15 Ciri-Ciri Kanker Kulit Pada Kuku Yang Bisa Dikenali

Melanoma atau kanker kulit biasanya berkembang di area tubuh yang mendapatkan paparan sinar matahari yang paling banyak, seperti dada, wajah, punggung, kaki, telinga, dan lengan. Namun, tahukah Anda bahwa melanoma juga bisa terbentuk di bawah kuku ? Ini jarang, tetapi “melanoma subungual” atau melanoma kuku yang terjadi sekitar 2% dari semua kasus melanoma seperti ciri-ciri kanker kulit kepala.

Sponsors Link

Melanoma subungual biasanya muncul sebagai garis coklat atau hitam di bawah kuku. Biasanya, garis-garis ini secara bertahap meningkat dalam ukuran, dan biasanya lebih besar dari 3mm. Tidak seperti infeksi kuku atau trauma pada kuku, melanoma subungual biasanya memengaruhi satu kuku pada satu waktu seperti ciri-ciri kanker kulit di wajah.

Siapa yang  bisa terkena kanker kulit pada Kuku?

Kakker kulit pada kuku adalah kondisi yang cukup langka. Ini lebih sering diamati pada orang dewasa setengah baya dan lebih tua dalam kategori usia 40-70 tahun. Tidak ada predileksi jenis kelamin yang diamati dan baik pria maupun wanita terpengaruh. Melanoma umumnya diamati pada orang Kaukasia (individu berkulit terang). Namun, di antara berbagai jenis melanoma yang mempengaruhi individu berkulit gelap, jenis melanoma ini adalah tipe yang paling umum.

Apa Faktor Risiko untuk kanker kulit pada kuku? 

Faktor-faktor berikut meningkatkan risiko kanker kulit pada kuku:

  • Cedera pada jari-jari kaki atau jari
  • Nevus (istilah medis untuk mol) adalah tumor berpigmen non-kanker. Sementara sebagian besar nevi tidak pernah menjadi kanker (atau ganas), sejumlah kecil nevi atipikal / displastik (tahi lalat dengan bentuk / batas / warna abnormal) dapat berubah menjadi kanker. Ketika nevi displastik seperti berjalan dalam keluarga, kondisi ini disebut sindrom nevus displastik. Individu dengan kondisi ini memiliki 10% peningkatan risiko mengembangkan melanoma.
  • Riwayat melanoma sebelumnya atau riwayat melanoma pada orang tua / saudara kandung.
  • Sebuah kondisi yang diwariskan disebut xeroderma pigmentosum, di mana kemampuan sel untuk memperbaiki kerusakan akibat sinar matahari pada materi genetik terganggu.
  • Sistem kekebalan tubuh melemah, sebagai akibat dari infeksi (seperti HIV), obat-obatan (kemoterapi atau imunosupresan), dan karena adanya kanker (seperti limfoma)

Penelitian saat ini telah menunjukkan bahwa perkembangan Melanoma Unit Kuku tidak terkait dengan paparan sinar matahari (atau paparan sinar ultraviolet). Namun, faktor ini belum terbukti secara pasti. Secara umum, paparan sinar matahari merupakan faktor risiko penting untuk pembentukan melanoma.

Penting untuk dicatat bahwa memiliki faktor risiko tidak berarti bahwa seseorang akan mendapatkan kondisi. Faktor risiko meningkatkan peluang seseorang untuk mendapatkan kondisi dibandingkan dengan individu tanpa faktor risiko. Beberapa faktor risiko lebih penting daripada yang lain. Juga, tidak memiliki faktor risiko tidak berarti bahwa seseorang tidak akan mendapatkan kondisi. Itu selalu penting untuk mendiskusikan efek faktor risiko dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Apa Penyebab Kanker Kulit Pada Kuku? 

Saat ini, penyebab pasti perkembangan kanker kulit pada kuku tidak diketahui. Namun, penyebab potensial mungkin termasuk:

  • Aktivitas oncogenes yang tidak terkontrol (gen jahat yang mendorong pertumbuhan dan pembelahan sel) atau aksi depresi gen supresor tumor (gen yang biasanya mengawasi pertumbuhan dan pembelahan sel) dianggap berperan dalam perkembangan melanoma.
  • Sekitar 50% dari semua melanoma memiliki mutasi (perubahan) yang melibatkan onkogen BRAF
  • Radiasi UV menyebabkan kerusakan pada DNA (materi genetik yang menentukan semua ciri dan fungsi kita), yang pada gilirannya dapat mengaktifkan onkogen, atau mematikan gen penekan tumor. Namun demikian, penelitian ilmiah saat ini menunjukkan bahwa sinar matahari tampaknya tidak menjadi faktor yang signifikan untukkanker kulit pada kuku.
  • Dalam keluarga dengan melanoma yang diwariskan, mutasi gen yang meningkatkan risiko kanker diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya
Sponsors Link

Apa Tanda dan Ciri-Ciri Kanker Kulit Pada Kuku?

Melanoma dapat berkembang dari tahi lalat yang ada atau muncul sebagai tempat baru. Tanda dan ciri-ciri kanker kulit pada kuku termasuk:

  1. Area berpigmen yang Asimetris, yang Perbatasannya tidak beraturan atau compang-camping
  2. Area berpigmen yang tidak berwarna seragam, tidak seperti tahi lalat jinak, yang memiliki distribusi warna yang merata
  3. Setiap tempat yang mencurigakan, yang Diameternya lebih dari 6 milimeter.
  4. Tempat mencurigakan apa pun yang Berkembang, atau berubah bentuk / warna
  5. Tanda-tanda ini sering secara kolektif disebut sebagai ‘karakteristik ABCDE’ dari melanoma, oleh dokter.
  6. Sebuah tempat mencari yang mencurigakan atau ‘melanoma potensial’. Variabilitas ini kadang-kadang disebut tanda itik buruk oleh dokter
  7. Area / bintik pigmen yang mencurigakan menunjukkan penyebaran warna ke kulit di sekitarnya dan dengan pembengkakan, kemerahan atau gatal (karena peradangan). Area semacam itu juga bisa bersisik, atau menunjukkan sedikit cairan, atau perdarahan

Tanda-tanda dan Ciri-Ciri Kanker Kulit Pada Kuku yang dapat diamati:

  1. Gejalanya tergantung pada subtipe Nail Melanoma – apakah subungual, ungual, atau periungual
  2. Mungkin ada bintik-bintik berpigmen gelap atau garis-garis pada atau di bawah kuku (di dasar kuku)
  3. Munculnya tahi lalat di sisi kuku, menyerang tepi kuku
  4. Melanoma mungkin berwarna hitam, biru, atau coklat, warna kuku mungkin tidak seragam
  5. Ketika kondisi berlanjut, ukuran melanoma dapat meningkat mempengaruhi integritas kuku
  6. Paku bisa menjadi rapuh dan retak / pecah sementara tetap menempel pada pangkalan
  7. Ulserasi dan perdarahan dapat terjadi jika nodul terbentuk pada jari atau kaki yang terkena
  8. Dalam banyak kasus, baik jari atau kuku jari kaki besar terlibat.

, ,
Oleh :
Kategori : Kanker Kulit

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.