5 Jenis Kanker Kulit Yang Patut Diwaspadai

Penyakit kanker apapun jenisnya sangat mengkhawatirkan, terlebih lagi jika kanker tersebut menyebar dengan cepat pada organ tubuh lain yang mengakibatkan rusaknya jaringan pada organ yang ada disekitarnya tersebut. Penyakit kanker kulit juga termasuk diantara jenis kanker yang berbahaya. Di kawasan Amerika, Australia dan beberapa kawasan Inggris kanker kulit memasuki fase yang  meningkat akhir-akhir ini. Menurut survei memang orang yang berkulit putih cenderung menjadi penderita kanker kulit dengan jumlah yang meningkat sepanjang tahunnya. Berbeda dengan di Indonesia yang masih dalam fase dibawah normal atau masih sedikit ditemukan. Akan tetapi, bukan berarti kita tidak perlu waspada terhadap penyakit mematikan ini. Kanker tetap harus diwaspadai apapun jenisnya sejak dini. (baca juga: Tanda Kanker Payudara Stadium Awal , Gejala Kanker Usus Kecil )

Sponsors Link

Kanker kulit adalah sebuah penyakit kanker yang murni menyerang jaringan kulit. Kanker menyerang bagian jaringan kulit secara tidak terkendali dengan melahirkan sel-sel kanker yang berbahaya serta merusak jaringan sekitarnya. Berdasarkan jenisnya kanker kulit dibedakan menjadi beberapa macam antara lain, Actinic Kerastosis, Karsinoma Sel Basal (KSB), Karsinoma Sel Skuamosa (KSS), Melanoma, dan Kaposi Sarcoma. Berikut ini penjelasan singkat mengenai kelima jenis kanker kulit tersebut.

Baca Juga:

1. Actinic Kerastosis

Actinic Kerastosis dinggap sebagai tanda awal terjadinya gangguan pada kulit yang akan berlanjut apabila tidak ditangani secara tepat. Terutama jika sel kanker pada actinic kerastosis tersebut semakin menyebar dan berkembang. Gejalanya mirip seperti luka bakar terutama di area yang sering terpapar sinar matahari. Bentuk actinic kerastosis secara umum dikenal sebagai bentuk awal berkembangnya sel kanker karsinoma yang biasanya terjadi pada pasien yang pernah mengalami kanker kulit lebih dari dua kali. Actinic kerastosis bahkan seringkali mengalami keslahan diagnosa karena gejala dan tipenya yang mirip skali dengan sel kanker skuamosa. Oleh karenanya, dibutuhkan proses diagnosa yang akurat dan membutuhkan waktu lebih lama oleh tim medis.

Artikel Terkait: Pengobatan Kanker Pankreas Stadium 4, Gejala Kanker Tenggorokan Akibat Merokok

2. Karsinoma Sel Basal

Karsinoma Sel Basal atau disingkat KSB adalah jenis kanker kulit yang kasusnya masih jarang ditemukan di wilayah Asia. Disebut sebagai sel kanker karsinoma basal karena letaknya yang berada di daerah sel basal. Sel-sel basal tersebut membentuk lapisan paling bawah dari permukaan (epidermis) dan lapisan basal. Sekitar 81% kasus kanker kulit pada sepuluh tahun silam didominasi oleh Karsinoma Sel Basal. Jenis kanker kulit ini lebih sering menyerang atau terlihat di bagian kulit sekitar leher dan kepala. Jenis kanker karsinoma basal termasuk kanker dengan pertumbuhan yang lambat serta tidak menyebar ke bagian tubuh lainnya. Banyak kasus karsinoma sel basal ditemukan adanya benjolan yang berwarna merah muda, sedangkan untuk karsinoma sel basal infiltrasi biasanya sering muncul di area pembuluh darah permukaan kulit. (baca juga: Tanda Tanda Kanker Tenggorokan, Gejala Kanker Rahim Stadium 1)

3. Karsinoma Sel Skuamosa

Nama medisnya adalah Squamous Cell Carcinoma atau karsinoma sel skuamosa adalah jenis kanker kulit yang menyerang  sel-sel bagian tengah lapisan epidermis. Sel kanker karsinoma skuamosa lebih mudah menyebar dibanding KSB. Gejalanya sering ditandai dengan permukaan kulit yang bersisik, kasar, seringkali muncul  di bagian tubuh yang terkena sinar matahari seperti leher, tangan, bibir, kepala.

Baca Juga:

4. Melanoma

Jenis kanker kulit yang paling berbahaya adalah melanoma. Menurut survei American Melanoma Foundation bahkan sekitar 75%  jenis kanker kulit yang banyak menelan korban hingga kematian adalah melanoma. Melanoma muncul pada kulit dengan bentuk mirip tahi lalat disertai pigmen bertahap, artinya warna atau pigmen pada deretan kanker tersebut berubah tingkat dari cerah menuju semakin gelap.(baca: Ciri ciri Kanker Serviks Stadium Awal )

Melanoma terdiri dari empat jenis yang seringkali ditemukan kasusnya. Berikut adalah tipe melanoma yang sering terjadi:

  • Nodular Melanoma, adalah jenis kanker kulit melanoma yang ditandai dengan warna biru tua, hitam, orredish-biru, atau terkadang tidak berwarna. Gejalanya hanya akan muncul rasa gatal di bagian kulit sekitar lesi, jika berlanjut pada kondisi kanker menyebar maka penderita akan merasakan panas pada area tersebut.
  • Lentigo Maligna, adalah jenis melanoma yang banyak diderita orang lanjut usia, namun tidak menutup kemungkinan untuk mereka yang berada di usia muda. kanker dapat membesar atau meluas ukurannya, datar dan berwarna kecoklatan. Gejala Lentigo Maligna disertai rasa perih dan panas pada bagian kulit sekitar kanker.
  • Acral Melanoma, jenis melanoma yang umum, biasanya muncul dibagian telapak tangan, di bawah jari serta kuku. Gejala kanker jenis ini adalah rasa tebal yang mengganggu dengan nyeri pada bagian yang ditempeli. Pada kondisi pada umumnya penderita hanya merasakan kaku kulit saja, tidak disertai demam.

Artikel Terkait: Manfaat Chia Seed Untuk Kanker, Cara Pengobatan Kanker Usus Besar

5. Kaposi Sarcoma

Jenis Sarkoma sebenarnya tidak termasuk dalam kanker kulit. Kaposi sarkoma termasuk penyakit kulit yang masuk dalam kanker lesi kecoklatan disertai sembur warna merah. Kaposi sarcoma seringkali ditemukan pada area kaki yang berpengaruh terhadap sel yang berada dekat dengan pembuluh darah sekitar kanker. Kasus Kaposi sarkoma biasa ditemukan pada pasien AIDS atau terinfeksi virus herpes. (baca: Penyebab Kanker Payudara pada Laki laki , Gejala Awal Kanker Lambung)

Pada dasarnya penyakit kanker kulit dan jenis kanker apapun dapat dicegah dengan menerapkan pola tertentu pada kehidupan sehari-hari. Berikut ini adalah beberapa kebiasaan yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit kanker kulit,

  • Hindari paparan sinar matahari langsung dalam waktu lama, kalaupun terpaksa gunakan krim seperti sunblock sesuai jenis kulit.
  • Berhenti merokok dan terpapar asap rokok
  • Olahraga dan istirahat teratur
  • Hindari radiasi sinar yang berlebihan seperti layar komputer, handphone, dan sejenisnya
  • Pastikan menggunakan kosmetik yang sesuai jenis kulit dan membersihkannya sebelum tidur, serta gunakan kosmetik dari bahan alami dan hindari bahan kimia obat.

Artikel Lainnya: Tanda Awal Kanker Otak, Tanda Kanker Rahim Stadium Awal

Demikian artikel informatif mengenai jenis kanker kulit, semoga bermanfaat untuk anda!

, , , , , ,
Post Date: Saturday 08th, April 2017 / 23:00 Oleh :
Kategori : Kanker Kulit