Apakah Kanker Lidah dapat Disembuhkan? Berikut Faktanya!

Kanker lidah merupakan salah satu jenis kanker yang disebabkan karena adanya pertumbuhan sel-sel lidah yang abnormal. Dimana sel-sel skuamosa yang ada di permukaan lidah menjadi tempat yang memiliki kemungkinan paling besar bagi pertumbuhan dan perkembangan sel-sel kanker. Sama dengan jenis kanker lainnya, bisa atau tidaknya kanker lidah disembuhkan masih menjadi perbincangan dan banyak dicari tahu oleh banyak orang. Oleh sebab itu, dalam kesempatan kali ini akan di ulas secara lengkap apakah kanker lidah dapat disembuhkan beserta dengan cara pengobatannya.

Sponsors Link

Bisa atau Tidak Kanker Lidah Disembuhkan

Secara anatomi, lidah manusia terdiri dari dua  bagian utama. Bagian pertama adalah bagian depan yang terletak didalam mulut, dan bagian kedua adalah bagian pangkal yang terletak pada tenggorokan. Kedua bagian tersebut memiliki kemungkinan yang sama bagi perkembangan kanker lidah. Kanker lidah yang biasanya tumbuh didalam mulut atau bagian depan akan dikategorikan sebagai kanker mulut, sedangkan kanker lidah yang tumbuh di daerah tenggorokan atau bagian pangkal ini lebih disebut sebagai kanker orofaring.

Selain kedua bagian tersebut, kanker lidah juga lebih berkemungkinan tumbuh pada sel skuamosa. Sel skuamosa sendiri merupakan sel yang memiliki bentuk pipih menyerupai kulit, sel ini akan melapisi permukaan mulut, laring, tiroid, hingga juga melapisi daerah tenggorokan. Kondisi dimana kanker lidah menyerang sel skuamosa lebih sering disebut sebagai kanker sel skuamosa.

Beberapa penyebab atau faktor tumbuhnya kanker lidah buaya sendiri secara umum diyakini lebih disebabkan karena konsumsi alkohol dan tembakau. Alkohol dan tembakau memiliki sifat karsinogetik atau sifat dimana mudah menyebarkan sel kanker. Zat-zat dengan sifat karsinogetik umumnya memang mengandung unsur kimia yang berkemungkinan besar dapat merusak DNA di dalam sel sehingga memicu pertumbuhan kanker lebih cepat.

Walaupun begitu, ternyata kanker lidah diketahui sebagai salah satu jenis kanker yang bisa disembuhkan. Jadi apakah kanker lidah dapat disembuhkan? Jawabannya adalah bisa jika dilakukan pengobatan yang sesuai dengan kondisi atau prosedur pengobatan sel lidah yang benar. Bagaimana cara pengobatan kanker lidah, mari simak ulasan berikut ini.

Pengobatan Kanker Lidah

Setelah mengetahui bahwa kanker lidah dapat disembuhkan, pasti anda ingin mengetahui pula bagaimana cara pengobatan kanker lidah. Pada umumnya, penanganan kanker lidah sendiri meliputi tiga metode utama, dimana tergantung pada jenis, letak, serta tingkat keparahan kanker lidah yang dialami. Ketiga metode tersebut meliputi operasi, radioterapi, serta kemoterapi. Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai pengobatan kanker lidah sesuai dengan jenis dan keparahan kanker.

  1. Kanker belum menyebar luas

Kanker yang belum menyebar luas hingga ke luar mulut dan orofaring memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk sembuh secara total. Untuk mengobati kanker lidah yang berukuran kecil ini biasanya diperlukan prosedur operasi yang dikombinasikan dengan metode radioterapi atau kemoterapi. Jadi bagi anda yang mengidap kanker lidah dan masih dalam kondisi kecil tidak perlu khawatir karena kanker anda dapat disembuhkan secara total.

  1. kanker sudah menyebar

Berbeda dengan kanker lidah yang belum menyebar, kanker lidah yang sudah menyebar kebagian lainnya maka memiliki kemungkinan yang kecil untuk disembuhkan secara total. Terutama jika kanker menyebar pada kelenjar getah bening pada leher. Namun bukan berarti kanker tidak dapat disembuhkan, dalam kondisi ini masih dapat dilakukan kemoterapi atau radioterapi untuk menghambat perkembangan kanker serta mengurangi pula gejala kanker lidah awal maupun parah.

Sponsors Link

  1. Kanker berukuran besar

Jika kanker anda sudah berukuran besar, maka pengobatan kanker yang paling memungkinkan untuk dilakukan adalah dengan jalan operasi pengangkatan sebagian maupun seluruh lidah. Operasi besar ini biasanya disebut juga sebagai proses glosektomi. Dimana setelah melakukan proses glosektomi biasanya akan direkonstruksikan untuk mengganti lidah yang telah diangkat. Sebagai efek sampingnya, kemampuan berbicara dan menelan anda akan terganggu secara permanen. Terlebih lagi ketika kanker sudah berukuran besar dan menyebar, maka tidak menutup kemungkinan bahwa kelenjar getah bening pada leher anda juga akan ikut diangkat. Pengobatan atau prosedur ini perlu dilakukan untuk mencegah tumbuhnya kembali sel-sel kanker pada lidah maupun mulut anda.

Itulah dia beberapa cara pengobatan kanker lidah baik melalui operasi maupun disertai dengan dilakukan kemoterapi dan juga radioterapi. Walaupun kanker lidah dapat disembuhkan melalui tiga metode utama tersebut, namun perlu anda ketahui pula bahwa metode-metode tersebut memiliki efek samping. Beberapa efek samping diantaranya adalah:

  • Operasi kanker lidah dapat menyebabkan kesulitan dalam kemampuan berbicara, makan, dan juga minum anda. Oleh sebab itu, setelah prosedur operasi biasanya tetap dibutuhkan bantuan tim medis untuk dapat memulihkan kondisi anda, sehingga anda dapat melakukan aktivitas sehari-hari secara normal.
  • Sedangkan radioterapi dan kemoterapi yang dilakukan dapat menyebabkan efek samping seperti kelelahan, mulut kering, mual, hingga nyeri pada mulut yang akan anda rasakan setelahnya.

, , ,
Oleh :
Kategori : Kanker Lidah

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.