10 Ciri-Ciri Kanker Kulit Kepala Yang Harus Diwaspadai

Kanker kulit pada kulit kepala tidak dapat dengan mudah dideteksi pada tahap awal seperti kanker pada bagian tubuh lain. Tanda pertama kanker kulit adalah pembentukan tonjolan kecil di kepala Anda atau pengembangan bercak kasar bersisik pada kulit kepala. Anda harus memahami kulit Anda secara menyeluruh untuk mendeteksi perubahan apa pun. Cukup normal bagi kebanyakan dari kita untuk memeriksa tubuh kita saat mandi atau menggunakan make-up tetapi kita jarang mendeteksi perubahan pada kulit kepala karena ditutupi oleh lapisan rambut seperti ciri-ciri kanker kulit di wajah.

Sponsors Link

Penyebab Dan Faktor Risiko

Paparan sinar matahari dan penggunaan produk indoor dianggap sebagai penyebab utama kanker kulit. Siapa saja bisa terkena kanker kulit tetapi lebih mudah berkembang pada orang-orang yang berkulit putih. Orang dengan kulit terang, orang dengan banyak tahi lalat, orang-orang yang menghabiskan banyak waktu di bawah sinar matahari dan mereka yang tinggal di daerah dengan sinar matahari intensitas tinggi beresiko tinggi terkena kanker kulit seperti penyebab kanker kulit kepala.

Jenis kulit individu dan jumlah tahi lalat di tubuh juga dapat meningkatkan risiko. Orang-orang dengan mata biru / hijau dan mereka dengan sunburns beresiko tinggi terkena kanker kulit. Seorang individu yang menjalani terapi radiasi untuk durasi yang lama memiliki peningkatan risiko. Demikian juga orang-orang yang menjalani transplantasi organ baru-baru ini dapat mengembangkan kanker kulit karena dapat menurunkan kekebalan tubuh.

Jenis-Jenis Kanker Kulit Kepala

Seperti kanker kulit di bagian tubuh lain, ada 3 jenis utama kanker kulit di kulit kepala.

  1. Kanker kulit sel basal (dikenal sebagai BCC) terjadi di lapisan bawah epidermis dan sekitar 80% kanker kulit adalah tipe basal. Hal ini dapat dikenali sebagai titik merah muda kecil di kulit kepala yang mudah berdarah bahkan saat menyisir rambut Anda. BCC sering berkembang di daerah kulit kepala dan leher.
  2. Kanker sel skuamosa berkembang pada sel-sel skuamosa pada lapisan epidermis kulit. Ini terlihat seperti goresan kasar pada kulit kepala dan mereka adalah patch kecil yang lembut. Sekitar 10-30% kanker kulit adalah tipe skuamosa dan berkembang hanya ketika kulit sangat rusak oleh paparan sinar matahari atau bahan kimia lainnya.
    Kanker kulit melanoma adalah jenis kanker kulit yang paling berbahaya dan sering mematikan (mematikan).
  3. Jenis kanker ini berkembang dari melanosit (bertanggung jawab untuk warna kulit) yang mulai tumbuh dalam mode yang tidak terkendali yang mengarah ke tumor. Kanker kulit melanoma jarang tetapi dapat dengan mudah menyebar ke bagian tubuh lain dan bahkan otak melalui pembuluh darah yang terhubung. Melanosit ditemukan di lapisan dalam kulit dan ketika kanker / tumor terbentuk di lapisan ini dapat menyerang kelenjar getah bening dan pembuluh darah.

Ciri-Ciri Kanker Kulit Kepala

Berdasarkan beberapa ha, berikut telah kami rangkum ciri-ciri kanker kulit kepala tersebut:

  1. Kanker melanoma cukup berbahaya (terlepas dari mana pun ia berkembang) tetapi bisa lebih berisiko pada kulit kepala daripada tempat-tempat lain di kulit.
  2. Tingkat kematian kanker kulit melanoma di kulit kepala hampir dua kali lipat dari kanker kulit di bagian lain. Kulit kepala sering tersembunyi oleh rambut dan Anda jarang mengambil upaya untuk melihatnya dan ini memfasilitasi melanoma untuk tumbuh dengan cepat dan menyebar ke bagian tubuh lainnya.
  3. Setiap perbedaan di kulit kepala Anda dapat dideteksi hanya di salon dan itu juga jika Anda secara teratur mengunjungi salon yang sama.
  4. Melanoma akan muncul sebagai bintik hitam / gelap yang berwarna merah kecoklatan. Dokter kulit ahli perlu menggunakan instrumen khusus resolusi tinggi untuk mendeteksi melanoma pada kulit kepala pada tahap awal.
  5. Oleh karena itu jika Anda berisiko terkena kanker kulit, Anda dapat melakukan kunjungan rutin ke dokter kulit untuk melihat adanya perubahan pada kulit atau kulit kepala Anda seperti gejala kanker kulit.
  6. Batas tidak jelas
  7. Bentuk asimetris
  8. Warna beraneka ragam
  9. Akan tumbuh dan berubah seiring waktu
  10. Lebih besar dari ujung pensil (sekitar ¼ inci)
Sponsors Link

Gejala

Kanker kulit pada kulit kepala tidak dapat dideteksi dengan mudah dan sering berkembang di daerah yang tidak sepenuhnya tertutup oleh rambut. Kadang-kadang itu akan menghancurkan sel-sel kulit sehat yang normal dan tumbuh dalam ukuran untuk membentuk tumor. Dapat terlihat seperti tahi lalat atau lepuh hitam kecil yang tidak cepat sembuh. Namun tidak semua kista atau lecet adalah kanker kulit. Infeksi atau reaksi alergi dapat dengan mudah terjadi pada kulit kepala karena penumpukan debu. Infeksi dapat terjadi pada folikel rambut, alergi seperti jerawat atau kista dapat tumbuh di kulit kepala dalam bentuk bintik merah merah muda yang menyebabkan iritasi.

Sering terjadi sebagai bintik kecil berwarna merah muda atau seperti jerawat. Bagi sebagian orang, ini bisa berkembang sebagai luka yang mudah berdarah dan cepat sembuh untuk kembali dengan kekuatan yang sama. Ini adalah jenis kanker kulit yang paling umum di kulit kepala yang dapat diobati dan disembuhkan. Jenis skuamosa sering terjadi di kepala, leher dan lengan. Ini akan muncul sebagai tambalan bersisik kasar, tonjolan coklat kemerahan, atau seperti luka terbuka yang berdarah. Melanoma kebanyakan terjadi pada tahi lalat atau lingkungannya yang tumbuh dalam bentuk dan berubah warna. Jika Anda melihat bintik-bintik merah gelap baru di kulit kepala Anda, itu bisa jadi melanoma.

, ,
Oleh :
Kategori : Kanker Kulit