11 Ciri-ciri Kanker Kulit di Wajah yang Tidak Boleh Diabaikan

Kanker kulit memang jenis kanker yang mungkin lebih sedikit kasusnya di Indonesia dibandingkan jenis kanker lainnya, namun dengan sinar matahari yang terus muncul sepanjang tahun menyebabkan penyakit ini perlu diwaspadai. Apalagi akhir-akhir ini lapisan ozon semakin menipis sehingga radiasi ultraviolet dapat membakar kulit dan menyebabkan mutasi genetik dan menjadi penyebab kanker kulit paling utama. Gejala awal kanker kulit memang sering disepelekan karena sangat mirip dengan masalah kulit yang ringan. Namun saat gejala kanker kulit semakin jelas terlihat, barulah orang-orang sibuk untuk mengatasinya. Padahal pengobatan kanker kulit jauh lebih mahal dan sulit dibandingkan dengan melakukan cara mencegah kanker kulit. Karena itu sebaiknya kita mengetahui ciri-ciri kanker kulit berikut ini terutama yang terdapat di wajah agar dapat segera bertindak bila mengalaminya.

Sponsors Link

1. Muncul Jerawat yang Tidak Wajar

Jerawat memang biasa muncul pada wajah terutama pada wanita karena wajahnya yang cenderung lebih berminyak. Namun ada yang perlu diwaspadai jika jerawat yang muncul beda dari biasanya, seperti ukurannya sangat besar, tidak kunjung sembuh dalam waktu yang lama, permukaannya kasar dan berubah warna. Karena ciri-ciri kanker kulit menyerupai jerawat yang seperti itu bisa jadi menandakan adanya kanker kulit yang mulai tubuh dan berkembang di kulit wajah.

2. Benjolan yang Tidak Normal

Pada wajah memang terkadang bisa muncul benjolan kecil yang kemungkinan besar disebabkan adanya penumpukan debu atau sel kulit mati pada kulit. Biasanya dengan perawatan dalam beberapa hari benjolan tersebut akan hilang. Namun pada kasus kanker kulit di wajah benjolan tersebut tidak akan hilang justru semakin besar dan terkadang disertai rasa nyeri.

3. Terdapat Tompel Tiba-tiba

Kalau biasanya tompel yang normal sudah dimiliki sejak lahir atau usia bayi, maka pada penyakit kanker kulit tompel dapat muncul tiba-tiba. Tompel ini pun akan semakin lebar dan ditumbuhi rambut, selain membuat risih tompel juga mengurangi kecantikan wajah. Jika Anda mengalami tompel yang tidak wajar dan muncul tiba-tiba sebaiknya segera periksakan ke dokter kulit.

4. Muncul Banyak Tahi Lalat

Kemunculan tahi lalat yang tiba-tiba dan banyak di wajah juga dapat mengindikasikan seseorang terkena kanker kulit wajah. Tahi lalat ini terbentuk dari sel kanker yang terus berkembang dan membentuk massa yang padat dan menghitam. Tahi lalat yang termasuk kanker juga kerap bertambah besar, bahkan sering mengalami pendarahan. Berbeda dengan tahi lalat normal yang tidak sakit, tidak berubah ukuran dan bentuk serta tidak muncul banyak dalam waktu singkat.

5. Tahi Lalat Terasa Gatal

Munculnya tahi lalat di wajah memang dianggap hal yang wajar dan siapapun bisa mengalaminya. Namun tahi lalat tersebut umumnya tidak terasa sakit mamupun gatal sehingga sangat aman bila tersenggol dan biasanya juga tidak bertambah besar. Jika tahi lalat terasa gatal bahkan nyeri maka bisa dipastikan hal tersebut merupakan ciri kanker kulit.

6. Kulit Wajah Mudah Terbakar

Pada penderita kanker kulit terutama di wajah, hal yang terasa sangat menyakitkan adalah rasa perih pada kulit wajah seperti sedang terbakar. Hal ini dikarenakan sel kulit yang sehat secara perlahan didesak dan ikut rusak akibat sel kanker sehingga kulit menjadi sangat sensitif dan sering terasa sangat sakit.

7. Kulit Wajah Memerah

Kulit wajah yang mulai terserang sel kanker juga akan terlihat sangat merah seperti luka melepuh, karena sudah menjadi sangat sensitif bila tersenggol atau tersengat sinar matahari. Kondisi ini membuat penderitanya merasa sangat tersiksa dan ingin segera mengatasinya.

8. Kulit Wajah Mengelupas

Tidak hanya memerah, kulit wajah yang terserang sel kanker juga rentan mengalami pengelupasan kulit sehingga penampilan wajah menjadi sangat buruk. Jika ini terjadi tanpa alasan yang jelas maka sebaiknya segera periksakan diri ke dokter agar bisa memperoleh penanganan yang tepat dan memastikan apakah itu kanker atau tidak.

9. Bibir Kering dan Terasa Panas

Selain merusak sel kulit wajah, kanker kulit wajah juga dapat merusak sel pada bibir sehingga bibirnya menjadi sangat perih. Selain perih bibir juga kerap terasa panas, sehingga mengganggu proses makan atau berkomunikasi dengan orang lain.

10. Benjolan Berubah Bentuk dan Warna

Benjolan yang terdapat pada kulit wajah dan sekitarnya juga dapat menjadi berubah bentuk, berubah warna dan permukaannya terasa sangat kasar. Kulit wajah juga terlihat lebih bersisik, kering dan sering terasa perih meski tanpa tanpa disenggol sekalipun.

Sponsors Link

11. Perubahan Kondisi Rambut di Sisi Wajah

Pada laki-laki tentu boleh memiliki kumis, janggut mapun jambang, namun bila rambut tersebut mengalami gangguan yang aneh dan tidak wajar maka sebaiknya langsung pergi ke rumah sakit. Biasanya sel kanker pada wajah akan merontokkan rambut di wajah seperti jambang dan janggut sehingga jika ini terjadi sebaiknya segera waspada.

Itulah ciri-ciri kanker kulit di wajah yang bisa dikenali dengan mudah. Jika kita lebih tanggap maka perubahan wajah atau munculnya gejala kanker kulit bisa dicegah. Kesehatan kulit perlu dijaga karena kulit membantu mempertahankan otot dan membantu membentuk postur tubuh semakin baik.

, , , , , ,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.