6 Gejala Kanker Kulit Pada Tangan Paling Berbahaya

Kanker kulit merupakan jenis kanker yang sebenarnya tidak mematikan, namun  bisa menjadi sangat berbahaya bila sudah menyebar dan menyerang organ vital lainnya di dalam tubuh. Jika masih berkembang pada kulit saja, kanker ini masih bisa disembuhkan. Salah satu bagian tubuh yang sering menjadi tempat munculnya kanker kulit adalah bagian tangan. Tangan biasanya lebih sering dalam kondisi terbuka sehingga kemungkinan besar terkena kanker akibat paparan radiasi matahari.

Sponsors Link

Penyebab kanker kulit biasanya karena tangan sering terkena sinar matahari langsung, terpapar polusi setiap hari dan kondisi fisik dari penderita itu sendiri. Gejala kanker kulit mungkin tidak kita sadari saat masih pada tahap awal, dan biasanya gejala awal kanker kulit dianggap normal seperti adanya tahi lalat. Gejala kanker kulit pada tangan pun terkadang tidak kita sadari kemunculannya, namun jika kita mau lebih teliti beberapa gejala berikut ini akan Anda jumpai.

Gejala Kanker Kulit pada Tangan

1. Tahi Lalat yang Tidak Wajar

Munculnya tahi lalat mungkin dianggap normal, dan memang biasanya tahi lalat tidak berbahaya. Namun perlu diwaspadai jika muncul tahi lalat yang cukup banyak pada area tangan dalam waktu yang singkat. Apalagi tahi lalat tersebut ada yang membesar hingga terasa sakit, maka patut dicurigai karena bisa jadi kondisi tersebut menjadi pertanda adanya kanker kulit pada tangan.

2. Bercak pada Kulit Tangan

Mungkin tanpa kita sadari pada kulit area tangan muncul bercak kecoklatan hingga kehitaman yang semakin lama semakin membesar. Jika itu terjadi sebaiknya Anda harus waspada dan sesegera mungkin memeriksakan diri ke dokter. Munculnya bercak pada kulit bisa menjadi gejala adanya kanker kulit. Jika dapat didiagnosis sedini mungkin penyakit ini masih mudah untuk disembuhkan.

3.Rasa Gatal Disertai Nyeri

Pada kulit tangan yang terserang kanker, biasanya akan muncul rasa gatal yang tidak tertahankan, namun rasa gatal tersebut juga disertai rasa nyeri. Jadi pada awalnya rasa gatal tersebut memancing kita untuk menggaruknya, setelah digaruk akan muncul luka pada kulit tangan yang semakin lama semakin besar. Bahkan luka tersebut mengeluarkan darah dan tidak kunjung sembuh meski telah diobati.

4. Kulit Bersisik

Salah satu gejala kanker kulit lainnya adalah kulit tangan yang menjadi lebih kasar dan bersisik. Hal ini dikarenakan kulit mengalami kerusakan dan sel-selnya tidak mampu menghasilkan sel baru. Jadi kulit yang mengalami kerusakan akibat aktivitas sel kanker akan menjadi kering, keras dan kasar. Kulit pun terlihat kusam dan berbeda permukaannya dibandingkan dengan kulit pada bagian tubuh lainnya yang masih dalam keadaan normal.

5. Warna Kulit yang berbeda

Salah satu gejala kanker kulit yaitu perubahan warna kulit menjadi merah kecoklatan, dan gejala ini lebih sering dialami oleh penderita kanker kulit melanoma. Kanker ini menyerang pigmen kulit sebagai akibat dari paparan radiasi secara langsung, sehingga warna kulit berubah dan jauh berbeda dengan warna kulit sekitarnya yang belum terkena kanker.

6. Muncul Benjolan

Hampir sama dengan gejala kanker lainnya, kanker kulit pada tangan juga terkadang membentuk benjolan sebagai akibat massa sel kanker membentuk massa yang memadat. Benjolan ini hampir mirip dengan tahi lalat namun tidak berwarna hitam. Sebaiknya jangan anggap remeh jika terdapat benjolan yang muncul tiba-tiba pada kulit tangan Anda, karena bisa jadi hal tersebut menandakan adanya aktivitas sel kanker.

Nah, itulah gejala kanker kulit pada tangan yang sangat penting untuk diketahui. Dengan memahaminya lebih dalam, kita bisa mencegah penyakit tersebut menyerang kita. Seandainya terkena penyakit tersebut pun kita bisa bertindak sigap karena telah mengetahui gejalanya sehingga bisa segera mendapat pengobatan.

, ,