15 Gejala Kanker Kulit Kepala (Nomor 4 Paling Sering Terjadi)

Kulit kepala yang sehat pasti menjadi jaminan kesehatan juga bagi beberapa bagian tubuh lainnya seperti rambut, tulang tengkorak, dan saraf-saraf otak. Menjaga kesehatan kulit kepala, dengan demikian menjadi sangat penting. Namun, berbeda kiranya bila kesehatan kulit kepala terganggu, mulai dari adanya ketombe, masalah kerontokan rambut, bahkan yang lebih berbahaya adalah penyakit kanker. Ya, kanker dapat tumbuh di kulit kepala yang tidak terjaga kesehatannya. Oleh karena itu, rutin menjaga kesehatan kulit kepala sangat penting untuk mencegah adanya kanker atau penyakit lain yang bisa saja muncul di bagian terpenting tubuh manusia ini. (baca juga: Tanda Kanker Payudara Stadium Awal, Gejala Kanker Otak Stadium 1)

Sponsors Link

Penyakit kanker yang menyerang organ tubuh manusia memang dinilai sebagai penyakit yang mematikan. Penyakit yang disebabkan oleh tumbuhnya sel kanker secara tidak terkendali ini sudah menelan banyak korban. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita yang masih dibekali kesehatan untuk menjaga karunia tersebut secara tepat guna menghindari penyakit mematikan seperti kanker yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat. Penyakit Kanker kulit kepala adalah jenis kanker yang menyerang sel kulit kepala karena beberapa faktor seperti seringnya mengonsumsi zat oksidan yang berasal dari polusi dan radiasi baik sinar UV maupun sinar radio aktif. Menggunakan pelindung kulit kepala sangat penting untuk mencegah kanker ini menyerang organ kepala. Berikut ini adalah beberapa gejala kanker kulit kepala yang bisa diwaspadai sebelum semakin parah.

Baca Juga:

1.Nyeri Kepala

Kulit kepala berada sangat dekat dengan batang otak serta tulang tengkorak, bahkan kulit kepala adalah permukaan yang melindungi bagian penting tersebut. Jika terdapat kanker atau sel kanker yang akan tumbuh di kulit kepala, penderita akan mengalami rasa nyeri luar biasa saat pagi dan malam hari. Rasa nyeri kepala ini sering disertai dengan demam pada malam hari yang tiba-tiba muncul dan hilang. Begitu kerasnya sakit kepala yang dirasakan bahkan bisa menyebabkan penderita yang tidak kuat menahannya jatuh pingsan. Kondisi ini dapat dicurigai sebagai gejala penyakit serius pada kepala termasuk kanker kulit kepala.

Artikel Terkait: Operasi Kanker Payudara, Perbedaan Kanker Tiroid dan Gondok

2. Muncul Benjolan

Pada kulit kepala dapat muncul benjolan yang tidak wajar. Tidak wajar disini adalah perubahan ukuran yang disertai rasa sakit yang sesaat ketika benjolan tersebut sedikit ditekan. Benjolan ini dapat muncul di permukaan kulit kepala yang terlebih dulu menimbulkan kerontokan pada rambut, atau bisa juga muncul di bagian dalam kulit kepala. Terkadang benjolan yang muncul bisa lebih dari satu disertai rasa sakit yang sama.

Baca Juga:

Sponsors Link

3. Kulit Mengelupas

Gejala kulit kepala yang mengelupas secara tidak wajar adalah indikasi penyakit kanker kulit kepala. Penyebab mengelupasnya kulit kepala ini adalah karena sel kulit mulai terkena dampak penyebaran kanker yang tumbuh tidak terkontrol. Sel kulit kepala yang sebenarnya berada dalam kondisi normal akhirnya mati karena terpengaruh efek dari sel kanker secara signifikan. Kulit mengelupas mungkin dianggap sebagai gejala regenerasi sel yang biasa jika terjadi secara normal, namun jika intensitasnya sudah terjadi beberapa kali dalam sehari maka bisa menjadi gejala awal munculnya kanker kulit kepala. Selain kulit kepala yang bisa mengelupas, kondisi yang lebih parah ditandai dengan munculnya darah di bagian kulit kepala tanpa sebab. Keluarnya darah tersebut bersamaan dengan luka kulit terkelupas atau di bagian yang terdapat benjolan.

Artikel Terkait: Manfaat Singkong Untuk Kanker, Ciri-ciri Kanker Payudara Stadium 1

4. Kerontokan dan Gatal

Rasa gatal di kulit kepala anda tidak melulu disebabkan adanya ketombe. Bisa jadi tanpa berketombe pun kulit kepala akan merasa gatal luar biasa. Perbedaan yang harus diamati adalah ketika rasa gatal tersbut disertai dengan panas di kulit kepala. kondisi ini biasanya disebabkan sel kanker yang tumbuh di permukaan kulit kepala semakin menyebar. Oleh sebab itu, sebaiknya jika merasakan gatal tanpa sebab yang jelas apalagi disertai adanya rasa panas menyengat meski itu di malam hari, anda harus waspada terhadap kemungkinan penyakit kanker kulit kepala. Kondisi yang semakin parah seringkali disertai kerontokkan rambut secara tidak wajar (normal adalah < 18 helai per hari), dan berlangsung dalam jangka waktu yang lama.

Baca Juga:

Sponsors Link

5. Kepala Berat

Tanda berikutnya yang mengindikasikan adanya kanker pada kulit kepala adalah seringnya kepala merasakan berat yang luar biasa. Rasa berat ini biasanya terjadi pada siang hari dengan disertai rasa haus. Kondisi ini telah menandakan bahwa kanker tumbuh semakin banyak di bagian dalam kulit kepala penderita. Selain itu, kepala terasa berat juga diiringi dengan ketidakseimbangan tubuh saat berjalan serta lebih sering merasa mengantuk. Jika sudah sampai pada tahap ini sebaiknya pemeriksaan lanjutan segera dilakukan untuk memastikan jenis kanker dan cara penanganannya.

Baca Juga:

Cara Mencegah Kanker Kulit Kepala :

  • Berhenti merokok dan mengonsumsi zat pengawet
  • olah raga dan istirahat teratur
  • rajin membersihkan kulit kepala dan rambut
  • melakukan relaksasi secara berkala dengan pemijatan atau meditasi
  • menggunakan pelindung kulit kepala saat berada di terik matahari
  • hindari radiasi sinar yang berbahaya

Memeriksakan kondisi secara rutin saat merasakan sakit di bagian organ yang tidak biasanya terjadi adalah salah satu cara efektif untuk mencegah penyakit mematikan menyerang tubuh anda. Diagnosa yang lambat dan penanganan yang salah akan mengakibatkan kanker lebih sulit disembuhkan. Apalagi jika sudah mencapai tahap stadium lanjutan. Dengan memerhatikan riwayat kesehatan tubuh serta perubahan yang terjadi pada tubuh, anda dapat dengan mudah mengantisipasi dan memikirkan langkah selanjutnya untuk jenis penyakit yang diderita. (baca juga: Manfaat Tomat untuk Kanker, Cara Pengobatan Kanker Usus Besar)

Demikian artikel mengenai gejala kanker kulit kepala. Semoga bermanfaat bagi anda!

, ,
Oleh :
Kategori : Kanker Kulit