7 Gejala Kanker Lambung Stadium Awal dan Pencegahannya

Lambung merupakan salah satu organ tubuh yang terletak di dalam perut. Organ ini termasuk salah satu bagian dari sistem pencernaan manusia. Oleh sebab itu, jika kondisi lambung tidak baik maka akan turut mengganggu sistem pencernaan manusia. (Baca juga : Makanan yang Dapat Menyebabkan Kanker).

Sponsors Link

Salah satu penyakit yang membahayakan bagi lambung adalah kanker lambung. Kanker lambung merupakan salah satu jenis penyakit yang disebabkan oleh sel kanker yang menggerogoti jaringan yang ada dalam lambung. Apabila tidak segera ditangani kanker ini akan menyerang organ tubuh lainnya. Kanker lambung dapat menyerang siapa pun dari segala usia. Akan tetapi kanker ini biasanya menyerang pada orang dewasa yang berusia di atas 50 tahun.

Sama seperti penyakit kanker lainnya, kanker lambung ini memiliki tingkatan atau stadium. Setiap tingkatan memiliki gejala yang berbeda-beda. Pada kanker lambung stadium awal, gejala yang dirasakan masih terlihat ringan. Tetapi jika tidak segera ditangani atau diobati dengan segera, kanker tersebut akan semakin parah dan stadiumnya akan semakin meningkat. (Baca juga: Penyebab Kanker Lambung).

Oleh sebab itu, kita patut mengetahui berbagai gejala dari kanker lambung sejak dini atau pada stadium awal, meskipun pada tingkatan ini gejala tersebut cukup sulit untuk dikenali. Hal ini sebagai upaya untuk mencegah kanker menjadi semakin parah dan menyerang organ tubuh lainnya. Gejala yang ditimbulkan dari adanya kanker lambung hampir sama dengan penyakit maag. Jika penyakit maag tersebut tidak segera ditangani dan dibiarkan begitu saja, maka akan menyebabkan kanker lambung. Karena memang pada dasarnya kanker lambung ini terjadi dari adanya penyakit maag yang sudah kronis. (Baca juga : Ciri Ciri Kanker Lambung )

Berikut ini merupakan beberapa gejala kanker lambung stadium awal yang perlu diamati.

  1. Perut sering kembung dan selalu bersendawa
    Ketika perut sering terasa kembung, maka bisa dipastikan hal tersebut bukan hanya karena penyakit maag. Tetapi hal ini merupakan salah satu gejala dari adanya penyakit kanker lambung. Begitu pula dengan bersendawa, jika sering bersendawa maka bisa jadi itu adalah dampak dari kanker lambung. Sendawa merupakan suatu kondisi pengeluaran gas yang ada dalam tubuh melalui mulut.
  2. Sering merasa mulas dan sakit perut
    Gejala ini merupakan yang paling umum dirasakan oleh orang yang memiliki permasalahan dengan lambungnya. Rasa sakit yang dirasakan oleh penderita kanker lambung dengan orang yang hanya menderita sakit maag tentu akan berbeda. Untuk penyakit maag, rasa sakit yang dirasakan hanya sementara dan dapat segera disembuhkan. Lain halnya dengan orang yang mengalami kanker lambung, sakit yang dirasakan akan berlangsung lama dan cenderung sulit dihilangkan.
  3. ads
    Nyeri pada tulang dada
    Orang yang terdiagnosa mengidap penyakit kanker lambung akan merasakan sakit yang tidak hanya di perut, tetapi akan menjalar sampai ke tulang dada. Hal ini disebabkan karena kanker sudah mulai menyerang organ tubuh lain yang ada disekitarnya.
  4. Cepat merasa kenyang
    Pada saat seseorang mengidap penyakit kanker lambung, orang tersebut akan mudah merasa kenyang ketika makan. Hal ini disebabkan karena lambung sudah sulit menerima makanan yang masuk. Dengan demikian sistem pencernaan menjadi terganggu. Segera lakukan pemeriksaan untuk mencegah kondisi terburuk yang mungkin terjadi.
  5. Sering mual dan muntah
    Gejala ini juga termasuk gejala yang paling umum ketika seseorang mengalami gangguan pada lambungnya. Bagi orang yang hanya mengidap penyakit maag, rasa mual ataupun muntah tersebut dapat segera hilang. Tetapi lain halnya dengan penderita kanker lambung, jika tidak segera ditangani maka muntah yang dikeluarkan akan berdarah. Kondisi ini sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup penderita kanker lambung. Karena jika muntahnya sudah berdarah, maka kanker tersebut memang sudah semakin parah.
  6. Sering merasa kesulitan dalam menelan makanan
    Kanker lambung sudah sangat jelas dapat mengganggu sistem pencernaan. Hal ini menyebabkan orang tersebut merasa kesulitan ketika menelan makanannya. Gejala ini juga erat kaitannya ketika penderita kanker lambung cepat merasa kenyang ketika makan.
  7. Sering mengalami gangguan pada pencernaan
    Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kanker lambung dapat menyebabkan gangguan pada pencernaan. Gejala ini tidak selalu mengindikasikan bahwa seseorang mengidap kanker lambung. Tetapi jika gejalanya terus menerus terjadi dan sangat sering dirasakan, maka bisa dipastikan bahwa orang tersebut memang mengidap penyakit kanker lambung.

Gejala-gejala tersebut di atas memang sulit dikenali dan sulit pula dibedakan dengan penyakit maag pada umumnya. Karena pada saat kanker lambung berada di stadium awal, gejalanya sering dirasakan tanpa mencurigai bahwa gejala-gejala tersebut merupakan tanda dari adanya penyakit kanker lambung dalam tubuh. (Baca juga: Gejala Kanker Lambung – Cara Mencegah Kanker Lambung )

Pencegahan Kanker Lambung Setiap Hari

Untuk menghindari berbagai kemungkinan terburuk yang bisa saja dialami oleh siapapun, ada baiknya jika kita lebih memperhatikan kondisi lambung kita. Kesehatan lambung harus tetap dijaga, karena jika hal-hal ringan yang dirasakan dibiarkan begitu saja akan berakibat fatal bagi kondisi tubuh kita. Berikut ini adalah berbagai upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga lambung kita tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit lambung, terutama penyakit kanker lambung.

Sponsors Link

  • Olahraga secara teratur. Olahraga adalah suatu upaya yang memang sangat dianjurkan untuk menjaga tubuh tetap sehat. Olahraga yang dilakukan haruslah teratur sehingga kondisi kesehatan tubuh selalu konsisten. Olahraga ini akan membunuh lemak – lemak jahat yang ada dalam tubuh. Karena lemak jahat tersebut akan mengganggu kesehatan tubuh, terutama lambung. Salah satu jenis olahraga yang disarankan untuk menghilangkan lemak tersebut adalah aerobik. Dengan melakukan senam aerobik, kalori atau lemak akan terbakar secara cepat.
  • Hindari segala makanan yang mengandung lemak. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, lemak dapat mengganggu kondisi kesehatan organ – organ pada sistem pencernaan, terutama sistem kerja lambung. Oleh sebab itu, selain melakukan olahraga secara teratur, hindari pula segala jenis makanan yang mengandung banyak lemak.
  • Selalu mengkonsumsi makanan yang sehat. Sudah sangat jelas untuk menjaga kesehatan tubuh maka sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang benar – benar sehat. Sehat disini berarti segala jenis makanan yang mengandung zat – zat yang baik untuk tubuh. Sehingga meningkatkan daya tahan tubuh dari segala jenis penyakit, khususnya kanker lambung. (Baca juga : Makanan Sehari-hari Pencegah Kanker)
  • Makan secara teratur. Terlambat makan menjadi faktor utama penyebab kerusakan pada lambung. Adanya kesibukan menjadi alasan seseorang terlambat untuk mengkonsumsi makanan. Atur jadwal makan sebaik mungkin untuk menghidari kerusakan yang semakin parah pada lambung dan tidak menyebabkan penyakit yang berbahaya seperti kanker lambung. (Baca juga: Manfaat Alpukat Untuk Kanker – Manfaat Madu Untuk Kanker)

Itulah pemaparan mengenai gejala kanker lambung stadium awal berikut dengan cara menjaga kesehatan lambung. Untuk menghindari adanya penyakit yang timbul dalam tubuh kita, ada baiknya jika kita selalu konsisten menjaga kesehatan tubuh.

, , , , ,
Post Date: Thursday 13th, October 2016 / 04:59 Oleh :
Kategori : Kanker Lambung