5 Penyebab Kanker Kulit Kepala yang Paling Sering Terjadi

Jenis kanker yang termasuk ke dalam kanker kulit tidak hanya terdapat pada tubuh, wajah maupun lengan saja. Namun jenis kanker kulit seperti kanker kulit kepala juga bisa terjadi, meskipun kasusnya tidak sebanyak kanker lainnya. Mungkin sebagian orang tidak percaya kalau kanker ternyata juga bisa menyerang kulit kepala yang semestinya terlindungi oleh rambut. Namun karena kondisi lingkungan yang semakin tidak sehat ditambah pola hidup yang juga tidak sehat, maka penyakit tersebut bisa saja muncul. Stadium kanker kulit bisa ditentukan berdasarkan tingkat keparahan dan seberapa luas sel kanker telah menyebar.

Sponsors Link

Gejala kanker kulit kepala hampir sama dengan gejala kanker kulit pada tangan, yang seringkali ditandai dengan adanya benjolan, kulit kepala yang mengelupas dan terasa nyeri bila ditekan. Gejala juga bisa ditandai dengan ciri-ciri kanker kulit yang menyerupai jerawat,dimana pada kulit kepala muncul benjolan kecil seperti jerawat namun jumlah cukup banyak dan dapat menyebabkan sakit kepala yang hebat. Kanker kulit kepala sedikit berbeda dengan kanker kulit melanoma, namun keduanya sama-sama berbahaya jika tidak segera mendapat penanganan yang tepat oleh dokter.

Penyebab Kanker Kulit Kepala

Tentu saja kanker kulit kepala tidak begitu saja muncul. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi munculnya sel kanker pada kulit kepala, yang tanpa kita sadari hal tersebut sering kita lakukan dalam kegiatan sehari-hari. Karena itu kita perlu mengetahui penyebabnya secara pasti agar dapat menghindarinya sehingga dapat mencegah kanker kulit kepala muncul. Penyebab tersebut antara lain sebagai berikut.

1. Sinar Matahari

Sinar matahari atau sinar UV merupakan penyebab utama munculnya sel kanker kulit kepala. Radiasi dari sinar UV dapat membakar kulit kepala dan merusak jaringannya hingga ke lapisan terdalam. Jika waktu masih menunjukkan pukul 08.00 hingga 10.00 pagi, maka sinar UV sangat bagus bagi tubuh karena dapat mengaktifkan provitamin D yang tersimpan di bawah kulit menjadi vitamin D sehingga dapat membantu menguatkan tulang. Namun jika sudah di atas pukul 10.00 pagi, maka jangan pernah keluar rumah tanpa pelindung apapun.

Sebaiknya jika memiliki aktivitas di luar rumah apalagi dilakukan setiap hari, gunakan tabir surya yang dapat melindungi kulit dari paparan radiasi sinar matahari. Selain itu, gunakan topi, pakaian panjang maupun payung agar tubuh tidak terkena langsung dengan paparan sinar UV yang menyengat kulit. Meski kanker ini tidak begitu ganas, Anda tidak boleh meremehkannya dan harus selalu memberi perlindungi pada kulit kepala semaksimal mungkin.

2. Senyawa Karsinogen

Berbagai zat karsinogen baik dari polusi maupun makanan yang dimakan dapat meningkatkan resiko terkena kanker kulit kepala. Alasannya, sekarang ini banyak sekali pabrik berdiri dan kendaraan bermotor pun kian bertambah sehingga kulit kepala sering terpapar polusi terutama saat keluar rumah. Ditambah lagi berbagai jenis makanan yang dijual banyak mengandung bahan kimia seperti pengawet, pewarna dan penyedap rasa yang dapat menyebabkan sel kulit kepala menjadi abnormal, sehingga terbentuk sel kanker. Sebaiknya mulailah untuk menjalani pola hidup sehat dan perhatikan jenis makanan yang dikonsumsi agar dapat terhindar dari penyakit tersebut.

3. Merokok

Merokok tidak hanya dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan di dalam tubuh, namun juga bisa menyebabkan munculnya sel kanker pada kulit kepala. Meski tidak terpapar langsung, asap rokok yang mengandung senyawa kimia berbahaya dapat merusak sel dan jaringan tubuh, menghambat regenerasi sel dan menyebabkan mutasi gen. Jadi tidak heran bila perokok sering mengalami berbagai penyakit, salah satunya adalah kanker kulit kepala.

4. Tidak Memperhatikan Kebersihan

Meski kulit kepala tertutup, bukan berarti kulit kepala bersih terus dan tidak perlu dibersihkan. Penumpukan sel kulit mati akan menghambat regenerasi sel kulit kepala dan menyebabkan kulit kepala menjadi rusak sehingga jika ini berlangsung lama dapat menyebabkan terbentuknya sel kanker. Jadi sebaiknya cuci rambut dengan sampo yang sesuai dengan jenis rambut dan kondisi kulit kepala, setidaknya dua kali sehari. Dengan begitu kulit kepala akan menjadi bersih, segar dan terawat sehingga terhindar dari berbagai gangguan kesehatan seperti kanker.

5. Sinar Radioaktif

Baik senjata nuklir maupun pembangkit listrik yang menggunakan tenaga nuklir dapat memberikan resiko yang sangat besar terhadap kanker kulit kepala. Jika seseorang terpapar sinar radioaktif dari sumber nuklir maka ia dapat mengalami kanker kulit kepala yang cukup parah. Bukan hanya itu berbagai penyakit lainnya maupun jenis kanker lainnya sangat mungkin muncul pada orang tersebut, karena sinar radioaktif memang sangat berbahaya bila mengenai manusia maupun hewan.

Itulah penyebab kanker kulit kepala yang harus kita pahami, agar kita bisa berhati-hati lagi dalam beraktivitas. Bila kita bisa menghindari penyebabnya, maka penyakit tersebut dapat kita cegah sebisa mungkin. Kulit kepala yang sehat tentu menjadi dambaan semua orang karena kulit kepala yang sehat dapat mencerminkan rambut yang sehat.

 

, ,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.