11 Penyebab Kanker Hati Stadium 4 yang Membahayakan Nyawa

Penyakit kanker hati sangat banyak dijumpai kasusnya, dimana kanker ini dapat menyerang siapa saja dan umumnya disebabkan oleh infeksi virus Hepatitis. Penyakit ini lebih banyak ditemui di negara-negara berkembang, dimana kebersihan dan pemenuhan nutrisi masih belum memadai. Sebagai jenis kanker yang mematikan, terdapat tanda awal kanker hati yang semestinya kita pahami agar demi mendukung diagnosis di tahap awal. Berdasarkan 4 stadium kanker hati, kanker hati stadium 4 lah yang paling parah kondisinya. Ciri-ciri kanker hati stadium akhir membuat kondisi fisik penderitanya sangat menurun, sehingga akibat kanker hati yang paling parah seringkali berujung pada kematian. Gejala kanker hati stadium 4 muncul disebabkan oleh beberapa faktor seperti berikut ini.

Sponsors Link

1. Infeksi Virus

Virus yang sering menyebabkan terjadinya kanker hati adalah virus Hepatitis B dan Hepatitis C. Jika sebelumnya penderita memang sudah memiliki gangguang fungsi hati, adanya infeksi oleh virus tersebut akan memperburuk keadaan dan menyebabkan kanker hati stadium 4. Hal ini menandakan penyakit kanker sudah sangat parah dan diperlukan tindakan sesegera mungkin untuk menekan dampak yang lebih buruk.

2. Sirosis Hati

Sirosis hati merupakan kerusakan organ hati atau gangguan fungsi hati akibat terbentuknya jaringan parut pada hati. Jaringan parut tersebut dapat berkembang menjadi kanker hati yang ganas, dimana sel kanker akan terus berkembang sehingga kerusakan hati akan semakin parah.

3. Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol memang tidak baik untuk kesehatan. Selain mengganggu fungsi jantung dan ginjal, alkohol juga dapat menyebabkan kerusakan sel hati hingga kanker hati. Hal ini dikarenakan senyawa berbahaya dalam alkohol akan menumpuk dan menjadi racun dalam tubuh terutama hati yang memang fungsinya untuk membantu menetralisir racun.

4. Kebiasaan Merokok

Merokok tidak hanya dapat merugikan diri sendiri namun juga membahayakan nyawa orang lain yang ikut terpapar asap rokok tersebut. Salah satu dampak mengerikan dari asap rokok adalah munculnya kanker hati yang semakin lama semakin ganas dan membahayakan nyawa. Karena itu sedini mungkin hilangkan kebiasaan merokok demi kesehatan diri sendiri dan anggota keluarga yang dicintai.

5. Pola Hidup Tidak Sehat

Zaman yang serba sibuk ini menuntuk banyak orang untuk terus tenggelam dalam kesibukan pekerjaannya, hingga menyita hampir seluruh waktunya setiap hari. Karena itu orang yang sibuk bekerja kurang memperhatikan kesehatannya, malas untuk melakukan pemeriksaan kesehatan dan tidak mengkonsumsi makanan yang bergizi. Hal ini membuat hati harus bekerja keras hingga akhirnya mengalami kerusakan dan meningkatkan resiko terkena kanker hati.

6. Makanan Junkfood

Berbagai makanan junkfood dan cepat saji memang sangat mudah kita temukan sekarang ini. Karena itu banyak orang yang memlih mengkonsumsinya terlebih karena mudah ditemui dan harganya terjangkau. Padahal berbagai bahan kimia tambahan yang dimasukkan ke dalamnya dapat menjadi racun di dalam tubuh, salah satunya menyebabkan kanker hati.

7. Kurang Berolahraga

Tubuh membutuhkan olahraga untuk tetap bugar dan beraktivitas dengan lancar. Olahraga juga membantu menguatkan fungsi hati dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh lewat keluarnya keringat. Jika kita malas untuk berolahraga maka resiko kanker hati akan semakin tinggi. Kondisi ini umumnya ditemui pada pekerja kantor dimana mereka bekerja dalam ruangan dan duduk seharian di depan komputer.

8. Obesitas

Apapun alasannya, obesitas atau kegemukan tetap menjadi sebuah masalah bagi kesehatan tubuh. Berlebihnya kadar lemak dalam tubuh dapat menekan hati dan dapat menyebabkan perlemakan hati non alkoholik. Artinya berlebihnya lemak jahat dalam tubuh dapat menyebabkan kanker hati.

Sponsors Link

9. Minuman Bersoda

Kebiasaan mengkonsumsi minuman bersoda memang seakan mendapat kenikmatan dan kesegaran. Namun di balik itu, tersimpan banyak bahaya dan bibit penyakit yang mengintai salah satunya kanker hati stadium 4. Minuman bersoda mengandung banyak gula, pewarna, pemanis buatan dan bahan kimia lainnya yang dapat memicu kanker dan membuat penyakit kanker semakin parah.

10. Penggunaan Obat Kuat

Penggunaan obat kuat seperti steroid anabolic dapat menyebabkan penurunan fungsi hati. Kondisi ini umumnya dialami oleh para atlet yang mengikuti pertandingan agar staminanya dapat terus bertahan melewati berbagai pertandingan. Dampak obat ini cukup serius karena dapat merusak hati dan menyebabkan kanker hati, apalagi jika digunakan secara berlebihan.

11. Makanan dengan Kandungan Pestisida

Bukan hal yang aneh jika sistem pertanian sekarang ini menggunakan pestisida untuk melindungi hasil pertaniannya dari serangan hama. Dampak buruk dari penggunaan pestisida tersebut tentu saja dapat mencemari sayut dan buah yang akan kita konsumsi sehingga dapat berakibat buruk terhadap fungsi hati. Bahkan makanan hasil rekayasa genetik juga dapat memberi dampak yang sama sehingga perlu dihindari terutama oleh penderita kanker hati.

Itulah penyebab kanker hati stadium 4 yang sering terjadi dan sangat penting untuk kita hindari. Sebaiknya lakukan pola hidup sehat dan mengkonsumsi makanan yang bergizi agar kesehatan tubuh selalu terjaga. Bila perlu lakukan cara mencegah kanker hati setiap hari agar terhindar dari penyakit mematikan tersebut.

, , ,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Papsmear adalah salah satu tindakan medis yang ampuh mencegah kanker serviks. Yuk Ketahui Prosedur, cara, dan manfaatnya.