4 Stadium Kanker Kulit yang Perlu Diketahui

Stadium kanker kulit kali ini merupakan informasi selanjutnya yang akan disampaikan untuk memenuhi kebutuhan informasi para pembaca setia. Kanker kulit melanoma diketahui adalah salah satu dari sekian banyak jenis kanker yang menyerang tubuh, yaitu pada bagian kulit. Keberadaan kanker kulit ini muncul karena perkembangan sel- sel kanker di bagian kulit yang merupakan permukaan dari tubuh manusia. Bila mana keadaan ini berlanjut, maka penderita akan melewati beberapa tahapan kanker yang dikenal sebagai stadium atau tingkatan kanker.

Sponsors Link

Penyakit kanker kulit akan melalui beberapa tingkat atau stadium penyebaran. Berbagai informasi mengenai stadium kanker ini pastinya sudah pernah terdengar oleh anda dialami oleh penderita kanker. Apapun jenis kankernya pasti melalui beberapa stadium. Beberapa stadium dalam mendiagnosa penyakit kanker kulit ini digunakan untuk menentukan bahaya kanker kulit yang menyebar di tubuh anda. Lalu menurut anda apakah fungsi dari keberadan tingkat atau stadium kanker? Untuk dapat mengetahui informasi mengenai stadium kanker kulit, maka baiknya kita mulai dari mempelajari pengertian dan gejala kanker kulit yang mungkin sedang menyerang.

Gejala Kanker Kulit dan Pengertiannya

Kanker kulit adalah jenis penyakit yang sangat ditakuti oleh seluruh manusia di dunia. Kanker dapat menyerang seluruh bagian tubuh manusia. Atau dapat juga disimpulkan kanker pun dapat menyerang bagian kulit. Kanker kulit terjadi karena adanya pertumbuhan sel kanker di beberapa bagian kulit anda. Termasuk juga gejala kanker kulit kepala. Keadaan ini jika tidak segera mendapatkan pertolongan dari medis, maka sel kanker tersebut dapat menyebar dan menyerang bagian organ tubuh lainnya. Berikut gejala kanker kulit sesuai jenis kanker kulit yang penting untuk anda ketahui.

  1. Squamous Cell Carcinoma

Gejala kanker kulit yang pertama ini pada umumnya disebabkan oleh keratosis, leukoplakia, dan banyak penyakit lainnya lainnya. Luka atau ulcer yang muncul dapat juga menjadi penyebab awal pertumbuhan kanker terjadi dengan cepat. Squamous cell carcinoma pada umumnya bercampur dengan infeksi purulen, bau busuk, dan rasa sakit. Selanjutnya, akan banyak juga ditemukan metastase kelenjar getah bening lokal.

  1. Bassal Cell Carcinoma

Jika terjadi kanker kulit jenis ini, biasanya tidak muncul gejala apapun yang menarik perhatian. Awal pertumbuhan jenis sel kanker ini akan muncul papula substract patch dengan bentuk yang keras. Ada juga yang berbentuk menonjol verrucos, dan kemudian pada ulserasi berubah menjadi lesi ulkus, dengan bentuk acak dan menonjol seperti mulut gunung merapi. Selanjutnya, pada bagian bawah akan muncul permukaan yang tidak merata dan pertumbuhannya sangat lambat.

Beberapa Stadium Kanker Kulit untuk Diketahui

Berdasarkan bacaan pada bagian atas, anda pastinya sudah mengetahui bahwa kanker memiliki beberapa tahap atau stadium untuk menggolongkan tingkat keparahannya. Golongan golongan atau stadium kanker ini dibutuhkan untuk berbagai fungsi. Apa sajakah fungsi dari diagnosa stadium pada penyakit kanker? Simak penjelasannya pada bagian berikut ini.

Sponsors Link

Berikut ini 4 macam stadium kanker kulit:

  1. Stadium Kanker Kulit – Tahap 1

Stadium kanker kulit tahap 1 merupakan tahap yang paling pemula dalam penyakit kanker kulit. Tahap 1 dalam kanker kulit ini akan bertingkah seperti tidak ada tanda tanda mencolok, namun penyebarannya akan meluas hingga ke berbagai bagian kulit lain di seluruh tubuh. Gejala gejala awal kanker kulit stadium 1, kemudian akan dibagi menjadi 2 bagian yaitu tahap 1A dan tahap 1B.

Gejala pada tahap 1 A meliputi, ketebalan  kulit sebesar 1 (mm), tumor yang ditutupi lapisan kulit belum pecah, ini berarti tidak ada luka yang terbuka pada kulit, tingkat mitosis – menggambarkan jumlah sel yang sedang dalam proses terbagi ke dalam sejumlah jaringan kanker kulit kurang dari 1 (mm). Selain itu, pada tahap 1B terjadi beberapa gejala seperti ketebalan kanker kulit kurang dari 1 (mm), tingkat mitosis minimal 1 mm biasanya sudah berada pada angka antara 1 dan 2 mm belum mengalami luka atau pecah.

  1. Stadium Kanker Kulit – Tahap 2

Stadium kanker kulit tahap 2 hanya muncul gejala yang berada di bagian kulit dan tidak ada tanda tanda bahwa kanker sel sudah menyebar ke kelenjar getah bening atau bagian tubuhnya lainnya. Tahap 2 pada kanker kulit ini kemudian dibagi ke dalam 3 bagian, yang mencakup tahap 2A, 2B, dan 2C.

Berikut ini gejala yang muncul saat tahap 2A seperti kanker pada kulit telah memiliki ketebalan 1 sampai 2 mm sudah pecah sehingga menimbulkan luka, tingkat mitosis antara 2-4 mm namun belum sampai pecah ataupun luka. Selanjutnya, gejala pada tahap 2B meliputi kanker kulit telah mencapai ketebalan 2-4 mm dan sudah pecah juga menimbulkan luka, tingkat mitosis pun sudah mencapai ketebalan dari 4 mm namun belum mengalami ulserasi atau pecah. Terakhir, pada tahap 2C muncul gejala seperti kanker kulit telah memiliki ketebalan yang mencapai 4 mm dan sudah mengalami luka.

ads
  1. Stadium Kanker Kulit Tahap 3

Stadium kanker kulit tahap 3 ditunjukkan dengan gejala yaitu sel kanker telah menyebar ke seluruh permukaan kulit. Bagian tubuh lain seperti pembuluh getah bening  atau kelenjar getah bening sudah terancam oleh serangan kanker kulit. Perkembangan tahap ini bergantung pada sejumlah faktor termasuk proses ulserasi. Ulserasi merupakan proses kulit yang tertutup dengan adanya bagian kulit yang pecah. Tahap 3 ini selanjutnya dibagi menjadi 3A, 3B dan 3C. Pada tahap 3A, muncul gejala kanker kulit yaitu penyebaran sel kanker sudah dekat dengan kelenjar getah bening. Hanya saja kelenjar getah bening belum membesar dan hanya bisa terlihat di bawah mikroskop, kanker kulit anda tidak mengalami ulserasi dan belum menyebar ke bagian tubuh lain.

Gejala pada tahapan selanjutnya yaitu tahap 3B adalah kanker kulit sudah tampak terlihat sebagai luka yang terbuka dan telah menyebar ke antara satu sampai tiga kelenjar getah bening didekat sel kanker. Akan tetapi, kelenjar getah bening tidak membesar dan sel kankernya hanya dapet terlihat di bawah mikroskop. Ciri ciri kanker kulit yang tadi tidak terluka sangat terbuka dan telah menyebar ke antara 1 sampai 3 kelenjar getah bening didekatnya. Karena itu, kelenjar  getah bisa saja ikut membesar atau bengkak. Selanjutnya, kanker kulit tidak mengalami ulserasi. Sel kankernya telah menyebar ke bagian kulit atau saluran limfatik (getah bening), namun kelenjar getah bening didekatnya tidak mengandung sel kanker. Gejala pada tahap terakhir 3C adalah kelenjar getah bening mengandung sel kanker kulit dan ada sel kanker kulit atau saluran getah bening yang dekat dengan kanker utama, kanker kulit mengalami ulserasi dan telah menyebar kebagian  satu sampai tiga kelenjar getah bening didekatnya dan telah membengkak, kanker kulit mungkin mengalami ulserasi dan telah menyebar ke empat atau lebih kelenjar getah bening disekitar tubuh.

  1. Stadium Kanker Kulit – Tahap 4

Stadium kanker kulit tahap 4 merupakan stadium yang sudah masuk kedalam tahapan stadium kanker kulit yang paling tinggi dan berbahaya. Sel kanker kulit telah menyebar ke seluruh organ tubuh yang lain. Beberapa bagian organ yang biasanya menjadi penyebaran sel kanker kulit adalah organ hati, perut, otak, paru, dan tulang.

Itulah tadi informasi mengenai 4 stadium kanker kulit yang wajib anda ketahui. Informasi mengenai berbagai stadium kanker kulit ini dapat membantu anda menentukan pengobatan kanker kulit yang tepat. Sehingga penanggulangannya pun sesuai dengan keadaan yang sedang anda dialami. Kanker kulit pun kemudian dapat menjadi lebih mudah ditanggulangi. Oleh karena itu selamat mendapatkan informasi mengenai stadium kanker kulit.

, , ,
Post Date: Thursday 12th, October 2017 / 14:30 Oleh :
Kategori : Kanker Kulit