5 Cara Pengobatan Kanker Hati Stadium 4 – Medis dan Alami

Kanker yang menyerang bagian lobus hati atau sering disebut kanker hati memang tergolong dalam penyakit yang mematikan. Seperti kanker pada umumnya, kanker hati juga akan sulit disembuhkan jika baru diketahui pada stadium lanjut. pada artikel sebelumnya telah diuraikan dua jenis kanker hati yang dikenal oleh medis. Pertama adalah Hepatocellular atau kanker hati primer yang digunakan untuk menyebut penyakit kanker hati yang memang berasal dari sel utama hati (Hepatocytes). Kedua adalah kanker hati sekunder yang menjadi dominan dalam kasus penyakit ini. Kanker hati sekunder adalah kanker hati yang mulanya berasal dari sel kanker yang menyerang organ tubuh lainnya hingga sampai ke hati. (baca juga: Gejala Kanker BibirMetode Pengobatan Kanker Tulang)

Sponsors Link

Seperti yang diketahui bersama bahwa penyakit kanker umumnya terdiri dari 4 stadium yang berlanjut menurut tingkat penyeranbgan sel kanker ke organ tubuh, demikian juga dengan kanker hati. Kanker hati dikategorikan menjadi 4 stadium berdasarkan pada beberapa faktor diantaranya:

  • Ukuran sel kanker
  • Tingkat ganas sel kanker
  • Letak sel kanker
  • Penanganan sel kanker

Berikut ini adalah empat tahap stadium penyakit kanker hati berdasarkan keempat faktor yang telah disebutkan diatas.

  • Stadium I, sel kanker muncul di satu titik saja dan berukuran kecil sehingga memudahkan untuk dilakukan pembedahan.
  • Stadium II, sel kanker sudah menyebar lebih dari dua lokasi namun masih bersifat lokal dan dimungkinkan pembedahan.
  • Stadium III, sel kanker muncul pada bagian lobus hati dan berukuran sudah lebih besar dari sebelumnya.
  • Stadium IV, kanker sudah menyebar ke dalam dua lobus hati dan bahkan bisa ke bagian organ disekitarnya.

Kondisi fisik penderita kanker hati yang sudah berada pada stadium lanjut atau bahkan akhir akan sangat berpengaruh pada kondisi mentalnya. Banyak dari penderita mengalami tekanan mental, serta merasa minder dengan kondisi yang dialami sehingga memerlukan lebih banyak perhatian dan pemakluman dari banyak pihak. Pengobatan pada penyakit kanker hati secar umum sama dengan kanker lainnya, hanya saja pada stadium 4 kanker hati penderita lebih disarankan untuk menguatkan mental psikisnya saat menjalani berbagai tindakan medis yang dapat berpengaruh signifikan pada kondisi fisiknya. Beberapa tipe pengobatan penyakit kanker hati antara lain adalah sebagai berikut. (baca juga: Manfaat Tomat untuk KankerGejala Kanker Nasofaring pada Anak)

1. Kemoterapi

Pada beberapa kasus kanker, metode ini paling banyak disarankan oleh ahli medis sebagai lanmgkah awal untuk mengobati penyakit kanker yang sudah menyebar di dalam tubuh. Kemoterapi adalah suatu bentuk terapi umum dengan cara memberikan obat-obatan khusus yang telah dikombinasikan sesuai dengan kandungan aktifnya untuk mengobati sel kanker. Biasanya penggunaan obat ini dapat mengandung beberapa efek samping bagi penderitanya seperti mual, muntah, atau alergi tertentu. Penggunaan obat ini dapat diberikan melalui oral, infus, maupun injeksi.

Artikel Terkait :

Sponsors Link

2. Targeted Therapy

Metode pengobatan kanker berikutnya adalah targeted therapy yaitu suatu metode yang menggunakan kandungan bahan aktif spesifik. Beberapa kasus kanker hati lebih memilih metode targeted therapy sebab obat yang digunakan lebih cepat mampu menekan pertumbuhan sel kanker meskipun dengan efek yang juga lebih keras. Jenis obat yang biasa digunakan pada metode ini seperti Sorafenib. Kandungan obat tersebut diyakini lebih baik daripada pengobatan kemoterapi. Selain itu, penggunaan Sorafenib juga dipercaya menghasilkan perubahan yang lebih baik meskipun diperoleh dengan biaya yang lebih mahal. Obat ini masih memerlukan riset lebih lanjut guna menguji kandungan efektifnya sehingga terkadang dokter lebih menyarankan pengobatan kemoterapi bagi pasien. (baca juga: Manfaat Vitamin C Untuk KankerPerbedaan Kanker Tiroid dan Gondok)

3. Radioterapi

Radioterapi juga tergolong familiar dikalangan pengobatan kanker. Metode pengobatan kanker jenis ini menggunakan sinar X yang menjadi bahan utama penghancur sel kanker. Secara singkat metode radioterapi memang memanfaatkan sinar X-Ray yang memiliki energi sangat tinggi untuk menghancurkan sel kanker di dalam tubuh. Pemanfaatan sinar X-Ray tersebut dapat dilakukan dengan dua cara. Internal, yaitu dengan menggunakan antibody label atau eksternal dengan menggunakan penyinaran akselerator. Efek samping yang diterima pasien juga cukup signifikan diantaranya adalah mual, kerontokan rambut, dan berat badan menurun.

4. Pembedahan

Pembedahan pada penyakit kanker sebenarnya hanya dapat dilakukan pada tahap awal atau stadium awal. Hal ini dimungkinkan karena sel kanker pada tahapan tersebut masih tergolong kecil dan lokal pada bagian hati.

Baca juga : Gejala Kanker Serviks Stadium 1Kemoterapi Kanker Otak

5. Alternatif Herbal

Sudah menjadi rahasia umum bahwa tanaman herbal atau jenis tanaman obat dapat digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit mematikan. Tidak ada salahnya bila pengobatan herbal digunakan untuk mengobati pasien kanker yang sudah mencapai stadium 4. Hal ini dikarenakan beberapa tindakan medis yang sudah dilakukan sebelumnya tinggal menunggu hasil selanjutnya saja. Disarankan selama menanti hasil yang baik, pasien mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan, serta rajin mengonsumsi ramuan dari tanaman herbal untuk emnunjang berhasilnya pengobatan. Beberapa jenis tanaman yang diyakini baik untuk kanker diantaranya adalah, daun sirsak, daun dewa, daun kelor, sambiloto serta berbagaiu jenis tanaman lain yang tidak kalah ampuh digunakan sebagai obat kanker.

Sponsors Link

Baca juga :

Stadium 4 merupakan tahapan akhir dari penyakit kanker. Upaya penyembuhan pada taraf ini juga hanya memerlukan waktu serta mengandalkan kesiapan mental saja bagi pasien serta keluarga. Pengobatan yang terus menerus dilakukan tidak ada salahnya sebagai usaha manusia untuk mendapatkan kesembuhan. Akan tetapi akan lebih baik jika saat kita sehat lebih intens melakukan berbagai cara mencegah kanker sejak dini. Hal yang perlu dilakukan sebagai upaya pencegahan kanker hati diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Tidak mengonsumsi alkohol
  • Hindari makanan berpengawet
  • Hindari lemak hewani
  • Vaksinasi Hepatitis
  • Melakukan screening (jika berisiko lebih tinggi)

Artikel terkait : Biopsi Kanker NasofaringGejala Kanker Mulut

Demikian artikel informatif mengenai pengobatan kanker hati stadium 4, semoga bermanfaat!

, ,
Post Date: Wednesday 01st, March 2017 / 05:23 Oleh :
Kategori : Kanker Hati