7 Perbedaan Kanker Lidah dan Sariawan Sebagai Deteksi Dini Terpenting

Kanker lidah adalah kanker mulut yang dibedakan berdasarkan lokasinya di mulut dan di lidah. Jika kanker berada di bagian depan lidah, itu dikenal sebagai kanker sel skuamosa dari lidah lisan. Jika kanker terletak di bagian belakang ketiga lidah, itu dikenal sebagai kanker sel skuamosa di dasar lidah seperti gejala awal kanker lidah.

Sponsors Link

Ciri-ciri kedua kanker ini sangat berbeda, dan mencerminkan perbedaan asal mereka. Perbedaan dalam asal-usul juga merupakan alasan bahwa perawatan dari dua bentuk kanker lidah ini sangat berbeda. Kanker mulut relatif jarang, mewakili hanya sekitar tiga persen dari semua kanker.

Tanda dan  Gejala

Umumnya, tanda pertama kanker sel skuamosa dari lidah lisan adalah sakit merah muda di sisi lidah yang menetap dan tampaknya tidak sembuh dari waktu ke waktu. Cukup sering, sakitnya mudah berdarah jika digigit atau disentuh. Jika ini terjadi, dianjurkan bahwa orang tersebut menemui dokter, terutama jika orang tersebut berusia lebih dari lima puluh tahun seperti penyebab kanker lidah pada bayi dan balita.

Pada periode perkembangan paling awal, kanker sel skuamosa pada dasar lidah tidak bergejala. Ini berarti bahwa kanker tidak membuat dirinya diketahui sampai nanti dalam pertumbuhannya. Namun, gejala dapat dimulai dengan rasa sakit di lidah dan jaringan di sekitarnya, perubahan nada suara dan suara, dan kesulitan menelan yang dapat menyebabkan perasaan kembung atau kepenuhan. Karena gejala awal tidak aktif, sebagian besar kanker sel skuamosa di dasar lidah semakin lanjut pada saat pasien melihat dokter. Banyak pasien sudah memiliki sel kanker skuamosa di kelenjar getah bening leher (metastasis).

Penyebab

Penyebab kanker lidah tidak diketahui. Kebersihan mulut yang tidak memadai dan bercak putih menebal pada selaput lendir dari rongga mulut (leukoplakia) dapat menjadi penyebab. Gangguan ini secara statistik terkait dengan alkoholisme, sirosis hati, merokok berlebihan, dan sifilis seperti gejala kanker bawah lidah

Iritasi oleh gigi bergerigi, memproyeksikan tambalan dan gigi palsu yang tidak pas mungkin juga merupakan faktor yang berkontribusi terhadap perkembangan kanker lidah. Seperti pada beberapa jenis kanker lainnya, kemungkinan predisposisi genetik keganasan juga bisa menjadi faktor.

Populasi yang Terkena Dampak

Kanker lidah paling sering terjadi pada pria di atas usia 60. Sangat jarang pada orang, terutama wanita, di bawah usia 40.

Gangguan Terkait

Ada banyak jenis kanker mulut. Semua tipe relatif jarang mendapatkan nya. Karsinoma lidah atau mulut ditandai dengan pertumbuhan yang keras yang bisa dirasakan oleh ujung lidah. Rasa sakit di telinga, peningkatan air liur, kesulitan berbicara dan kemudian pendarahan, adalah tanda-tanda gangguan ini. Jenis kanker ini mungkin disebabkan oleh kebersihan mulut yang buruk atau iritasi jaringan oleh gigi tajam, gigi palsu yang tidak pas, merokok, dll.

Sponsors Link

Seringnya, kelenjar getah bening di leher juga terpengaruh. Karsinoma pipi (mulut, mukosa bukal, karsinoma) ditandai oleh lesi ganas di pipi, nyeri, kesulitan mengunyah, kejang di otot pipi (trismus) dan perdarahan mukosa. Karsinoma dapat menyebar ke kelenjar getah bening di bawah rahang seperti ciri-ciri kanker lidah stadium awal.

Perbedaan Kanker Lidah dan Sariawan

Nah, karena gejala awal kanker lidah tidak jauh berbeda dengan gejala sariawan, maka apa saja yang bisa menjadi perbedaan kanker lidah dan sariawan?

1. Perburukan Tanda Dan Gejala

Gejala awal yang mirip sariawan ini memang akan dialami oleh para penderita kanker lidah, hanya saja ini akan menjadi kian buruk seiring berjalannya waktu yang dialami oleh penderita kanker lidah, sedangkan sariawan hanya akan bertahan beberapa hari.

2. Pendarahan

Hal terberat pada tahapan awal yang akan mebedakan keduanya adalah adanya pendarahan yang bisa dialami oleh penderita kanker lidah sedangkan pada penderita sariawan ini jarang terjadi.

3. Ulkus

Ulkus yang terjadi pada kanker lidah akan bersifat semi permanen dan permanen berbeda dengan yang terkena sariawan ini akan hilang setelah beberapa terapi pengobatan.

4. Benjolan

Sangat jarang adanya benjolan yang bertahan lama ketika terkena sariawan sedangkan terkena kanker lidah akan mengalami masalah benjolan tersebut.

6. Sakit Menelan

Biasanya ini akan mereda dengan sendirinya pada penderita sariawan dan akan berlanjut pada pasien yang terdiagnosa kanker lidah.

7. Mulut Kebas

Sangat jarang terjadi pada sariawan dan ini merupakan salah satu tanda kanker lidah.

Nah, demikianlah 7 perbedaan kanker lidah dan Sariawan yang bisa menjadi deteksi dini bagi penderita.

Diagnosa

Pemeriksaan sampel jaringan dari situs kanker yang dicurigai oleh ahli patologi yang memenuhi syarat adalah kunci untuk diagnosis. MRI atau CAT scan dapat dipesan untuk menentukan lokasi dan ukuran pertumbuhan. Pemeriksaan ini juga akan menentukan tahap gangguan (seberapa maju itu mungkin), yang pada gilirannya, akan membantu menentukan metode dan laju pengobatan.

Terapi Standar dan Pengobatan

Tidak semua spesialis setuju pada bentuk pengobatan tumor mulut pada tahap tertentu. Sebagian besar, bagaimanapun, setuju bahwa setiap pekerjaan gigi yang mungkin diperlukan pasien harus dijaga sebelum pengobatan kanker dimulai dan bahwa merokok harus berhenti. Perawatan biasanya terdiri dari operasi diikuti oleh terapi radiasi. Kemoterapi lebih jarang diberikan.

Kontroversi ada di antara spesialis kanker (ahli onkologi) dan di antara ahli bedah kepala & leher mengenai prosedur bedah mana yang menghasilkan hasil yang lebih baik. Kontroversi juga ada mengenai penggunaan biji radioaktif yang ditanamkan (brachytherapy) sebagai alternatif terapi sinar eksternal. Apapun, diagnosis dan pengobatan dini sangat penting, terutama pada individu di bawah 20 tahun.

, , ,
Oleh :
Kategori : Kanker Lidah
Info Dokter

Apa kanker paling bahaya ? Mengapa ? Yuks simak penjelasan dokter spesialis Kulit dan Kelamin dari RSPAD Gatot Soebroto, jangan lupa subscribe untuk penjelasan dokter lainnya.