Bahaya Kanker Kulit Melanoma – Penyebab, Cara Mengobati dan Cara Mencegah

Tahi hitam yang lazim dimiliki setiap manusia merupakaan bawaan lahir yang jumlah dan warnanya bisa berbeda-beda pada setiap orang. Tahi lalat bisa membuat penampilan wajah menjadi lebih manis, namun fakta bahwa tidak semua tanda hitam kecokelatan yang ada di tubuh itu adalah tahi lalat biasa seharusnya patut menjadi kewaspadaan Anda. Ya, tahi lalat ternyata juga bisa menandakan gejala awal penyakit ganas kanker kulit melanoma.

Sponsors Link

(Baca juga: penyebab kanker kulit , Ciri-ciri Kanker Kulit)

Kanker kulit melanoma merupakan jenis kanker yang jarang dialami. Kurang dari 1 % prosentase jumlah penderita kanker di seluruh adalah penderita kanker kulit melanoma. Meski demikian, kanker ini tentu tetap harus diwaspadai. Kanker kulit jenis ini tergolong berbahaya karena percepatan penyebarannya yang begitu cepat ke organ-organ dan jaringan lain dalam tubuh. Kanker kulit melanoma bisa muncul di seluruh bagian tubuh, namun beberapa bagian adalah yang paling sering terkena yaitu di bagian punggung, wajah, tangan dan kaki. (Baca Juga: Ciri Kanker Usus 12 Jari , Tanda Kanker Pita Suara)

Ciri-ciri kanker kulit melanoma ini adalah bentuknya yang sangat tidak beraturan baik dari segi ukuran dan warna. Tahi lalat yang terjangkit kanker kulit melanoma akan terasa gatal dan rentan menimbulkan pendarahan bila digaruk. Untuk mengenal ciri-ciri tahi lalat yang normal dengan yang terkena kanker kulit melanoma, simak daftar di bawah ini untuk mencermatinya lebih lanjut.

(Baca juga: gejala kanker kulit pada anak , Tanda-tanda Leukemia)

Kanker kulit melanoma mempunyai ciri bentuk, ukuran dan warna yang sangat tidak beraturan dan tidak normal. Jika tahi lalat yang terjangkit melanoma maka akan terasa sangat gatal dan juga dapat timbul pendarahan.

Berikut ciri bentuk kanker kulit melanoma:

1. Asymmetrical

Bentuk jenis ini adalah kanker kulit melanoma dengan ciri tahi lalat yang bentuknya tidak beraturan dan tidak bisa dibagi dua sama rata. (Baca Juga: Gejala Kanker Lambung Stadium Awal)

2. Border

Tahi lalat memiliki pinggiran yang kasar dan tidak rata, bila disentuh permukaannya juga terasa tebal. Sungguh berbeda dengan tahi lalat normal yang cenderung tipis. (Baca Juga: Gejala Awal Kanker Tulang)

3. Colour

Tahi lalat yang memiliki campuran banyak warna alih-alih hanya berwarna hitam atau cokelat saja menandakan tahi lalat itu terjangkit kanker melanoma. (Baca Juga: Gejala Kanker Hati Pada Anak)

Sponsors Link

4. Diameter

Tahi lalat yang berukuran besar dan memiliki diameter lebih dari 6 mm adalah gejala tahi lalat itu telah terpapar kanker kulit melanoma. (Baca Juga: Tanda-Tanda Kanker Mata)

5. Enlargement or Evolution

Tahi lalat yang mengalami pembesaran dan berubah bentuknya dalam selang waktu tertentu mengindikasikan tahi lalat itu terkena kanker kulit melanoma.

(Baca juga: gejala awal kanker kulit)

Penyebab Kanker Kulit Melanoma

Kanker memang dapat terjadi karena beragam sebab dan dapat menyerang organ tubuh mana saja. Tubuh manusia yang terdiri dari berjuta-juta tipe sel adalah lahan empuk bagi invansi kanker yang muncul dengan cara sebagian sel dalam tubuh menggandakan atau melepaskan diri secara tidak normal. Ketika virus kanker sudah mengkontaminasi jaringan sel dan organ padat, jaringan baru akan tumbuh yang disebut dengan tumor. Masih menjadi misteri di dunia medis mengapa sel-sel dapat tubuh tersebut dapat melepaskan diri atau menggandakan diri dengan tidak normal.

(Baca juga: cara penularan virus kanker kulit , Gejala Kanker Batang Otak)

Kanker kulit melanoma disebabkan paling utama oleh radiasi berlebihan sinar matahari yang mengandung ultraviolet (UV). Meski tidak semua kasus kanker kulit melanoma disebabkan oleh radiasi sinar matahari. Kulit yang terpapar sinar UV terus-terusan secara berlebihan, akan menjadi rusak dan mengalami kehancuran sel-sel pigmen yang memicu munculnya jaringan sel kanker melanoma. Ada beberapa faktor yang menjadi faktor rentan dan beresiko terhadap pengaruh sinar UV dan kemungkinan seseorang dapat terpapar kanker kulit melanoma yaitu: (Baca Juga: Bahaya Radiasi HP Menyebabkan Kanker Otak)

  • Memiliki tahi lalat yang banyak
  • Memiliki jenis kulit yang pucat dan mudah terbakar sinar matahari
  • Memiliki keluarga dengan riwayat kesehatan pernah mengidap penyakit kanker kulit melanoma.
  • Usia lanjut
  • Memiliki rambut berwarna pirang atau merah
  • Sistem imunitas tubuh yang menurun akibat suatu serangan penyakit seperti HIV dan AIDS
  • Mengkonsumsi obat-obatan yang memiliki efek samping jangka panjang dalam menurunkan kekebalan tubuh. Biasanya dialami oleh orang yang habis menjalani prosedur transplantasi organ.

(Baca Juga: Penyebab Kanker Hati Yang Harus Diwaspadai , Tanda Kanker Payudara Mulai Sembuh)

Pengobatan Kanker Kulit Melanoma

Kita memang harus selalu waspada akan gejala kanker kulit melanoma dan saat awal dimana telah terdeteksi terkena kanker kulit melanoma . Dengan penanganan dini, tindakan pengobatan akan lebih cepat dilakukan agar sel kanker tidak menyebar semakin parah. Bila kanker kulit sudah terdeteksi pada stadium lanjut, diperlukan pengobatan dan obat-obatan khusus seperti tindakan kemoterapi yang berfungsi untuk mencegah dan menghamba penyebaran sel-sel kanker ke jaringan dan organ tubuh yang lain. Penanganan yang paling utama bagi penderita kanker kulit melanoma adalah dengan cara operasi pengangkatan sel-sel kanker. Namun, tindakan pengobatan ini bisa berbeda-beda pada setiap orang tergantung tingkat penyebaran dan stadium kanker. Kanker jenis ini bersifat kambuhan, artinya suatu saat di masa depan dapat terjadi lagi.

Sponsors Link

Baca juga:

Pencegahan Kanker Kulit Melanoma

Karena sifat dari kanker kulit melanoma yang kambuhan, maka bila telah telanjur pernah mengidap kanker jenis ini haruslah sangat berhati-hati dan waspada untuk menjaga kesehatan dan menghindari semua faktor-faktor penyebab kanker kulit melanoma ini. Berikut adalah beberapa upaya pencegahan dan tindakan yang dapat dilakukan untuk mencegah kanker kulit melanoma timbul:

  1. Menghindari paparan sinar matahari siang antara pukul 10 pagi sampai 3 sore. Pada jam-jam ini radiasi sinar UV begitu kuat dan sangat berbahaya bagi kulit. Bila terpaksa harus beraktivitas di luar ruangan, jangan lupa oleskan sun block untuk melindungi kulit. (Baca Juga: Gejala Kanker Kulit)
  2. Memakai pakaian panjang yang dapat menutup kulit khususnya di area-area terbuka yang mudah terpapar sinar matahari secara langsung. Oleh karena itu, berjemur di tepi pantai saat sinar matahari sedang terik dengan pakaian minim sangat tidak dianjurkan oleh ahli kesehatan.
  3. Membiasakan untuk mengenakan tabir surya atau sun block setiap 15 menit sebelum keluar ruangan atau beraktivitas di bawah sinar matahari langsung. Pemilihan krim tabir surya juga harus disesuaikan dnegan kondisi dan jenis kulit Anda. Pilihlah tabir surya yang memiliki kandungan SPF paling tinggi untuk proteksi maksimal terhadap paparan sinar UV (Baca juga: cara mencegah kanker kulit)

Demikian artikel tentang bahaya kanker kulit melanoma disertai dengan ciri-ciri, cara pengobatan dan langkah-langkah pencegahannya. Semoga bermanfaat bagi Anda dan dapat menjadi pengetahuan tambahan bagi kewaspadaan Anda terhadap ancaman kanker kulit melanoma ini.

, , ,
Post Date: Thursday 20th, October 2016 / 00:59 Oleh :
Kategori : Kanker Kulit