7 Tanda Awal Kanker Lambung Yang Harus Diwaspadai

Lambung merupakan salah satu organ pencernaan yang sangat krusial keberadaannya. Jika lambung mengalami masalah maka seluruh proses pencernaan dan metabolime tubuh akan terganggu. Banyak sekali penyakit yang dapat menyerang lambung, dan yang terparah adalah kanker lambung. Penyakit ini akan menggerogoti lambung sedikit demi sedikit hingga akhirnya menyebar ke organ lain dan mengganggu fungsinya. Jika tidak segera ditangani, kanker lambung bisa menyebabkan kematian.

Sponsors Link

Gejala kanker lambung stadium awal biasanya tidak begitu terasa, bahkan sering dianggap sebagai penyakit magh biasanya. Selain itu ciri-ciri kanker lambung tadium awal juga hanya terjadi sesaat dan segera hilang sehingga sering disepelekan. Namun saat menunjukkan gejala atau tanda yang lebih serius, penyakit kanker lambung justru telah semakin parah sehingga lebih sulit untuk diobati. Adapun tanda awal kanker lambung bisa dilihat berdasarkan beberapa tanda seperti berikut ini.

Tanda Awal Kanker Lambung

1. Sering Kembung

Kembung sering dianggap sebagai pertanda masuk angin biasa dan akan hilang dengan sendirinya. Anggapan tersebut mungkin benar, namun jika kembung sering terjadi dan sulit untuk disembuhkan sebaiknya Anda perlu waspada. Kembung yang terjadi berkali-kali dalam waktu yang berdekatan menunjukkan adanya gangguan serius pada lambung dan bisa jadi menandakan adanya kanker lambung.

2. Sering Bersendawa

Mungkin setelah makan orang akan bersendawa apalagi jika sampai kekenyangan. Sendawa memang hal yang wajar terjadi karena lambung yang berisi gas terisi makanan sehingga gas akan terdorong keluar. Namun adanya kanker lambung membuat sendawa terus terjadi meski tidak dalam kondisi kenyang. Sendawa juga sering terjadi bersamaan dengan perut yang terasa kembung sehingga kondisi ini tidak boleh dianggap remeh.

3. Sakit Perut dan Mulas

Tanda awal kanker lambung lainnya yaitu sering merasakan sakit perut dan terasa mulas secara berulang. Hal ini terjadi karena lambung telah mengalami gangguan dalam menjalani fungsinya mencerna makanan akibat sel kanker yang terus menyebar sehingga makanan tidak tercerna dengan sempurna. Apalagi gas dan cairan lambung juga menjadi meningkat hingga menimbulkan rasa mulas.

4. Mual dan Muntah

Adanya sel kanker di dalam lambung membuat kondisi lambung menjadi kacau sehingga kadar asam lambung maupun gas lambung menjadi berlebih. Kondisi ini membuat lambung tidak mampu berfungsi dengan baik hingga terjadi refluks lambung. Akibatnya penderita kanker lambung akan sering merasakan mual bahkan hingga muntah.

5. Nyeri pada Tulang Dada

Kanker lambung juga sering ditandai dengan rasa nyeri pada tulang dada karena letaknya yang berdekatan. Rasa nyeri ini juga menandakan sel kanker telah menyebar lebih luas sehinnga memberikan dampak buruk terhadap jaringan dan organ di sekitarnya. Semakin lama rasa nyeri tersebut akan semakin sering terjadi bahkan semakin lama hingga membuat sesak napas.

6.Peradangan Lambung

Sel kanker yang muncul di lambung akan menyebabkan iritasi dan peradangan. Pada awalnya peradangan tersebut hanya sesekali dapat dirasakan dan segera hilang. Namun semakin lama intensitasnya akan semakin sering dan rasa sakit yang ditimbulkan juga semakin parah. Kondisi ini menunjukkan peradangan yang terjadi juga sudah semakin luas pada area lambung dan menandakan sel kanker juga ikut menyebar lebih luas.

7. Muntah Darah

Kanker lambung juga bisa ditandai dengan seringnya terjadi muntah darah. Sel kanker akan merusak sel sehat serta membuat dinding lambung teriritasi. Akibatnya dinding lambung akan terluka hingga berdarah. Kondisi ini menyebabkan isi lambung bercampur dengan darah dan saat muntah darah pun akan ikut keluar.

Nah, itulah beberapa tanda awal kanker lambung yang harus diwaspadai. Penyakit ini mungkin masih jarang didengar oleh sebagian orang jadi banyak yang tidak begitu peduli dengan gejalanya yang hampir mirip dengan masalah lambung biasa. Mengetahui tanda awal kanker lambung bisa menjadi cara mencegah kanker lambung yang paling mudah dilakukan.

,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.