9 Ciri-Ciri Kanker Kulit Pada Wajah Yang Umum Ditemukan

Melanoma adalah bentuk kanker kulit yang paling mematikan, dan itulah mengapa mengetahui bagaimana mengenali gejala melanoma dibor ke kepala kita setiap musim panas. Masalahnya, melanoma sebenarnya adalah jenis kanker kulit yang paling langka  dan itu adalah satu-satunya yang ditandai oleh tahi lalat baru atau yang berubah seperti ciri-ciri kanker kulit pada kuku.

Sponsors Link

Kanker kulit non-melanoma seperti sel basal atau sel skuamosa adalah apa yang kita sebut kanker yang diturunkan dari kulit, bukan berasal dari mol. Dan mempertimbangkan baik sel basal dan kanker kulit sel skuamosa lebih umum daripada melanoma, mungkin sudah saatnya Anda belajar tentang tanda dan gejala peringatan mereka belum lagi gejala melanoma yang tidak ada hubungannya dengan tahi lalat.

Penyebab  dan faktor risiko Kanker Kulit Pada Wajah

Orang-orang dengan risiko tertinggi untuk kanker kulit memiliki riwayat keluarga penyakit, terutama jika itu adalah melanoma. Tetapi Anda tidak bisa mengendalikannya karena itu ada dalam DNA Anda. Yang bisa kau kendalikan adalah matahari. Orang yang mendapatkan terlalu banyak sinar matahari atau sunburns memiliki risiko lebih tinggi untuk kanker kulit, karena semua panjang gelombang radiasi ultraviolet, termasuk UVA, UVB dan UVC, adalah karsinogen yang diketahui, laporan Organisasi Kesehatan Dunia seperti ciri-ciri kanker kulit kepala. Faktor risiko lain termasuk:

  • Kulit cerah.
  • Iklim cerah atau dataran tinggi.
  • Banyak atau tahi lalat yang abnormal.
  • Lesi kulit prakanker.
  • Paparan radiasi atau zat tertentu, seperti arsenik.
  • Sistem kekebalan yang lemah, seperti orang dengan HIV atau AIDS, atau orang yang memakai obat imunosupresan setelah transplantasi organ.

Gejala dan Tipe

  • Actinic keratosis  : Dianggap sebagai tahap awal kanker kulit, AK ditandai dengan bintik-bintik kering atau bersisik. Biasanya muncul di area yang sering terkena matahari, seperti leher, tangan, lengan bawah dan kepala. Kebanyakan orang yang mengembangkan AK berkulit putih. AK biasanya merupakan prekursor untuk karsinoma sel skuamosa, kata Day.
  • Karsinoma sel basal : Jenis kanker kulit yang paling umum, BCC sering muncul sebagai benjolan berwarna seperti mutiara, meskipun dapat juga termasuk bercak kulit merah muda. Ini juga berkembang di daerah kulit yang terkena sinar matahari, tetapi tidak tumbuh dengan cepat dan jarang menyebar.
  • Karsinoma sel skuamosa : Kanker ini biasanya muncul di daerah kulit yang terpapar sinar matahari dan sering menyerupai patch bersisik, benjolan atau ulkus kuat yang menyembuhkan dan kemudian dibuka kembali, menurut AAD. Ini adalah jenis yang paling umum kedua dan dapat tumbuh jauh ke dalam kulit jika tidak tertangkap dini, menyebabkan kerusakan.
  • Melanoma :Bentuk kanker yang paling umum pada orang dewasa usia 25 hingga 29 tahun, melanoma sering berkembang pada tahi lalat yang ada atau muncul tiba-tiba sebagai titik gelap baru. Faktor risiko termasuk memiliki beberapa tahi lalat besar atau banyak kecil; paparan sinar matahari alami atau buatan dalam jangka waktu lama, kulit yang cerah dengan mata yang terang dan rambut merah atau pirang; dan riwayat keluarga tahi lalat atau melanoma yang tidak biasa.
Sponsors Link

Ciri-Ciri Kanker Kulit Pada Wajah

Berikut beberapa ciri-ciri kanker kulit pada wajah, yaitu:

  1. Benjolan atau bercak kulit yang berubah warna :Tanda pertama dari jenis kanker ini adalah munculnya bercak benjolan atau perubahan warna kulit yang menetap setelah beberapa minggu, dan berlangsung selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun. Benjolan kanker ini sebagian besar berwarna merah dan keras, dan kadang-kadang berubah menjadi bisul.
  2. Perubahan di daerah yang terpapar matahari :Biasanya muncul di area kulit yang secara teratur terkena sinar matahari, seperti wajah, telinga, tangan, bahu, dada bagian atas dan punggung.
  3. Bintik Hitam dapat mengembang dan bisa mengeluarkan darah.
  4. Penampilan tembus cahaya atau lilin :Ini biasanya menunjukkan karsinoma sel basal yang dapat muncul sebagai benjolan kecil berwarna merah muda atau putih pear. Bisa juga terlihat seperti bercak merah dan bersisik. Namun, sering ada pigmen coklat atau hitam di benjolan. Benjolan akan semakin membesar dan bisa menjadi berkerak, berdarah atau berkembang menjadi ulkus yang tidak nyeri.
  5. Permukaan bersisik : Ini biasanya menandakan karsinoma sel skuamosa yang tampak sebagai benjolan merah muda dengan permukaan kasar atau berkerak, dan kadang-kadang dengan tanduk runcing. Benjolan-benjolan ini sering lunak untuk disentuh, mudah berdarah, dan bisa berkembang menjadi maag.
  6. Tahi lalat baru : Tanda yang paling umum dari tipe ini adalah munculnya tahi lalat baru atau perubahan pada yang sudah ada. Dapat terjadi di mana saja di tubuh, tetapi paling sering terjadi pada punggung pada pria dan kaki pada wanita. Ini jarang terjadi di area yang terlindung dari paparan sinar matahari, seperti gelandangan dan kulit kepala.
  7. Tahi lalat mencurigakan: Selalu dapatkan saran dari dokter Anda jika Anda tidak yakin.
  8. Benntuk tahi lalat yang tidak beraturan : Dalam kebanyakan kasus, mereka memiliki bentuk yang tidak teratur dan lebih dari satu warna. Tahi lalat juga bisa lebih besar dari normal dan kadang-kadang bisa gatal atau berdarah.
  9. Tahi lalat semakin besar : Tahi lalat yang tampaknya tumbuh ke luar daripada ke bawah adalah tanda penyebaran melanoma dangkal, dan biasanya tidak berbahaya.Tetapi jika mereka memperluas ke bawah ke lapisan kulit yang lebih dalam, mereka dapat menyebar ke bagian lain dari tubuh ini dapat menyebabkan masalah.

Demikianlah ciri-ciri kanker kulit pada wajah yang perlu diketahui dna memerlukan pemeriksaan lanjutan.

, ,
Oleh :
Kategori : Kanker Kulit

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Papsmear adalah salah satu tindakan medis yang ampuh mencegah kanker serviks. Yuk Ketahui Prosedur, cara, dan manfaatnya.