Apakah Kanker Kandung Kemih Bisa Sembuh? Fakta dan Klinis Pengobatan

Kanker kandung kemih merupakan salah satu kanker ganas yang masih bisa disembuhkan tergantung tingkat keparahan atau stage-nya. Biasanya, pengobatan awal kanker kandung kemih didasarkan pada tahap klinis, yang seberapa dalam diperkirakan telah tumbuh ke dinding kandung kemih dan apakah telah menyebar ke luar kandung kemih. Faktor-faktor lain, seperti ukuran dan tingkat tumor dan kesehatan seseorang secara keseluruhan, juga dapat mempengaruhi pilihan pengobatan seperti penyebab kanker kandung kemih.

Sponsors Link

Mengobati stadium 0 kanker kandung kemih

Stadium 0 kanker kandung kemih termasuk karsinoma papiler non-invasif (Ta) dan karsinoma non-invasif datar (Tis). Dalam kedua kasus, kanker belum menginvasi dinding kandung kemih di luar lapisan dalam.

Kanker kandung kemih tahap awal ini paling sering diobati dengan reseksi transurethral (TURBT). Ini dapat diikuti baik dengan observasi (tindak lanjut dekat tanpa pengobatan lebih lanjut) atau dengan terapi intravesical untuk mencoba untuk mencegah kanker kembali.

Dari perawatan intravesical, imunoterapi dengan Bacille-Calmette Guerin (BCG) tampaknya lebih baik daripada kemoterapi di kedua menjaga kanker dari kembali dan dari semakin parah. Tetapi juga cenderung memiliki lebih banyak efek samping seperti pengobatan kanker kandung kemih. Stadium 0 kanker kandung kemih jarang perlu dirawat dengan operasi yang lebih luas. Cystectomy (pengangkatan kandung kemih) dianggap hanya ketika ada banyak kanker dangkal atau ketika kanker superfisial terus tumbuh (atau tampaknya menyebar) meskipun sudah diobati.

Mengobati kanker kandung kemih stadium I

Kanker kandung kemih stadium I telah tumbuh menjadi lapisan jaringan ikat pada dinding kandung kemih tetapi belum mencapai lapisan otot. Transurethral resection (TURBT) biasanya merupakan perawatan pertama untuk kanker ini, tetapi hal ini dilakukan untuk membantu menentukan sejauh mana kanker daripada mencoba untuk menyembuhkannya. Jika tidak ada perawatan lain yang diberikan, banyak pasien akan mendapatkan kanker kandung kemih baru, yang akan sering lebih maju. Ini lebih mungkin terjadi jika kanker pertama adalah kelas tinggi.

Bahkan jika kanker ditemukan menjadi kelas rendah, TURBT kedua sering direkomendasikan beberapa minggu kemudian. Jika dokter kemudian merasa bahwa semua kanker telah dihapus, BCG intravesical atau mitomycin biasanya diberikan. Jika tidak semua kanker dihilangkan, pilihan termasuk BCG intravesis atau kistektomi (pengangkatan sebagian atau seluruh kandung kemih). Jika kanker adalah tingkat tinggi , jika banyak tumor hadir, atau jika tumor sangat besar ketika pertama kali ditemukan, kistektomi radikal mungkin direkomendasikan.

Mengobati kanker kandung kemih stadium II

Kanker-kanker ini telah menginvasi lapisan otot dinding kandung kemih. Transurethral resection (TURBT) biasanya merupakan perawatan pertama untuk kanker ini, tetapi hal ini dilakukan untuk membantu menentukan sejauh mana kanker daripada mencoba untuk menyembuhkannya seperti gejala kanker kandung kemih.

Ketika kanker telah menyerang otot, kistektomi radikal (pengangkatan kandung kemih) adalah perawatan standar. Kelenjar getah bening di dekat kandung kemih sering dihapus juga. Jika kanker hanya berada di satu bagian kandung kemih, beberapa pasien dapat diobati dengan kistektomi parsial sebagai gantinya. Hanya sejumlah kecil pasien adalah kandidat yang baik untuk ini.

Meskipun pada tahap ini kanker belum terdeteksi di luar kandung kemih, dalam beberapa kasus mungkin sudah ada setumpuk kecil kanker yang tumbuh di tempat lain di tubuh. Untuk alasan ini, kemoterapi sering diberikan sebelum operasi (neoadjuvant chemo) atau setelah operasi (adjuvant chemo) untuk menurunkan kemungkinan kanker akan kembali. Banyak dokter lebih suka memberikan kemo sebelum operasi karena telah terbukti dapat membantu pasien hidup lebih lama daripada pembedahan saja. Ketika kemo diberikan pertama, operasi ditunda. Ini bukan masalah jika kemo menyusutkan kanker kandung kemih, tetapi mungkin berbahaya jika tumor terus tumbuh selama kemo.

Mengobati kanker kandung kemih stadium III

Kanker-kanker ini telah mencapai bagian luar kandung kemih dan mungkin telah tumbuh ke jaringan atau organ di sekitarnya. Transurethral resection (TURBT) biasanya dilakukan pertama untuk membantu menentukan sejauh mana kanker telah tumbuh. Sistektomi radikal (pengangkatan kandung kemih dan kelenjar getah bening di dekatnya) adalah perawatan standar. Sistektomi parsial jarang pilihan untuk kanker stadium III.

Kemoterapi neoadjuvant (kemo) sering diberikan sebelum operasi. Dapat mengecilkan tumor, yang dapat membuat operasi lebih mudah. Ini bisa sangat berguna untuk tumor T4a, yang tumbuh di luar kandung kemih. Kemoterapi juga dapat membunuh sel kanker yang sudah bisa menyebar ke area lain di tubuh. Pendekatan ini membantu pasien hidup lebih lama daripada sistektomi saja. Saat kemo diberikan lebih dulu, operasi untuk mengangkat kandung kemih tertunda. Penundaan tidak menjadi masalah jika kemo menyebabkan kanker kandung kemih mengecil, tetapi bisa berbahaya jika tumor terus tumbuh selama kemoterapi.

Sponsors Link

Mengobati kanker kandung kemih stadium IV

Untuk kanker kandung kemih stadium IV yang belum menyebar ke tempat yang jauh, kemoterapi (dengan atau tanpa radiasi ) biasanya merupakan pengobatan pertama. Jika kanker menyusut sebagai respons terhadap pengobatan, kistektomi mungkin menjadi pilihan. Pasien yang tidak dapat mentoleransi kemoterapi (karena masalah kesehatan lainnya) mungkin diobati dengan terapi radiasi atau dengan obat imunoterapi seperti atezolizumab atau pembrolizumab.

Untuk kanker kandung kemih stadium IV yang telah menyebar ke daerah yang jauh, kemoterapi biasanya merupakan pengobatan pertama, kadang-kadang bersama dengan terapi radiasi. Pasien yang tidak dapat mentoleransi kemoterapi (karena masalah kesehatan lainnya) mungkin diobati dengan terapi radiasi atau dengan obat imunoterapi seperti atezolizumab atau pembrolizumab. Pengalihan urin tanpa kistektomi kadang dilakukan untuk mencegah atau mengurangi sumbatan urin yang dapat menyebabkan kerusakan ginjal yang parah.

Mengobati kanker kandung kemih yang berkembang atau kambuh

Jika kanker terus tumbuh selama pengobatan (berkembang) atau kembali (kambuh), pilihan perawatan Anda akan tergantung pada di mana dan seberapa banyak kanker telah menyebar, perawatan apa yang telah Anda miliki, dan pada kesehatan Anda dan keinginan untuk perawatan lebih lanjut. Sangat penting bahwa Anda memahami tujuan dari perawatan lebih lanjut jika itu untuk mencoba menyembuhkan kanker, untuk memperlambat pertumbuhannya, atau untuk membantu meringankan gejala serta kemungkinan manfaat dan risiko.

 

, ,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.