7 Tanda Awal Kanker Hati Paling Berbahaya

Kanker hati termasuk jenis kanker yang cukup berbahaya, dan sering menyebabkan kematian karena terlambat mendapat pengobatan. Keterlambatan tindakan pengobatan ini disebabkan kanker hati tidak menimbulkan tanda aau gejala apapun yang begitu nyata sehingga penyakit ini sering terlambat dideteksi. Apalagi gejala awal kanker hati sangat mirip dengan gejala penyakit ringan lainnya sehingga sering diabaikan. Begitu penyakitnya sudah semakin parah, barulah penyakit ini menunjukkan tanda atau gejala yang lebih dapat dirasakan.

Sponsors Link

Tanda awal kanker hati sebenarnya hampir sama dengan gejala awal kanker hati. Perlu sikap waspada dan tindakan pemeriksaan mandiri serta tanggap terhadap kondisi kesehatan tubuh agar penyakit ini dapat segera diketahui dan mendapat pengobatan secepat mungkin. Jika bisa dideteksi pada stadium awal, maka harapan untuk sembuh pun semakin besar. Berikut ini beberapa tanda awal kanker hati yang bisa kita ketahui dan mudah dilihat.

Tanda Awal Kanker Hati

1.Tubuh Menjadi Kuning

Tanda awal jika kita terkena penyakit kanker hati adalah tubuh yang berubah warna menjadi kuning. Perubahan ini dapat jelas terlihat pada bagian kulit, kuku dan mata. Kondisi ini terjadi karena hati yang menghasilkan senyawa bilirubin sudah tidak berfungsi dengan baik,sehingga zat tersebut yang semestinya dikeluarkan justru menumpuk dan masuk ke aliran darah. Akibatnya bilirubin tersebar ke seluruh tubuh dan menyebabkan tubuh menjadi kuning.

2. Lidah Terasa Pahit

Sel kanker yang terus berkembang di hati akan menyebabkan lambung ikut terkena dampaknya, sehingga asam lambung bisa meningkat. Asam lambung yang terlalu tinggi dapat mengakibatkan refluks lambung dan naik hingga ke tenggorokan. Akibatnya lidah menjadi terasa pahit dan selera makan pun jadi berkurang.

3. Lambung Terasa Kembung dan Nyeri pada Ulu Hati

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, kanker hati akan mempengaruhi fungsi lambung, dan sel kanker yang terus berkembang akan mendesak organ lambung. Akibatnya lambung terasa penuh dan selalu ingin muntah. Ditambah lagi ulu hati sering terasa nyeri tanpa sebab, dan terasa seperti membengkak.

4. Kaki dan Tangan Membengkak

Organ hati yang berfungsi untuk menetralkan racun di dalam tubuh akan mengalami gangguan fungsi saat terserang kanker. Akibatnya racun yang masuk ke dalam tubuh tidak dapat diuraikan dan justru menumpuk di dalam tubuh. Proses metabolisme pun menjadi terhambat sehingga tubuh dapat mengalami penumpukan cairan. Kondisi tersebut akan membuat kaki dan tangan ikut terkena dampaknya dengan menjadi bengkak.

5. Penurunan Berat Badan

Kanker hati dapat menurunkan selera makan sehingga penderitanya menjadi malas untuk makan. Selain itu nutrisi yang masuk ke dalam tubuh pun diserap oleh sel kanker agar dapat terus berkembang dan hal ini akan menyebabkan tubuh kekurangan nutrisi. Dengan kata lain berat badan akan menurun secara drastis akibat dari perkembangan sel kanker tersebut.

6. Kelelahan

Saat tubuh banyak beraktivitas memang sangat wajar jika menjadi lelah. Namun lelah tanpa penyebab yang jelas bisa menjadi pertanda kanker hati sedang menyerang. Hal ini disebabkan selain karena sel kanker telah menggerogoti hati, penyerapan nutrisi pun tidak sempurna sehingga tubuh mudah menjadi lemas dan cepat lelah.

7. Penyakit Komplikasi

Adanya kanker hati juga bisa ditandai dengan munculnya penyakit lain, sebagai akibat dari komplikasi penyakit tersebut. Karena itu tidak mengherankan bila orang yang menderita kanker hati juga mengalami penyakit lain seperti anemia, magh akut hingga diabetes.

Nah, ternyata tanda awal kanker hati cukup berbahaya. Jadi kita perlu waspada dan mengetahuinya sejak dini agar bisa segera mendapatkan pengobatan kanker hati yang paling tepat. Jika penyakit ini terlambat ditangani maka akan semakin sulit untuk disembuhkan, dan akibat kanker hati bisa membahayakan nyawa penderitanya.

, ,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.