Kanker Hati Stadium 4 Bisakah Sembuh? Penjelasan dan Informasi Pengobatan

Kanker dikatakan berada di tahap 4 atau stadium 4 ketika telah menyebar jauh dari asal ke organ tubuh lainnya, perkembangan ini juga dikenal sebagai metastasis dan kecuali metastasis tunggal yang berarti hanya menyebar ke satu lokasi spesifik dan masih dapat diakses, biasanya berarti bahwa kanker tidak akan dapat disembuhkan lagi dengan terapi lokal seperti operasi atau radioterapi. Pasien pengobatan kanker stadium 4 di Rumah sakit telah mengalami 3 kali lebih banyak hasil efektif daripada pasien yang hanya diobati dengan perawatan medis konvensional seperti cara menyembuhkan kanker hati tanpa operasi. Dan ini juga menjawab pertanyaan apakah kanker hati stadium 4 bisakah sembuh tersebut.

Sponsors Link

Tinjauan pengobatan

Dalam perawatan kanker, berbagai jenis dokter sering bekerja sama untuk membuat rencana perawatan keseluruhan pasien yang menggabungkan berbagai jenis perawatan. Ini disebut tim multidisiplin seperti ciri-ciri kanker hati stadium akhir. Tim perawatan kanker mencakup berbagai profesional perawatan kesehatan lainnya, seperti asisten dokter, perawat onkologi, pekerja sosial, apoteker, konselor, ahli diet, dan lain-lain. Pilihan perawatan dan rekomendasi tergantung pada beberapa faktor:

  • Berapa banyak organ yang dipengaruhi oleh kanker
  • Apakah kanker telah menyebar
  • Preferensi pasien dan kesehatan secara keseluruhan
  • Kerusakan pada area bebas kanker yang tersisa

Ketika tumor ditemukan pada tahap awal dan hati pasien bekerja dengan baik, pengobatan ditujukan untuk menghilangkan kanker. Rencana perawatan mungkin juga termasuk perawatan untuk gejala dan efek samping, bagian penting dari perawatan kanker. Ketika kanker hati ditemukan pada tahap selanjutnya, atau hati pasien tidak berfungsi dengan baik, pasien dan dokter harus berbicara tentang tujuan dari setiap rekomendasi pengobatan. Pada titik ini, tujuan pengobatan mungkin fokus pada memperlambat pertumbuhan kanker dan menghilangkan gejala untuk meningkatkan kualitas hidup.

Berbagai pilihan pengobatan yang diarahkan penyakit dapat dikelompokkan berdasarkan apakah mereka dapat menyembuhkan kanker atau akan meningkatkan kelangsungan hidup tetapi kemungkinan besar tidak akan menghilangkan kanker. Perawatan yang diarahkan penyakit untuk menghilangkan dan berpotensi menyembuhkan.
Perawatan ini umumnya direkomendasikan ketika tumor telah ditemukan pada tahap awal. Mereka mungkin tidak direkomendasikan untuk mengobati pasien dengan stadium penyakit lanjut. Perawatan ini adalah operasi, ablasi frekuensi radio, injeksi etanol perkutan, dan terapi radiasi.

Operasi

Pembedahan adalah pengangkatan tumor dan beberapa jaringan sehat di sekitarnya selama operasi. Ini mungkin merupakan pengobatan yang paling berhasil penyakit, terutama untuk pasien dengan fungsi hati yang baik dan tumor yang dapat dengan aman dikeluarkan dari bagian hati yang terbatas. Pembedahan mungkin bukan pilihan jika tumor mengambil terlalu banyak dari hati, hati terlalu rusak, tumor telah menyebar di luar hati, atau pasien memiliki penyakit serius lainnya.

Ahli onkologi bedah adalah dokter yang mengkhususkan diri dalam mengobati kanker menggunakan operasi. Seorang ahli bedah hepatobiliary juga memiliki pelatihan khusus dalam operasi pada hati dan pankreas. Terkadang, ahli bedah transplantasi hati terlibat dalam operasi ini. Sebelum operasi, bicarakan dengan tim perawatan kesehatan Anda tentang kemungkinan efek samping dari operasi spesifik yang akan Anda miliki.operasi kanker .

Dua jenis operasi digunakan untuk mengobati:

Hepatektomi

Ketika sebagian dari hati dihilangkan, pembedahan disebut hepatektomi. Hepatektomi dapat dilakukan hanya jika kanker ada di 1 bagian hati dan hati berfungsi dengan baik. Bagian sisa hati mengambil alih fungsi seluruh hati. Hati dapat tumbuh kembali ke ukuran normal dalam beberapa minggu. Hepatektomi mungkin tidak dapat dilakukan jika pasien mengalami sirosis lanjut, meskipun tumornya kecil.

Efek samping dari hepatectomy mungkin termasuk rasa sakit, kelemahan, kelelahan, dan kegagalan hati sementara. Tim perawatan kesehatan akan memperhatikan tanda-tanda perdarahan, infeksi, gagal hati, atau masalah lain yang membutuhkan perawatan segera seperti penyebab kanker hati stadium 4.

Transplantasi hati

Terkadang, transplantasi hati bisa dilakukan. Prosedur ini hanya mungkin ketika kanker belum menyebar di luar hati, donor yang cocok ditemukan, dan kriteria yang sangat spesifik terpenuhi dalam hal ukuran dan jumlah tumor. Kriteria ini biasanya adalah tumor tunggal yaitu 5 cm atau lebih kecil atau 3 atau lebih sedikit tumor, yang semuanya lebih kecil dari 3 cm. Penting untuk memahami bahwa jumlah hati donor yang tersedia sangat terbatas, sehingga transplantasi tidak selalu menjadi pilihan.

Setelah transplantasi, pasien akan diawasi dengan ketat untuk tanda-tanda bahwa tubuh mungkin menolak hati yang baru atau bahwa tumor telah kembali. Pasien harus minum obat untuk mencegah penolakan. Obat-obatan ini dapat menimbulkan efek samping, seperti bengkak di wajah, tekanan darah tinggi, atau peningkatan rambut tubuh. Transplantasi hati memiliki risiko komplikasi serius yang serius, termasuk kematian akibat infeksi atau penolakan hati donor.

Radiofrequency ablation (RFA)

Terapi RFA dan microwave keduanya menggunakan panas untuk menghancurkan sel kanker. Mereka mungkin diberikan melalui kulit, melalui laparoskopi, atau selama operasi bedah ketika seorang pasien dibius. Sedasi adalah memberikan obat untuk menjadi lebih rileks, tenang, atau mengantuk. Perawatan ini disebut juga ablasi termal.

Sponsors Link

Injeksi etanol perkutan

Injeksi etanol perkutan adalah ketika alkohol disuntikkan langsung ke tumor hati untuk menghancurkannya. Efek samping termasuk demam dan nyeri setelah prosedur. Secara umum, prosedurnya sederhana, aman, dan sangat efektif untuk tumor yang lebih kecil dari 3 cm. Namun, jika alkohol keluar dari hati, seseorang mungkin mengalami sakit yang singkat tetapi parah. Opsi ini jarang digunakan dan telah banyak digantikan oleh RFA.

Terapi radiasi
Terapi radiasi adalah penggunaan sinar-X berenergi tinggi atau partikel lain untuk menghancurkan sel-sel kanker. Seorang dokter yang berspesialisasi dalam memberikan terapi radiasi untuk mengobati kanker disebut ahli onkologi radiasi. Terapi radiasi tubuh stereotaktik (SBRT). SBRT adalah istilah yang menjelaskan beberapa metode pemberian dosis tinggi radiasi ke tumor sementara membatasi jumlah radiasi yang terkena jaringan sehat. Ini penting karena jaringan hati yang sehat bisa rusak oleh radiasi. SBRT secara efektif memperlakukan tumor yang berukuran sekitar 5 cm atau lebih kecil.

Efek samping mungkin termasuk kerusakan pada lambung dan paru-paru. Namun, efek samping ini sering dapat dicegah. Bicarakan dengan tim perawatan kesehatan Anda tentang menghindari dan mengelola kemungkinan efek samping. Pelajari lebih lanjut tentang dasar-dasar terapi radiasi.

 

, ,
Oleh :
Kategori : Kanker Hati

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Info Dokter

Apa kanker paling bahaya ? Mengapa ? Yuks simak penjelasan dokter spesialis Kulit dan Kelamin dari RSPAD Gatot Soebroto, jangan lupa subscribe untuk penjelasan dokter lainnya.