12 Ciri Kanker Usus dan Lambung yang Perlu Diwaspadai

Organ pencernaan memiliki fungsi yang sangat penting dalam proses metabolisme dan penyerapan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi setiap hari, karena itu jika mengalami gangguan seluruh proses tersebut juga akan terganggu. Dari beragam penyakit yang menyerang organ pencernaan, salah satu penyakit yang dianggap sangat berbahaya adalah kanker usus dan kanker lambung. Meski keduanya merupakan organ yang berbeda, lambung dan usus saling terkait sehingga gejala penyakit tersebut juga hampir sama.

Sponsors Link

Ciri-ciri kanker lambung dan tanda-tanda kanker usus memang umumnya tidak begitu terasa di tahap awal. Apalagi ciri-ciri kanker lambung stadium awal kerap dianggap sebagai gejala magh biasa. Penyebab kanker lambung dan usus sendiri yang paling utama adalah makanan dan pola hidup tidak sehat. Kita sebaiknya mengenal ciri kanker usus dan lambung berikut ini sejak dini agar dapat mengantisipasinya dan mencegahnya bertambah parah.

1. Sering Mual

Adanya kanker baik pada usus maupun lambung sering kali ditandai dengan rasa mual yang kerap muncul. Rasa mual ini dapat terjadi tanpa sebab dan muncul kapan saja. Bahkan rasa mual bisa munvul setiap hari seperti halnya wanita yang sedang hamil muda.

2. Mengalami Muntah

Selain mual, penderita kanker lambung dan usus juga sering mengalami muntah. Muntah ini keseringan terjadi setelah sebelumnya mengalami mual, dan cairan yang keluar sangat berlebihan disrtai lendir. Muntah yang terlalu sering terjadi ini sebaiknya diwaspadai dan tidak diabaikan begitu saja sebelum penyakit bertambah parah.

3. Sering Bersendawa

Ciri lainnya dari penderita kanker usus dan lambung adalah sering bersendawa. Sendawa memang suatu hal yang wajar terjadi karena di dalam lambung gas bisa menjadi berlebih dan akhirnya mendesak untuk dikeluarkan. Namun jika terjadi berlebihan hingga membuat orang yang mengalaminya kelelahan, maka perlu segera diperiksakan ke rumah sakit.

4. Mengalami Kembung

Kembung dan masuk angin pun menjadi penyakit yang sering dialami oleh sebagian orang, dan termasuk penyakit ringan yang mudah disembuhkan. Namun bila kembung sering terjadi hingga perut terasa begah maka bisa jadi itu menandakan adanya kanker baik pda usus maupun lambung.

5. Nyeri pada Perut

Saat kanker mulai berkembang, maka perut akan sering terasa sakit, yang semakin lama semakin parah. Rasa sakit ini sering muncul tanpa alasan yang jelas hingga dapat mengganggu aktivitas penderitanya. Terkadang rasa sakit tersebut juga disertai ciri lainnya yang membuat kondisi bertambah parah.

6. Kram Perut

Bila biasanya kita mengalami kram perut saat melakukan aktivitas berat atau berolahraga, maka saat mengalami kanker usus atau lambung kram perut bisa terjadi kapan saja. Kondisi kram perut ini terjadi tanpa sebab yang jelas sehingga menambah parah gangguan kesehatan yang terjadi pada penderitanya.

7. Mudah Merasa Lelah

Adanya sel kanker yang menyerang organ pencernaan membuat tubuh penderitanya mengalami kelelahan yang sangat drastis. Bahkan tanpa melakukan aktivitas yang berat pun orang tersebut akan mudah merasa lelah. Banyak faktor yang menyebabkan kelelahan tersebut seperti anemia, kekurangan nutrisi dan yang lainnya, dimana semua itu terjadi akibat kanker usus dan lambung yang diderita.

8. Menurunnya Nafsu Makan

Penyakit kanker usus dan lambung pun kerap menyebabkan menurunnya nafsu makan, karena aktivitas sel kanker membuat rasa sakit yang cukup hebat sehingga selera makan otomatis akan berkurang. Kehilangan nafsu makan membuat penderita kanker semakin lemah.

Sponsors Link

9. Berat Badan Turun

Jika nafsu makan menurun, maka hal ini akan berdampak pada penurunan berat badan. Penderita kanker usus dan lambung akan terlihat sangat kurus dalam waktu yang singkat. Ditambah sel kanker yang terus berkembang dan menyebar maka tubuh akan terlihat sangat lemah hingga penderitanya tidak mampu melakukan kegiatan sehari-hari dengan normal.

10. Mengalami Gangguan Pencernaan

Adanya kanker pada usus dan lambung tentu saja dapat menyebabkan berbagai gangguan pencernaan dan penyerapan nutrisi. Penderita kanker tersebut akan sering mengalami diare yang parah hingga dapat menyebabkan dehidrasi.

11. Pendarahan pada Anus

Akibat dari organ pencernaan yang sudah tidak dapat berfungsi normal lagi, maka pendarahan yang keluar dari anus akan sering terjadi. Pendarahan ini dapat muncul meski penderitanya sedang tidak buang air besar.

12. Feses Bercampur Darah

Terkadang feses yang dikeluarkan pun ikut tercampur dengan darah, dimana darah tersebut berasal dari usus dan lambung yang mengalami peradangan akibat sel kanker. Jika hal ini terus terjadi, jangan abaikan dan segera pergi ke dokter sebelum penyakit bertambah parah.

Itulah ciri kanker usus dan lambung yang penting untuk diketahui. Sebaiknya ketahui pula stadium kanker lambung dan usus agar bahaya kanker lambung dan usus dapat dicegah menjadi lebih parah. Dengan mengetahui ciri tersebut kita bisa lebih cepat mendiagnosis kanker dan segera mendapat pengobatan agar lebih mudah untuk disembuhkan.

, , , ,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.