah pemeriksaan :

  • Dokter umum akan mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada pasien tentang gejala yang dialaminya.
  • Jika dicurigai sebagai kanker mulut, dokter akan merujuknya ke ke dokter onkologi atau bisa juga ke dokter ahli THT ( Telinga Hidung Tenggorokan ).
  • Dokter akan melakukan biopsi. Biopsi merupakan sampel kecil dari jaringan mulut untuk melihat apakah terdapat sel kanker di dalam mulut. Dalam langkah ini pasien akan diberikan anestesi umum.

2. Pemeriksaan Lanjutan

Untuk mengetahui sel kanker yang bersemayan di dalam tubuh sudah menyebar atau belum dokter memerlukan  pemeriksaan lanjutan. Pemeriksaan yang dilakukan :

  • Ketika sel kanker ditemukan di mulut, dokter akan memeriksa berapa stadium dari kanker.
  • Yang dilakukan oleh dokter selanjutnya adalah endoskopi. Dokter memasukkan alat ke dalam tenggorokan pasien untuk mengetahui apakah kanker telah menyebar ke tenggorokan.
  • Untuk mengetahui sel kanker telah menyebar atau belum dokter juga akan melakukan Sinar X, CT Scan, MRI Scan dan juga PET scan.

Bagaimana Sel Kanker Bekerja Pada Tubuh?

Sel kanker tidak muncul begitu saja namun ada penyebabnya dan asalnya. Berikut ini terdapat cara bagaimana sel kanker bekerja di dalam tubuh manusia :

  1. Kanker berasal dari struktur DNA dan juga zat-zat karsinogen. Jika dimulai dengan DNA, sel kanker akan melakukan mutasi genetik.
  2. DNA menyediakan sel-sel dengan instruksi dasar, instruksinya mirip dengan program komputer. Instruksi akan memerintahkan kapal sel akan tumbuh, berkembang biak, kemudian mati.
  3. Sel kanker yang melakukan mutasi genetik akan mulai tumbuh tidak terkendali, sel kanker tersebut akan menghasilkan benjolan tumor yang sifatnya ganas.
  4. Ketika kanker tidak mendapatkan pengobatan, bisa tumbuh dan menyebar ke bagian organ lainnya melalui sistem limfatik atau serangkaian kelenjar yang ada di dalam tubuh.
  5. Ketika kanker telah mencapai sel limfatik, dapat menyerang dan menyebar kemana saja. Bisa ke tulang, darah, mulut dan organ lainnya. Setahap demi setahap mulai menduduki ruang di organ tubuh. Kedudukannya banyak yang me nggantikan kedudukan sel normal di dalam tubuh.
  6. Hasil mutasi sel kanker akhirnya tidak dapat dikendalikan. Terus tumbuh dan berkembang biak juga tidak mati. Sel normal akhirnya mati satu persatu.
  7. Seiring berjalannya waktu, kanker mulut pertama kali akan menyerang bagian mulut. Setelah bagian mulut kanker akan menyerang bagian kepala dan leher. Setelah itu sel kanker menjalar keseluruh bagian tubuh. Kanker mulut pertama kali disebabkan oleh sel skuamosa atau sel tipis datar. Sel tersebut ada di garis bibir kemudian ke bagian mulut dalam.

Mengklasi kanstadium kanker akan membantu kemajuan dalam pengobatan kanker. Hal tersebut akan membantu dokter onkologi dalam merencanakan protokol perawatan dan pengobatan pasien. Membuat laporan yang akurat tentang hasil identifikasi dan juga menentukan prognosis atau prediksi kemungkinan penyebab kanker mulut.

Artikel Dalam Kategori Kanker Mulut