5 Cara Mencegah Kanker Miom yang Wanita Wajib Lakukan

Miom merupakan tumor jinak yang biasanya muncul pada ovari wanita yang masih dalam masa reproduksi. Miom bisa muncul karena adanya perangsangan hormon estrogen dalam tubuh wanita, terutama pada sel otot rahim. Berbeda dengan kanker rahim, miom termasuk lebih mudah untuk disembuhkan. Miom biasanya bisa muncul lebih dari satu dengan berat dan diameter yang bervariasi. Keberadaan miom dapat menyebabkan kesulitan untuk hamil dan biasanya tidak memberikan gejala apapun saat ukurannya masih kecil.

Sponsors Link

Beberapa ahli kesehatan menyatakan bahwa miom bisa menyerang siapa saja, bahkan saat miom telah disembuhkan suatu saat bisa muncul kembali. Jika miom semakin membesar, maka akan menimbulkan beberapa gejala seperti munculnya rasa nyeri di bagian bawah perut, perdarahan vagina di luar masa menstruasi, anemia, mudah lelah, nyeri haid yang hebat, darah haid yang keluar berlebihan, gangguan buang air besar dan kecil hingga gangguan kehamilan jika miom muncul di saat sedang hamil. Sebelum miom menyerang, langkah terbaik untuk terhindar adalah dengan melakukan tindakan pencegahan.

Cara Mencegah Kanker Miom

Cara mencegah munculnya miom terbilang mudah dan hampir sama dengan cara mencegah kanker serviks, namun perlu konsisten dan berkesinambungan. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah munculnya miom pada rahim.

1. Rutin Melakukan Pemeriksaan

Cara terbaik untuk mencegah suatu penyakit adalah dengan melakukan pemeriksaan secara rutin. Begitu pula dengan miom yang bisa dideteksi sedini mungkin lewat pemeriksaan pap smear. Pap smear bukan hanya dapat mendeteksi adanya miom, namun berbagai masalah kesehatan lainnya di organ reproduksi juga bisa diketahui. Pastikan melakukan pap smear secara berkala agar kesehatan organ reproduksi dapat terpantau dan paling lama dilakukan setiap tiga tahun sekali.

2. Melakukan Pola Hidup Sehat

Menjalani pola hidup sehat sebenarnya tidak sulit. Cukup dengan berolahraga setiap hari dan mengkonsumsi makanan yang bergizi, termasuk makanan sehari-hari pencegah kanker. Biasakan pula untuk mengkonsumsi buah dan sayur secara rutin, serta menghindari berbagai jenis makanan yang mengandung lemak, minyak dan makanan cepat saji karena mengandung banyak pengawet dan penguat rasa yang dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Bahkan bumbu penyedap makanan cepat saji dapat merangsang produksi hormon estrogen berlebih sehingga miom dapat tumbuh di rahim.

3. Cukup Tidur

Tidur tidak hanya membantu kita untuk menghilangkan kantuk dan rasa lelah, namun juga membantu mengistirahatkan organ tubuh. Saat tidur sel-sel tubuh akan melakukan regenerasi membentuk sel baru sehingga dengan tidur yang cukup setiap harinya tubuh akan selalu terasa bugar dan prima. Dampaknya tentu saja daya tahan tubuh meningkat dan tubuh akan terhindar dari berbagai penyakit, termasuk penyakit miom.

4. Menghindari Rokok dan Alkohol

Kandungan dalam asap rokok sangat berbahaya bagi tubuh, karena itu merokok sangat tidak dianjurkan jika ingin memiliki hidup yang sehat. Berbagai kandungan senyawa kimia dalam rokok mampu merusak jaringan tubuh dan menurunkan imunitas tubuh sehingga penyakit miom dapat dengan mudah menyerang. Apalagi orang yang terpapar rokok rentan terserang kanker paru-paru dan kanker tenggorokan. Begitu pula dengan alkohol yang dapat merusak sel-sel tubuh dan menurunkan imunitas tubuh sehingga dapat menyebabkan tubuh mudah terserang berbagai penyakit.

Sponsors Link

5. Penuhi Kebutuhan Air Putih

setiap orang dewasa setidaknya harus minum air putih sebanyak delapan gelas per hari, dan bisa lebih banyak jika sedang melakukan aktivitas berat. kekurangan cairan dapat menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi dan menghambat fungsi berbagai organ tubuh. Sel-sel tubuh juga dapat menjadi rusak dan menurunkan kemampuan tubuh untuk memproduksi antibodi. Karena itu, selalu penuhi kebutuhan cairan tubuh agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit termasuk tumbuhnya miom.

Selain cara di atas, beberapa hal berikut ini juga bisa dilakukan untuk mencegah munculnya kanker miom:

  • Melakukan USG minimal dua kali setahun untuk melihat kondisi rahim dan sekitarnya, apakah muncul sesuatu yang tidak biasanya atau dalam kondisi normal.
  • Miom rentan terjadi pada wanita yang pernah mengalami keguguran dan tidak bersih dalam pelaksanaan pengkuretan. Karena itu jika mengalami keguguran pastikan dengan tim medis bahwa rahim benar-benar dibersihkan dengan baik.
  • Selalu menjaga kebersihan, karena kondisi organ intim yang bersih akan mengurangi resiko infeksi akibat jamur dan bakteri yang dapat memicu munculnya kanker miom, juga kanker serviks pada wanita.
  • Hindari stres sebisa mungkin, karena pikiran yang tertekan dapat membuat tubuh mengalami penurunan daya tahan dan rentan terkena penyakit.

Cara mencegah kanker miom memang terlihat mudah, namun sebenarnya dibutuhkan tekad yang kuat untuk menjalani pola hidup sehat dan melakukan semua cara di atas. Dengan melakukan tindakan pencegahan kita sudah berupaya untuk menjadi lebih sehat dan mencegah tubuh terserang penyakit. Pencegahan merupakan langkah terbaik untuk terhindar dari penyakit berbahaya termasuk kanker miom yang sering menyerang wanita.

,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.