12 Penyebab Kanker Lambung dan Gejalanya

Kanker lambung merupakan salah satu penyakit kanker yang sangat mematikan. Kanker ini menyerang lambung manusia yang pada akhirnya lambung tersebut tidak dapat berfungsi secara sempurna. Kanker lambung ini dapat menyebabkan kematian. Beberapa orang menyebut kanker lambung dengan sebutan kanker perut karena terkadang kanker ini juga menyarang beberapa organ yang berada di dalam perut.

Sponsors Link

Siapa yang terkena kanker lambung

Kanker lambung dapat penyerang siapa saja, baik laki – laki, wanita, anak – anak, remaja, sampai orang tua. Kanker lambung lebih sering terjadi pada laki – laki yang berusia diatas 40 tahun. Kanker ini biasanya lebih banyak menyerang orang yang sudah lanjut usia, tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa anak – anak dan usia remaja dapat terjangkit kanker ini.

Proses terjadinya kanker lambung

Awal mula terjadinya kanker lambung dapat tadi karena adanya tumor jinak yang berada dalam perut lalu berkembang menjadi kanker yang disebabkan oleh makanan yang tidak sehat atau bahan kimia tertentu yang masuk ke dalam perut kita. Inilah beberapa penyabab kanker lambung :

1. Kuman helicobacter pylori

Kuman helicobacter pylori merupakan kuman yang sangat mematikan yang dapat menyebabkan tukak pada lambung yang akhirnya dapat menyebabkan kanker lambung. Orang pertama yang menemukan kuman helicobacter pylori adalah Barry Marshall dan Robin Warre. Mereka berdua adalah seorang dokter yang telah merah penghargaan Nobel dari Australia. Selain menjadi penyebab kanker lambung, kuman helicobacter pylori juga dapat menyebabkan penyakit maag dan mual – mual di perut.

Sifat Kuman Helicobacter pylori

Kuman helicobacter dapat berkembang biak pada usia anak – anak, tetapi pada usia anak – anak ini gejalanya tidak terlalu terlihat. Perkembangan kuman helicobacter pylori akan semakin parah apabila lingkungan di sekitar kita kotor  dan kumuh. Semakin dewasa umur kita, maka kuman helicobacter pylori juga akan semakin berkembang semakin parah.

2. Makan makanan yang tidak sehat

Makanan yang tidak sehat memang selalu akan menimbulkan penyakit. Mulai dari penyakit ringan sampai penyakit dapat ditimbulkan dari makanan yang tidak sehat. Makanan – makanan yang mengandung zat – zat berbahaya dalam tubuh akan menyebabkan radang lambung atau bakteri yang berada dalam lambung akan berkembang semakin cepat dan dapat menyebabkan kanker lambung.

Sponsors Link

3. Makan makanan yang mengandung kadar garam yang tinggi

Makanan yang mempunyai rasa asin biasanya mengandung zat natrium. Zat natrium inilah yang dapat penyebabkan kanker lambung. Zat natrium akan membuat lambung iritasi. Iritasi yang sudah terlalu parah akan menjadi kronis iritasi tersebut akan berubah menjadi penyakit kanker lambung. Untuk penderita kanker lambung harus menghindari makan ikan asin.

4. Keturunan genetika

Seseorang yang memiliki riwayat keluarga yang pernah terkena kanker lambung akan lebih rentang terkena kanker lambung juga dibandingkan dengan orang lain yang tidak memiliki riwayat keluarga terkena kanker lambung.

5. Makan makanan yang diolah dengan dibakar dan digoreng

Jika kita sudah merasakan gejala – gejala penyakit kanker, maka tidak disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang diasap. Pengolahan makanan dengan cara diasap membuat bakteri, virus, dan kuman tidak 100% mati. Maka, apa bila kita memakan makanan yang masih terdapat virus, bakteri, dan kuman itu akan menyebabkan penyakit kanker di tubuh kita. Sebaiknya makanan yang diasap kita olah kembali sebelum kita santap agar kuman, virus, dan bakteri yang terdapat dimakanan tersebut benar – benar mati.

6. Mengkonsumsi alkohol dan rokok yang berlebihan

Zat – zat yang terdapat pada alkohol dan rokok sangat beresiko untuk menimbulkan penyakit kanker bagi tubuh kita. sebaiknya bila ingin terhindar dari penyakit kanker, maka jangan mengkonsumsi alkohol dan rokok.

Rokok dapat menjadi biang kerok :

7. Radang lambung yang sudah kronis

Penyakit radang lambung merupakan penyakit yang masih dapat diobati apabila belum terlalu kronis. Akan tetapi, apabila radang lambung didiamkan saja maka akan menjadi parah dan akibatkan radang lambung ini akan menjadi penyakit yang berbahaya. Radang lambung yang sudah semakin kronis dapat berubah dan mengakibatkan penyakit kanker lambung pada tubuh kita.

8. Pernicious Anemia

Pernicious anemia merupakan penyakit yang terjadi karena terjadi penurunan jumlah sel darah darah dalam tubuh. Biasanya penyakit ini menyerang sistem pencernaan. Pernicious anemia mengakibatkan tubuh sulit untuk menyerap vitamin B12. Vitamin B12 merupakan vitamin yang juga dibutuhkan oleh lambung kit. Apabila lambung tidak mendapat asupan vitamin B12 dengan baik, maka lambung akan menjadi sakit dan dapat menyebabkan kanker lambung.

Sponsors Link

9. Kurangnya asupan buah – buahan dan sayuran

Buah – buahan dan sayuran mengandung banyak vitamin, karbohidrat, dan juga mineral yang dibutuhkan oleh tubuh kita. apabila tubuh kita kekurangan asupan vitamin, karbonhidrat dan mineral akan mengakibatkan kerja lambung tidak maksimal. Hal inilah yang dapat memicu terjadinya kanker pada lambung.

10. Jenis Kelamin

Pria merupakan penderita utama jenis kanker lambung dibandingkan dengan wanita. Kasus kanker lambung banyak di temukan pada pria.

11. Golongan Darah

Jika anda memiliki golongan darah A, maka risiko terkena kanker lambung juga semakin tinggi.

12. Area Kerja

Bekerja pada industri kimia, pertambangan batu bara, pemurnian nikel, kayu, dan paparan asbes dapat menjadi penyebab kanker lambung yang sangat mematikan.

Setelah mengetahui penyebab kanker lambung, maka kita harus lebih waspada agar kita tidak terkena kanker lambung. Kanker lambung memang merupakan penyakit yang cukup berbahaya mengingat pentingnya organ lambung bagi tubuh kita. Maka dari itu kita harus menjaga kesehatan lambung dan organ penting lainnya dalam tubuh kita. Selanjutnya ada baiknya anda mengetaui gejala dan ciri ciri kanker lambung yang harus diperhatikan.

Gejala Kanker Lambung

  1. Rasa nyeri di lambung
  2. Berat badan menurun cepat
  3. Radang pada lambung
  4. Muntah darah
  5. Lebih cepat lelah
  6. Kehilangan nafsu makan

Mengetahui cara mencegah kanker lambung sangat penting untuk menghindarkan kita dari jenis kanker mematikan ini.

,
Post Date: Friday 13th, February 2015 / 16:04 Oleh :
Kategori : Kanker Lambung