5 Penyebab Kanker Lidah Pada Bayi dan Balita

Kanker lidah termasuk jarang ditemui kasusnya di Indonesia, dan lebih jarang lagi dijumpai pada bayi. Namun bukan berarti penyakit tersebut tidak pernah menyerang bayi ataupun balita. Jika penyebab kanker lidah pada orang dewasa lebih disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat, maka pada bayi tidak demikian. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan bayi terkena kanker lidah. Walaupun kebanyakan kanker lidah atau tumor pada lidah bayi tidak termasuk tipe yang ganas dan masih bisa disembuhkan.

Sponsors Link

Pada bayi, tanda-tanda kanker lidah bisa terlihat dari munculnya sariawan yang banyak dan berkepanjangan. Meskipun telah diobati sariawan tidak kunjung sembuh. Selain itu, gejala awal kanker lidah lainnya adalah munculnya bercak pada lidah, lidah sering terluka, sakit tenggorokan, munculnya benjolan pada lidah hingga kesulitan dalam mengecap rasa makanan. Sejauh ini belum dapat dipastikan hal apa saja yang menjadi penyebab munculnya kanker lidah pada bayi, namun beberapa faktor berikut ini bisa menjadi pemicu terbentuknya sel kanker pada lidah bayi.

1. Kelainan Genetik

Hal yang paling besar menyebabkan seorang bayi mengalami kanker lidah adalah kelainan genetik, yang mungkin terjadi sejak masa kehamilan. Tentunya hal ini bisa terjadi karena sang ibu yang mungkin sedang terinfeksi atau pola hidup yang dijalaninya tidak sehat saat mengandung sehingga berdampak pada bayi di dalam perutnya. Karena itu sangat penting bagi orang tua khususnya ibu untuk terus menjaga kesehatan dan lebih memperhatikan kehamilannya agar bayi yang dilahirkan nanti dalam keadaan sehat.

2. Keturunan

Faktor keturunan juga bisa menjadi penyebab seorang bayi menderita kanker lidah. Baik ayah maupun ibu yang memiliki riwayat penyakit tersebut, dapat menurunkan bibit sel kanker kepada anaknya. Bahkan anggota keluarga terdekat yang mengalami penyakit tersebut juga bisa berkontribusi untuk menurunkan penyakit yang sama kepada anggota keluarganya yang baru lahir. Namun bukan berarti setiap keluarga yang memiliki riwayat penyakit tersebut langsung melahirkan anak yang akan terkena kanker juga. Dengan menjalani hidup yang sehat dan rutin melakukan medical check up maka anak tercinta bisa selalu dalam keadaan sehat.

3. Luka Pada Rongga Mulut yang Lama Sembuh

Area mulut dipenuhi oleh bakteri yang secara alami memang tinggal di tempat tersebut. Jika pada bayi yang imunitasnya tergolong masih rendah, mengalami luka pada bagian mulut atau lidahnya maka ia akan mudah mengalami infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Hal tersebut menjadikan luka pada lidah menjadi lama untuk sembuh. Kondisi ini membuat luka dapat mengalami infeksi dan memicu munculnya sel kanker lidah, bahkan kanker mulut pun bisa terjadi.

4. Orang Tua Perokok

Bagi ibu maupun ayah yang menjadi perokok dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan anaknya. Racun yang terdapat pada asap rokok dapat membuat bayi atau janin mengalami kelainan bahkan mutasi genetik. Hal ini akan menjadikan sel-sel mengalami kerusakan dan pertumbuhannya tidak terkendali sehingga sel kanker lidah pada bayi bisa saja muncul. Hal ini bukan saja menyebabkan kanker lidah, namun dapat meningkatkan resiko terkena kanker paru-paru.

Sponsors Link

5. Kelainan Pertumbuhan Janin

Janin dalam kandungan memerlukan asupan nutrisi yang seimbang dan mencukupi kebutuhan tubuhnya. Jika sang ibu tidak memperhatikan hal ini maka keselamatan bayi yang dikandungnya bisa terancam. Kanker lidah pada bayi pun bisa disebabkan saat janin mengalami kelainan pada masa pembentukannya. Kareka itu selama hamil selalu perhatikan asupan nutrisi dan jauhi berbagai hal yang dapat menyebabkan hal negatif pada janin.

Demikian penyebab kanker lidah pada bayi yang wajib para orang tua ketahui. Agar anak atau bayi Anda dapat terhindar dari penyakit tersebut, sebaiknya mulailah rutin memberikan anak atau bayi dengan makanan yang bergizi dan kaya antioksidan untuk mencegah sel kanker. Bila perlu sang ibu mengkonsumsi makanan sehari-hari pencegah kanker agar nutrisinya bisa terserap dan dapat diberikan pada bayi melalui ASInya.

, ,
Post Date: Wednesday 18th, October 2017 / 06:35 Oleh :
Kategori : Kanker Lidah