5 Bahaya Kanker Kulit Yang Perlu Diwaspadai

Kanker adalah salah satu penyakit yang sangat ditakuti oleh banyak orang. Walaupun penyebabnya seringkali belum dapat diketahui dengan pasti, namun penyakit ini memberikan dampak yang sangat mempengaruhi kehidupan penderitanya. Bahkan beberapa jenis kanker dinilai sebagai ‘pintu gerbang’ seseorang menuju akhir hidupnya. Oleh karena itu, mereka yang telah divonis menderita kanker seringkali merasa putus asa dan tidak memiliki harapan hidup lagi seperti sediakala. Perlu kita ketahui bahwa kanker tidak hanya dapat menyerang organ dalam tubuh manusia saja (seperti kanker paru-paru, kanker prostat, kanker payudara, kanker serviks, dan sebagainya). Kanker juga dapat menyerang organ tubuh paling luar yaitu kulit Anda, sehingga Anda pun harus mewaspadainya.

Sponsors Link

Kanker kulit adalah salah satu jenis kanker yang menyerang indera peraba manusia. Kanker kulit dapat terjadi ketika adanya perubahan sifat pada sel-sel penyusun kulit. Perubahan sifat ini ditandai dengan pembelahan sel-sel menjadi bentuk yang tidak normal dan tidak terkontrol. Seperti jenis kanker lainnya, kemunculan kanker kulit ini juga banyak tidak disadari oleh para penderitanya, bahkan ketika tanda-tanda kanker kulit sudah muncul sekalipun. Beberapa dari mereka baru mengetahuinya ketika penyakit ini sudah mulai parah dan menimbulkan masalah lain. Hal ini tentunya sangat membahayakan sang penderita, karena kanker kulit bukanlah suatu penyakit yang dapat disepelekan dan justru dapat mendatangkan masalah baru atau bahaya kepada penderitanya. (Baca juga : Gejala Awal Kanker Kulit)

Seberapa Bahaya Kanker Kulit?

Sama halnya dengan jenis kanker lain yang menyerang tubuh, kanker kulit pun merupakan penyakit yang tidak dapat disepelekan keberadaannya. Walaupun beberapa jenis kanker kulit bukan merupakan kanker yang ganas, tetapi penyakit ini dapat mendatangkan bahaya tersendiri. Lalu, bahaya apa sajakah yang mengintai ketika seseorang mengidap penyakit ini?

1. Dapat Menyebabkan Kematian

Kanker kulit dikategorikan menjadi dua jenis yaitu kanker kulit melanoma dan kanker kulit nonmelanoma. Melanoma maligna adalah contoh dari kanker kulit jenis melanoma, sedangkan untuk kanker kulit nonmelanoma contohnya adalah karsinoma sel basal dan karsinoma sel skuamosa. Untuk jenis kanker kulit melanoma maligna kasusnya memang terbilang jarang ditemukan jika dibandingkan dengan dua jenis kanker kulit lainnya. Namun, Anda perlu waspada jika Anda atau orang terdekat Anda menderita kanker kulit ini, karena melanoma maligna berpotensi mengancam jiwa penderitanya.

Cobalah untuk mulai memperhatikan kulit tubuh Anda, apakah terdapat banyak tahi lalat ataupun benjolan/bintik yang tak kunjung hilang? Berhati-hatilah karena keduanya merupakan salah satu tanda dari melanoma maligna. Waspadai pula jika terdapat tahi lalat yang semakin membesar bahkan menimbulkan perdarahan. Tangani lebih dini dengan cara berkonsultasi ke dokter jika tanda-tanda tersebut mulai terlihat pada kulit Anda. Terlambat menanganinya hanya akan berakibat fatal. (Baca juga : Bahaya Kanker Kulit Melanoma)

2. Risiko Penyebaran atau Metastasis

Seperti jenis kanker lainnya, kanker kulit pun dapat berpotensi menyebar atau mengalami metastasis ke bagian tubuh lain. Karsinoma sel skuamosa dan melonoma maligna adalah dua jenis kanker kulit yang memiliki risiko bermetastasis. Karsinoma sel skuamosa memang tergolong kanker yang tidak terlalu ganas seperti halnya melanoma maligna, namun kanker jenis ini juga terbilang sering bermetastasis. Daerah telinga, bibir, jaringan tubuh, tulang, noda limfa, dan bagian kulit lain yang terdapat sel skuamosa di dalamnya merupakan bagian-bagian yang seringkali menjadi tempat penyebaran sel kanker ini. Sedangkan untuk melanoma maligna, kemampuan bermetastasisnya sangatlah tinggi karena kanker ini memang termasuk jenis kanker yang  ganas.

Sponsors Link

3. Dapat Merusak Jaringan Sekitar

Selain dapat menyebabkan kematian dan memiliki kemampuan untuk bermetastasis, jenis kanker kulit tertentu juga dapat merusak jaringan sekitar. Karsinoma sel basal adalah jenis kanker yang berisiko untuk kondisi ini. Karsinoma sel basal memang merupakan jenis kanker kulit yang perkembangannya lambat sehingga jarang bermetastase jika dibandingkan dengan kedua jenis kanker kulit lainnya (karsinoma sel skuamosa dan melanoma maligna). Namun karsinoma sel basal ini dapat menyebar ke jaringan di bawah kulit, otot, serta tulang, dan tak jarang hingga dapat merusak jaringan di sekitarnya. (Baca juga : Ciri ciri Kanker Kulit Umum)

4. Dapat Menimbulkan Kecacatan Pada Kulit

Bahaya kanker kulit selanjutnya yang dapat mengintai penderita adalah dapat menimbulkan kecacatan pada indera peraba itu sendiri. Dampak ini bisa berawal dari penanganan kanker kulit yang terlambat. Karsinoma sel basal adalah salah satu jenis kanker yang berpotensi menimbulkan kondisi cacat pada kulit jika tidak sedari awal diobati, walaupun kanker jenis ini tidak terlalu ganas jika dibandingkan dengan melanoma maligna. Karenanya, jangan pernah menganggap sepele apapun jenis kanker kulit yang mungkin sedang melanda Anda atau orang terdekat Anda.

5. Dapat Memicu Komplikasi yang Serius

Seperti penyakit lainnya, jika tidak ditangani lebih dini maka kanker kulit akan dapat memicu komplikasi yang serius. Karsinoma sel skuamosa adalah salah satu contohnya. Karena kemampuannya menyebar hingga ke tulang, jaringan, bahkan noda limfa di sekitarnya maka karsinoma jenis ini akan menjadi lebih sulit untuk ditangani dan justru akan memicu komplikasi yang lebih serius.

Bagaimana Caranya Agar Terhindar Dari Kanker Kulit?

Kanker kulit dan segudang bahayanya memang sangat menakutkan bagi siapapun yang sedang menderitanya. Oleh karena itu, sebelum terlambat akan lebih baik jika kita mencegah terjadinya kanker kulit. Bagaimana caranya? Sebagian besar kasus kanker kulit terjadi akibat paparan berlebihan sinar ultraviolet (UV) yang berasal dari matahari. Sinar ultraviolet ini memiliki radiasi yang selanjutnya dapat berkontribusi terhadap kejadian kanker kulit pada manusia. Untuk menghindari paparan sinar ultraviolet yang berlebihan, cara sederhana yang dapat dilakukan adalah tentunya dengan membatasi tubuh kita agar tidak terkena paparan langsung sinar tersebut dalam jangka waktu yang lama, terlebih jika matahari sedang terik-teriknya. (Baca juga : Penyebab Kanker Kulit)

Sponsors Link

Sekalipun terdapat kondisi yang mengharuskan seseorang terpapar sinar ultraviolet langsung dalam waktu yang lama, maka Anda dapat menyiasatinya dengan menggunakan produk pelindung sinar ultraviolet seperti produk tabir surya dengan kandungan SPF tertentu ataupun menggunakan sunblock. Selain itu, menggunakan pakaian lengan panjang serta atribut tertentu (seperti topi dan kacamata hitam) juga dapat membantu seseorang agar tidak terpapar sinar ultraviolet secara langsung. (Baca juga : Pengobatan Kanker Kulit)

Itulah beberapa penjelasan tentang bahaya kanker kulit. Jagalah selalu kulit Anda agar terhindar dari bahaya kanker kulit yang dapat mengintai kapan saja bahkan pada saat yang tidak pernah diduga sekalipun. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda.

, , , , , ,
Post Date: Wednesday 16th, November 2016 / 02:48 Oleh :
Kategori : Kanker Kulit