15 Gejala Tumor Lambung yang Harus Diwaspadai

Kanker lambung adalah menyakit keganasan atau kanker pada pada sel yang melapisi lambung. Lambung adalah organ pencernaan yang sangat penting bagi mnusia. Bentuk lambung seperti tabung berbentuk huruf ‘J’ di bagian atas perut. Lambung berfungsi untuk memproses nutrisi, yaitu vitamin, mineral, karbohidrat, lemak dan protein serta air yang ada dalam makanan yang anda makan dan membantu mengeluarkan sisa makanan atau benda asing yang tidak dapat dicerna seperti logam atau kelereng keluar dari dalam tubuh. Perjalanan makanan dimulai dari mulut dan masuk ke dalam esofagus yaitu tabung otot yang berbentuk sirkuler. Setelah meninggalkan lambung, makanan yang dicerna dapat melewati usus halus dan masuk ke dalam usus besar.

Sponsors Link

baca juga: pencegahan kanker lambung

Dinding lambung terdiri dari 3 lapisan, yaitu lapisan mukosa atau selaput lendir dimana lapisan ini berada di paling dalam dari organ lambung dan bagian tengah yang terdiri dari otot dan bagian paling luar, yaitu lapisan serosa. Kanker lambung mulai dari sel yang melapisi lapisan mukosa atu selaput lendir kemudian menyebar ke lapisan lain yang terletak lebih luar. Gejala dispepsia dan juga gejala alarm yang biasanya diidentifikasi pada pasien dengan keluhan dispesia menjadi suatu penanda risiko yang lebih tinggi dari dispesia organik yang dialami penderita. Gejala dispepsia tidak hanya dialami oleh penderita yang datang dan memeriksakan dirinya di dokter umum melainkan juga penderita yang dapat dialami masyarakat umum. Gejala tumor lambung adalah sebagai berikut

baca juga: gejala awal kanker lambung

1. Gangguan pencernaan

Lambung adalah salah satu organ penting untuk pencernaan manusia. Organ ini berfungsi untuk mencerna zat- zat makanan seperti protein, karbohidrar dan lemak. Pencernaan tersebut terjadi karena ada enzim- enzim pencernaan yang dikeluarkan oleh sel- sel yang ada dipermukaan lambung atau di mukosa lambung. Enzim pencernaan ini berfungsi untuk mencerna protein dan karbohidrat menjadi senyawa yan lebih kecil. Sedangkan, untuk mencerna lemak diperlukan garam- garam empedu yang dikeluarkan oleh kandung empedu. Garam- garam ini baru akan dikeluarkan ketika makanan baru melewati usus dua belas jari, karena di area ini terdapat lubang yang menghubungkan usus dan kelenjar.

baca juga: ciri- ciri kanker lambung stadium awal

2. Perut terasa tidak nyaman

Perut terasa tidak nyaman dapat disebabkan karena gangguan lambung yang disebabkan adanya tumor pada lambung. Massa tumor ini akan mereggangkan lambung, oleh reseptor- reseptor pada lambung regangan tersebut dikirim ke otak. Massa tumor tersebut juga mengganggu pergerakan dari otot- otot polos lambung dalam mencerna makanan. Gangguan tersebut juga ditafsirkan sebagai perasaan tidak enak oleh otak.

baca juga: gejala awal kanker lambung stadium awal

3. Mual ringan

Walaupun penyakit kanker lambung merupakan hal yang serius, kadangkala gejala yang dialami oleh penderita kanker lambung seperti penyakit lambung lain yang lebih ringan yaitu sakit maag, gastritis atau GERD. Bila anda sering mengalaminya walaupun sudah menjaga makanan anda disertai juga dengan gejala kanker lambung yang lain sebaiknya anda memeriksakan kesehatan anda untuk mengetahui apakah anda mengalami kanker lambung atau tidak.

baca juga: gejala kanker lambung

4. Kehilangan selera makan

Gangguan pada saluran cerna walaupun hanya iritasi dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti mual, muntah dan nafsu makan menurun bahakan selera makan tidak ada. Pada saat anda mengalami hal ini, tentu sangat tidak mengenakan. Tubuh anda memerlukan makan dan anda merasa tidak selera bahkan bisa mual muntah saat makan. Namun, anda harus memaksakan diri anda sendiri untuk tetap makan, karena nutrisi makanan sangat diperlukan tubuh untuk menjaga kekebalan tubuh. Jika anda tidak makan anda, kondisi tubuh anda dapat drop dan akan tetap sakit walaupun sudah diobati. Pada kanker lambung, nafsu makan mungkin akan sangat susah dibangkitkan, namun anda harus tetap makan walaluun sedikit.

baca juga: 12 penyebab kanker lambung dan gejalanya

Sponsors Link

5. Nyeri ulu hati

Lokasi lambung berada pada perut atas sebelah kiri yang biasanya disebut sebagai ulu hati. Tentu jika terjadi kelainan atau penyakit pda lambung dapat menimbulkan gejala nyeri di lokasi lambung berada yaitu di ulu hati. Namun, nyeri ulu hati tidak serta merta menunjukkan bahwa seseorang mengalami penyakit kanker, bisa jadi penderita hanya menderita gastritis akut. Namun, jika sudah sering mengalami sakit maag yang tidak kunjung sembuh misalnya lebih dari 6 bulan tidak kunjung sembuh penderita mungkin mengalami gastritis kronik. Gastritis kronik disebabkan oleh infeksi bakteri helicobacter pylori, infeksi bakteri ini dapat menjadi faktor predisposisi kanker lambung. Dengan pengobatan yang tepat maag kronis ini dapat diatasi. Namun, untuk mendiagnosisnya secara pasti memerlukan pemeriksaan penunjang seperti endoskopi dan urea breath test yang belum tentu dimiliki di senter- senter daerah. Di kota- kota besar mungkin pemeriksaan ini sudah ada, jika anda mengalami kondisi maag kronis anda dapat memeriksakan diri di senter- senter besar yang ada di Surabaya.

baca jug: 12 ciri- ciri kanker lambung

6. Muncul darah pada saat buang air besar

Massa tumor pada kanker lambung dapat menimbulkan pembentukan pembuluh darah baru yang disebut proses neovaskuler. Pembuluh darah baru ini tidak sama dengan pembuluh darah normal. Perbedaannya terletak dari jumlah dan ketebalan serta keelastisan dinding pembuluh darah. Pembuluh darah ini mudah pecah, darah yang keluar dari lambung dapat bercampur dengan asam lambung dan menjadi berwarna hitam. Hal ini yang menjadi kekhasan perdarahan yang terjadi dibagian atas saluran cerna, batas lokasi ini adalah ligamentum treitz yang berada di dekat usus dua belas jari. Lambung berada sebelum adanya ligamentum treitz. Sehingga jika terjadi perdarahan, darah yang muncul berwarna hitam. Darah tersebut jika keluar ke bawah dapat bercampur dengan tinja dan menyebabkan tinja berwarna seperti petis, yaitu kehitaman. Jika keluar ke atas, penderita akan mengeluhkan muntah darah hitam yang berwarna seperti kopi.

baca juga: cara mencegah kanker lambung

Sponsors Link

7. Muntah

Muntah dapat terjadi arena gangguan pada saluran cerna massa tumor kanker lambung dapat mengganggu struktur dan fungsi sistem pencernaan. Muntah yang dikeluarkan perlu dievaluasi berapa banyak, warna dan isinya. Muntah yang terlalu banyak dapat menyebabkan tubuh kekurangan cairan. Tubuh yang kekurangan cairan disebut dehidrasi jika tidak mendapatkan cairan yang cukup tubuh dapat mengalami kematian. Muntah yang mengeluarkan darah juga harus diwaspadai karena dapat menyebabkan pasien jatuh dalam syok perdarahan jika diteruskan dapat menyebabkan kematian.

baca juga: cara mencegah kanker tenggorokan

8. Penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas

Menurut definisi gejala alami kanker lambung yang dikeluarkan oleh the British Society of Gastroenterology penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas dalam sebulan terjadi sebanyak 3 kg. Seperti yang kita ketahui, penurunan berat badan ini bisa disebabkan karena aktivitas massa tumor yang menyerap nutrisi tubuh yang begitu banyak.

baca juga: gejala kanker ovarium stadium 4

9. Nyeri perut

Kanker lambung tidak saja menyebabkan nyeri di bagian ulu hati. Namun bisa juga diseluruh lokasi perut, terutama jika kanker tersebut sudah menyebabkan perforasi lambung, yang disebut perforasi organ berongga. Perforasi artinya lubang yang terjadi karena iritasi terus menerus dan oleh karena kanker lambung. Isi dari lambung termasuk asam lambung dapat mengiritasi peritoneum dan menyebabkan nyeri perut di seluruh bagian tubuh. Keadaan ini merupakan keadaan darurat dan memerlukan operasi segera atau operasi cito. Gejala ini merupakan tanda bahaya dari gangguan pencernaan yang mengarah ke kanker lambung.

baca juga: cara mencegah kanker laring secara alami

10. Jaundice

Jaundice adalah istilah untuk tubuh yang menjadi kuning akibat bilirubin yang beredar di seluruh tubuh. Jaundice juga dikenal dengan ikterus. Ikterus dapat terjadi jika terjadi gangguan pada organ hati, yang mana gangguan tersebut disebabkan penyebaran kanker lambung ke organ hati.

baca juga: ciri- ciri kanker hidung

11. Ascites

Ascites adalah akumulasi cairan pada rongga perut. Akumulasi cairan ini menjadi suatu tanda bahaya pada penyakit kanker lambung. Gejala dari asites adalah perut yang terlihat besar karena terisi cairan. Cairan ini dapat diperiksa di laboratorium untuk mengetahui apakah cairan ini berasal dari penyakit kanker atau bukan.

Baca juga: Pencegahan Kanker Lambung

12. Kesulitan menelan

Kesulitan menelan terjadi pada massa tumor kanker lambung yang sudah sangat besar sehingga makanan sudah tidak cukup lagi masuk ke organ lambung. Kesulitan menelan perlu pemeriksaan penunjang seperti barium meal atau esofagogram untuk menyingkirikan kemungkinan penyakit yang lain.

Baca juga: Gejala Kanker Lambung

Sponsors Link

13. Anemia defisiensi zat besi yang tidak dapat dijelaskan

Anemia defisiensi besi ditandai dengan keluhan 5L anemia, yaitu lemah, letih, lesu, lunglai dan lemas. Untuk memastikan penderita menderita anemia perlu pemeriksaan darah dan kadar zat besi dalam darah. Penyebab anemia ini bisa disebabkan infeksi cacing, darah menstruasi dan kekurangan makanan yang tinggi zat besi. Jika orang- orang ini tidak ada menderita hal- hal diatas dapat disimpulkan suatu kemungkinan kanker lambung. Gejala ini adalah tanda bahaya dari kanker lambung.

Baca juga: Gejala Awal Kanker Usus Besar

14. Perdarahan saluran cerna

Perdarahan saluran cerna dapat disebabkan masssa tumor itu sendiri atau dari lapisan mukosa lambung. Darah dapat bercampur dengan asam lambung dan berwarna menjadi merah kehitaman atau hitam seperti petis.

Baca juga: Gejala Tumor Usus

15. Tidak bisa menelan

Gejala ini lebih parah dibandingkan gejala susah menelan yang sudah disebutkan dalam artikel ini sebelumnya. Gejala ini menandakan bahwa massa tumor sudah mengisi seluruh rongga lambung sehingga makanan tidak bisa lewat sama sekali. Akibatnya penderita tidak bisa menelan makan sama sekali. Gejala ini merupakan tanda bahaya dari kanker lambung dan memerlukan penanganan lebih lanjut.T

Baca juga:

, ,
Post Date: Wednesday 30th, August 2017 / 08:54 Oleh :
Kategori : Kanker Lambung