Kanker Mata

Kanker mata merupakan penyakit yang tidak bisa terdeteksi saat stadium baru awal. Kebanyakan penderita datang menuju pihak medis saat stadium kanker sudah lanjut. Seperti kanker yang lainnya, saat stadium masih awal kanker mata hanya akan terdeteksi sebagi penyakit mata biasa. Namun saat sudah memasuki stadium akhir, kanker mata akan semakin menunjukkan keganasannya. Keganasan yang berbeda dengan penyakit mata biasa.

Kanker mataBanyak orang yang tidak mengetahui apa itu kanker mata. Ketidaktahuan masyarakat tentang penyakit kanker ini membuat pengobatan kanker cenderung terlambat. Ketika ada masyarakat yang mengeluh atau merasakan sakit di matanya, mereka hanya mengobatinya dengan obat tetes. Pengobatan mata yang salah, akan membuat kanker mata semakin parah.

Jenis-jenis

Kanker mata merupakan penyakit dengan pertumbuhan sel tidak normal di dalam mata. Mata memiliki banyak bagian. Kanker mata bisa menyerang bola mata dan retina seseorang. Namun ada kasus kanker mata yang ditemukan tidak menyerang retina maupun bola mata. Kanker mata terdiri berbagai macam diantaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Kanker Intraokular Primer

Ciri-ciri kanker mata ini banyak ditemukan di dalam bola mata. Ketika kanker ini menyerang, bola mata akan terdapat warna putih dan saat terkena cahaya akan terlihat mengkilat. Banyak jenis kanker yang termasuk dalam kanker intraokular primer.

Macam-macam Kanker Intraokular Primer :

  • Kanker Limfoma (kanker kelenjar getah bening) – adalah penyakit kanker mata yang menyerang sistem kekebalan tubuh, sel kanker ini juga bisa menyerang bagian tubuh lain selain mata.
  • Melanoma – merupakan penyakit kanker mata dimana sel tidak normal menghasilkan pigmen maupun menghasilkan warna yang menyerupai dengan iris mata. Melanoma intraokular merupakan jenis paling umum dari kanker mata yang tumbuh di dalam bola mata orang dewasa. Melanoma akan menyerang uvea mata. Sel kanker mata dengan jenis melanoma cenderung lambat, sehingga pengobatan kanker melanoma banyak yang berhasil.
  • Retinoblastoma – merupakan penyakit kanker yang menyerang retina. Penyakit ini kebanyakan menyerang anak-anak. Penderita akan merasakan peka terhadap cahaya lampu dan cahaya disekitarnya.

2. Kanker Intraokular Sekunder

Jenis kanker mata intraokular sekunder memiliki gejala umum tidak menyerang mata. Kanker ini disebabkan oleh sel kanker yang menyerang organ tubuh selain mata, kemudian sel kanker tersebut menyebar ke bagian mata. Kanker payudara dan juga kanker paru-paru merupakan kanker yang paling sering menyebar ke mata.  Hal yang paling sering adalah kanker ini akan menyerang ke bola mata uvea.

3. Kanker Orbit Dan Adneksa

Sel tidak normal akan berkembang mulai dari jaringan otot, kulit dan saraf yang ada di sekitar bola mata. Pertumbuhan kanker ini sama ganasnya dengan pertumbuhan kanker kulit.

Faktor Resiko

Setiap hal yang menyebabkan resiko terkena kanker disebut dengan faktor risiko. Jenis kanker mata yang berbeda-beda akan menimbulkan faktor risiko yang berbeda pula. Namun, memiliki satu atau lebih dari satu faktor resiko ini, bukan berarti akan terkena penyakit kanker mata.

Melanoma Mata

Faktor resiko dari melanoma mata dipengaruhi oleh kondisi tubuh atau fisik seseorang.  Ada kondisi fisik seseorang yang bisa menyebabkan risiko terkena melanoma mata lebih besar.

Faktor Risiko Melanoma Mata :

  • Warna mata dengan bola mata biru maupun hijau lebih rentan terkena melanoma dibandingkan dengan warna mata berwarna cokelat.
  • Terlalu banyak terkena paparan sinar matahari dan juga terkena sinar UV secara langsung.
  • Kulit putih memiliki faktor resiko lebih banyak dibandingkan dengan orang berkulit hitam.

Limfoma Mata

Faktor risiko yang menyebabkan seseorang terkena limfoma mata sangat banyak sekali. Faktor tersebut berasal riwayat penyakit seseorang yang dideritanya.

Faktor Risiko Limfoma Mata :

  • Obat penghenti penolakan organ sehabis proses transplantasi.
  • Penyakit HIV / AIDS bisa menyebabkan kanker limfoma mata.
  • Penyakit rheumatoid arthritis yang disebut juga dengan penyakit yang disebabkan oleh auto imun.
  • Kelainan sindrom.

Retinoblastoma

Retinoblastoma memiliki faktor risiko berupa anak-anak yang memiliki gen kanker dari kedua orang tuanya.

Ciri-Ciri

kanker mataGejala awal terjadinya kanker mata harus diwapadai. Seringlah melihat keadaan bola mata, apakah terdapat kelainan ataukah tidak. Ciri kanker mata adalah sebagai berikut :

  1. Bintik hitam di bagian iris mata – Anda harus tahu bagian-bagian mata misalnya saja bagian iris mata, pupil mata dan juga retina mata. Dalam bagian tersebut ada berbagai macam bintik hitam. Yang harus dicurigai adalah ketika melihat sesuatu namun, di dalam mata terdapat halangan. Bintik hitam tersebut ada di bagian iris mata.
  2. Pandangan mengambang – Rasa terhalang atau bahkan fungsi penglihatan hilang dan kabur.
  3. Mata sulit untuk diajak fokus – Pandangan yang terganggu membuat pandangan mata tidak bisa fokus dalam melihat suatu objek.
  4. Bintik merah – Selain bintik hitam, ada juga bintik merah di bagian mata. Bintik merah ini disebut dengan floaters.
  5. Bola mata menonjol keluar – Hal tersebut diakibatkan oleh sel kanker telah membentuk jaringannya di dalam bola mata.
  6. Mata akan terlihat tidak sejajar – Salah satu bagian mata kemudian akan terlihat juling atau terbalik.
  7. Kedua mata berubah warna – Bagian salah satu mata akan sedikit berbeda warnanya, sebab sel kanker telah mengubah salah satu pigmen mata.
  8. Terdapat bintik putih di dalam pupil mata – Meskipun ciri-ciri kanker mata ini dapat terlihat, namun tidak semua bintik putih merupakan ciri kanker. Bintik putih juga diindikasikan dengan penyakit katarak.
  9. Adanya benjolan – Benjolan tersebut muncul di kelopak mata. Benjolan di dalam kelopak mata akan berpengaruh terhadap penglihatan. Penyebab benjolan tersebut adanya jaringan kanker yang membentuk tumor ganas.
  10. Mata terasa sakit – Rasa sakit pada mata dan kepala terasa sangat sakit seperti tertusuk-tusuk.
  11. Mata berair secara tiba-tiba – Air mata yang keluar ini akibat adanya tumor di mata, namun tidak semua mata berair merupakan ciri kanker mata. Mata berair juga bisa disebabkan oleh terjadinya iritasi di dalam pupil mata.
  12. Gerakan mata terganggu – Bola mata tidak selincah sebelum kanker mata menyerang, karena jaringan kanker telah mempengaruhi pergerakan mata.

Segera periksakan mata Anda ke dokter setelah Anda merasakan satu atau dua buah ciri-ciri kanker mata.

Artikel Dalam Kategori Kanker Mata