5 Ciri-Ciri Melanoma Pada Kuku Yang Harus Diketahui

Melanoma pada kuku biasanya varian dari acral lentiginous melanoma (melanoma yang timbul pada telapak tangan dan telapak kaki). Jenis lain melanoma jarang timbul di bawah kuku adalah melanoma nodular dan melanoma desmoplastik  seperti perbedaan melanoma dan tahi lalat. Melanoma pada unit kuku biasanya memengaruhi kuku ibu jari atau kuku kaki yang besar tetapi jari atau kuku jari kaki mungkin terlibat. Istilah ini termasuk:

Sponsors Link
  • Melanoma subungual (melanoma yang berasal dari matriks kuku)
  • Melanoma pada kuku (melanoma berasal dari bawah lempeng kuku)
  • Melanoma periungual (melanoma yang berasal dari kulit di samping lempeng kuku)

Siapa saja yang berpotensi mendapat melanoma pada kuku?

Melanoma unit kuku jarang, terhitung hanya sekitar 1% melanoma pada individu berkulit putih. Itu muncul pada orang-orang dari semua ras, apa pun warna kulit mereka. Meskipun tidak lebih umum di kulit gelap daripada kulit yang sehat, ini adalah jenis melanoma yang paling umum didiagnosis pada individu berpigmen dalam.

Ini paling didiagnosis antara usia 40 dan 70. Itu tidak dianggap karena paparan sinar matahari. Trauma mungkin menjadi faktor, yang menyebabkan insiden yang lebih besar pada jempol dan jempol kaki seperti bahaya kanker kulit melanoma.

Seperti apakah ciri-ciri melanoma pada kuku?

Melanoma subungual sering dimulai sebagai pita pigmen terlihat pada panjang lempeng kuku ( melanonychia ). Selama beberapa minggu hingga berbulan-bulan, pita pigmen :

  1. Menjadi lebih lebar, terutama pada ujung proksimalnya (kutikula)
  2. Menjadi lebih tidak teratur dalam pigmentasi termasuk coklat muda, coklat gelap
  3. Memperluas untuk melibatkan lipatan kuku yang berdekatan ( tanda Hutchinson )
  4. Dapat mengembangkan nodul , ulserasi atau berdarah
  5. Dapat menyebabkan penipisan, retak atau distorsi lempeng kuku ( distrofi kuku ).

Namun, hingga setengah dari semua kasus melanoma subungual adalah amelanotik (tidak berpigmen). Pada kuku melanoma dapat membentuk nodul di bawah lempeng kuku, mengangkatnya ( onycholysis ). Kadang-kadang terlihat seperti kutil ( verrus ) seperti kanker kulit melanoma. Biasanya tidak nyeri, tetapi tumor yang menyerang tulang yang mendasari dapat menyebabkan rasa sakit yang parah.

Bagaimana diagnosa unit kuku melanoma dibuat?

Melanoma subungual dapat dicurigai secara klinis karena pita pigmen baru atau berubah yang lebar (> 3 mm) dalam satu kuku. Pemeriksaan dermatoskopi dapat mengungkapkan lebih banyak rincian yang menunjukkan garis berpigmen dengan berbagai warna, lebar dan jarak. Garis-garis ini cenderung kehilangan kecenderungan yang biasa mereka untuk berjalan sejajar satu sama lain sepanjang kuku. Melanoma Ungual membentuk benjolan non-berpigmen di bawah lempeng kuku, akhirnya mengakibatkan kehancurannya.

Diagnosis melanoma dikonfirmasi oleh biopsi matriks kuku dan kuku. Ini bisa menjadi diagnosis sulit yang membutuhkan pemeriksaan oleh ahli dermatopathologists . Ahli patologi harus melaporkan apakah melanoma bersifat in-situ atau invasif . Deskripsi melanoma invasif harus mencakup ketebalannya dalam milimeter dan tingkat jaringan apa yang telah diserang.

Jika diagnosis klinis adalah hematoma subungual (tanda ungu di bawah kuku karena perdarahan atau memar), kuku dapat diamati selama beberapa minggu. Paku yang muncul secara normal harus terlihat tumbuh di belakang tanda. Dermoskopi sangat membantu, karena hematoma tidak sesuai dengan pola melanoma subungual seperti pita. Namun, harus diingat bahwa melanoma dapat berdarah. Diagnosis lain yang sering dipertimbangkan termasuk onikomikosis ( infeksi jamur ), paronychia , granuloma piogenik dan karsinoma sel skuamosa .

Apa pengobatan melanoma unit kuku?

Melanoma harus diangkat dengan pembedahan. Ini membutuhkan pengangkatan seluruh peralatan kuku. Terkadang ujung jari atau jari kaki diamputasi. Beberapa pasien mungkin ditawarkan sentinel node biopsy untuk menentukan apakah melanoma telah menyebar ke kelenjar getah bening lokal.

Bagaimana prospek untuk pasien dengan melanoma yang mempengaruhi unit kuku?

Faktor utama yang terkait dengan risiko penyebaran melanoma ( metastasis ) dan kematian adalah ketebalan melanoma pada saat eksisi lengkap tumor primer seperti contoh tumor jinak yang umum trejadi. Keterlambatan diagnosis adalah umum dengan melanoma subungual, terutama ketika itu mempengaruhi jari kaki, dan beberapa dari tumor ini telah menyebar pada saat diagnosis. Tingkat kelangsungan hidup 5 tahun berkisar luas dari 16% hingga 87%, tergantung pada seri, dengan 2 seri yang lebih besar dalam kisaran 51% hingga 55% 2.

Sponsors Link

Gejala Melanoma pada kuku

Melanoma subungual sering dimulai sebagai garis coklat atau hitam di bawah kuku atau kuku. Seseorang mungkin mengira itu sebagai memar. Gejala utama yang terkait dengan melanoma subungual adalah sebagai berikut:

  • Kuku memar : Kuku memar, dan garis-garis gelap atau noda pada kuku tanpa penyebab yang diketahui, mungkin tanda-tanda melanoma subungual.
  • garis-garis coklat atau hitam di kuku tanpa cedera yang diketahui
  • garis-garis pada kuku yang semakin besar ukurannya
  • memar pada kuku yang tidak akan sembuh atau naik saat kuku tumbuh
  • kuku jari tangan atau kuku jari kaki yang terpisah dari dasar kuku
  • kulit gelap di sebelah kuku
  • kuku yang mengeluarkan atau mengembangkan nodul
  • penipisan, retak, atau distorsi lempeng kuku
  • Salah satu indikasi kunci dari melanoma subungual dikenal sebagai “tanda Hutchinson.” Ini adalah ketika seseorang memiliki garis yang memanjang dari ujung kuku ke bawah ke dasar kuku dan ke dalam kutikula.

Sebagian besar kasus melanoma subungual terjadi pada kuku jari kaki atau kuku besar. Namun, seseorang mungkin mengalami melanoma subungual pada kuku atau kuku jari kaki. Melanoma subungual kadang-kadang terjadi tanpa goresan berpigmen yang khas. Dalam hal ini, seseorang mungkin mengalami gejala lain yang berhubungan dengan infeksi subungual, termasuk perubahan pada kuku itu sendiri, perdarahan, dan nyeri di dasar kuku.

Faktor risiko

Memiliki faktor risiko tertentu tidak berarti seseorang akan mendapatkan melanoma subungual, tetapi itu berarti mereka lebih berisiko untuk kondisi tersebut dan harus sangat waspada untuk gejala awal. Faktor risiko paling signifikan untuk melanoma subungual adalah paparan sinar matahari dan ultraviolet yang berkepanjangan. Faktor risiko lain termasuk:

  • memiliki kulit yang lebih gelap
  • lebih tua dari 50
  • memiliki riwayat trauma pada jari tangan atau kaki
  • memiliki gangguan imunosupresif, seperti HIV

, ,
Oleh :
Kategori : Kanker Kulit
Info Dokter

Apa kanker paling bahaya ? Mengapa ? Yuks simak penjelasan dokter spesialis Kulit dan Kelamin dari RSPAD Gatot Soebroto, jangan lupa subscribe untuk penjelasan dokter lainnya.