11 Tanaman Obat Kanker Lidah yang Terbukti Ampuh

Penggunaan tanaman obat sebagai metode pengobatan tradisional memang sudah sejak lama digunakan oleh orang zaman dahulu. Meski metode pengobatan medis semakin berkembang, pengobatan tradisional dianggap masih cukup ampuh untuk mengatasi sejumlah penyakit hingga penyakit berbahaya seperti jenis kanker. Kanker lidah termasuk salah satu penyakit yang bisa disembuhkan dengan menggunakan beberapa tanaman obat. Ciri-ciri kanker lidah sangat mudah terlihat, yaitu munculnya gejala sariawan, panas dalam dan mati rasa pada lidah dengan frekuensi yang sering terjadi.

Sponsors Link

Untuk mengobatinya tentu dokter akan menyarankan pengobatan secara medis sepert kemoterapi dan terapi radiasi, namun efek samping yang ditimbulkan dapat membuat penderitanya sangat tersiksa. Berbeda dengan pengobatan medis, cara mengobati kanker lidah menggunakan tanaman obat minim efek samping dan cukup efektif apalagi jika dapat dideteksi saat masih gejala awal kanker lidah muncul. Tanaman obat kanker memang lebih mudah dijangkau meskipun hasilnya tidak secepat pengobatan medis. Nah, berikut ini terdapat beberapa tanaman obat kanker lidah yang bisa kita temukan di lingkungan sekitar dan terbukti ampuh khasiatnya.

1. Kunyit Putih

Kunyit putih sedikit berbeda dengan jenis kunyit yang biasa dijadikan sebagai bumbu dapur. Kunyit ini memiliki manfaat yang luar biasa dalam mengobati berbagai penyakit termasuk kanker lidah. Cara menggunakannya jadikan kunyit putih sebagai kunyit bubuk, lalu gunakan 1 sendok teh dan diseduh dalam setengah gelas air panas (100 cc). Setelah diaduk biarkan mengendap dan minum airnya saja. Lakukan 3 kali sehari untuk pengobatan dan sekali sehari untuk pencegahan.

2. Keladi Tikus

Keladi tikus juga bisa dijadikan sebagai obat kanker lidah, dengan cara merendam 3 batang keladi tikus beserta daunnya selama 30 menit. Lalu tumbuk hingga halus dan beri sedikit air. Peras dan saring lalu minum air perasan tersebut setiap hari hingga kanker lidah sembuh.

3. Mengkudu

Buah mengkudu atau pace ini lebih dikenal sebagai obat penyakit ginjal, namun ternyata juga bermanfaat dalam mengatasi penyakit kanker. Buah mengkudu yang direbus dan diminum airnya dapat melawan penyakit kanker dan menghambat pertumbuhannya sehingga penyakit kanker bisa disembuhkan.

4. Bawang Putih

Khasiat bawang putih sebagai obat kanker memang sangat luar biasa, tidak hanya bisa mengatasi kanker lidah namun juga jenis kanker lainnya. Manfaat bawang putih untuk kanker memang tidak perlu diragukan lagi sehingga jenis bumbu dapur satu ini bisa digunakan setiap hari untuk mengatasi kanker lidah.

5. Daun Ceremai

Daun ceremai yang memiliki buah masam ini juga mampu mengatasi kanker lidah. Cara menggunakannya, ambil segenggam daun ceremai muda, daun belimbing, bidara upas sejaro, gadung cina, sejari dan gula aren secukupnya. Rebus dalam 3 gelas air hingga menyusut menjadi 1 gelas. Saring dan minumlah selagi hangat 3 kali sehari secara rutin.

6. Daun Sirsak

Daun sirsak juga sudah dikenal sebagai obat kanker yang paling ampuh termasuk mengatasi kanker lidah. Banyak sekali kandungan senyawa aktif dalam daun sirsak untuk membasmi sel kanker hingga tuntas. Cara menggunakannya, rebuslah 7-8 daun sirsak yang tidak terlalu muda dan tua dalam 3 gelas air. Setelah menjadi 1 gelas, angkat dan saring lalu minumlah selagi hangat.

7. Tapak Dara

Tapak dara mungkin sering dijadikan sebagai tanaman hias, namun siapa sanga tanaman ini juga ampuh mengatasi penyakit kanker. Kandungan vinkristin dan vinblastin di dalamnya efektif melawan sel kanker sehingga kanker lidah dapat disembuhkan.

Sponsors Link

8. Sarang Semut

Sarang semut dikenal sebagai obat segala penyakit termasuk kanker, dan untuk mendapatkan manfaatnya kita bisa merebusnya hingga mendidih lalu minum air rebusan tersebut secara rutin hingga sembuh.

9. Kulit Manggis

Bukan hanya daun dan buah saja yang bisa dijadikan obat, kulit buah pun bisa memiliki manfaat sebagai obat herbal. Salah satunya adalah kulit manggis yang dapat diolah menjadi obat kanker lidah. Kita bisa membuatnya sendiri dengan merebus kulit manggis secukupnya lalu saring dan minum air rebusannya secara rutin.

10. Benalu

Sebagai tumbuhan pengganggu yang kerap dibuang, benalu ternyata juga berkhasiat sebagai obat salah satunya penyakit kanker. Penggunaannya cukup dengan menyeduhnya seperti membuat teh. Jika dikonsumsi setiap hari maka penderita kanker dapat lebih cepat sembuh. Lebih baik lagi jika benalu dikeringkan sehingga bisa disimpan untuk waktu yang lebih lama.

11. Daun Dewa

Daun dewa yang terkenal akan khasiatnya dalam melawan penyakit kanker juga dapat menyembuhkan kanker lidah. Carany cukup dengan merebus daunnya secukupnya saja dan jika sudah mendidih konsumsi secara teratur sehingga penyakit kanker lidah lebih cepat disembuhkan.

Itulah beberapa tanaman obat kanker lidah yang sangat mudah ditemukan dan mudah menggunakannya. Salah satu cara mencegah kanker lidah yaitu dengan mengetahui penyebab kanker lidah, sehingga kita bisa menghindarinya. Selain itu selalu perhatikan kebersihan gigi dan mulut serta menerapkan pola hidup sehat agar penyakit kanker dapat dicegah sebisa mungkin.

, , ,
Info Dokter

Apa kanker paling bahaya ? Mengapa ? Yuks simak penjelasan dokter spesialis Kulit dan Kelamin dari RSPAD Gatot Soebroto, jangan lupa subscribe untuk penjelasan dokter lainnya.