9 Gejala Kanker Hati Pada Anak

Hati merupakan salah satu organ tubuh yang paling penting bagi manusia. Fungsi organ ini secara umum adalah tempat untuk penyaringan dan penyimpanan darah yang ada dalam tubuh. Salah satu penyakit yang dapat menyerang hati adalah kanker hati. Kanker hati merupakan suatu penyakit yang berasal dari hati itu sendiri, dan bukan merupakan keganasan dari organ lain yang menyebar ke hati. Penyakit ini biasanya ditandai dengan adanya pembesaran hati. (Baca juga: Gejala Kanker Hati Sesuai dengan Jenisnya ).

Sponsors Link

Kanker hati dapat menyerang siapapun, baik itu anak – anak maupun orang dewasa. Akan tetapi, penyakit ini biasanya menyerang anak – anak dari usia bayi hingga pada usia 3 tahun. Jika tidak ditangani dengan cepat dan segera, kanker ini dapat menyerang pada organ tubuh lainnya. Penyebab utama dari penyakit ini secara spesifik belum diketahui. Secara umum, penyakit kanker disebabkan oleh faktor genetik yang ditularkan oleh salah satu anggota dalam suatu keluarga. (Baca juga: Cara Mencegah Kanker Hati , Gejala Awal Penderita Kanker Hati ).

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, jika penyakit ini tidak ditangani dengan segera akan sangat berbahaya, terutama bagi anak – anak yang sedang mengalami masa pertumbuhan. Kita perlu mengetahui berbagai gejala yang mungkin dialami oleh anak yang di diagnosa mengidap penyakit kanker hati. Setiap anak – anak bisa saja mengalami gejala yang berbeda – beda. Berikut ini merupakan pemaparan secara umum mengenai gejala kanker hati pada anak :  (Baca juga: Ciri-Ciri Kanker Hati yang Sangat Mematikan , Gejala Kanker Hati )

  1. Perut terlihat bengkak
    Salah satu tanda yang umum terjadi pada anak yang terkena penyakit kanker hati adalah adanya pembengkakan pada perut. Hal ini disebabkan karena ketika kanker hati muncul maka akan terjadi pembesaran pada hati, sehingga perut terlihat membesar. (Baca Juga: Ciri Ciri Kanker Kelenjar Getah Bening Sesuai Jenisnya)
  2. Berat badan dan nafsu makan menurun
    Anak yang mengidap penyakit kanker hati akan mengalami penurunan berat badan karena nafsu makannya pun berkurang. Hal ini disebabkan oleh tubuh yang sulit menerima nutrisi dari makanan yang dikonsumsinya, sehingga anak tidak memiliki nafsu makan. (Baca Juga: Ciri Ciri Kanker Mulut Wajib Diketahui , Gejala dan Ciri Ciri Kanker Otak)
  3. Anak laki – laki mengalami pubertas dini
    Masa pubertas merupakan hal yang wajar terjadi pada siapapun, termasuk anak – anak. Tetapi lain halnya jika pubertas tersebut terjadi sebelum waktunya atau pubertas dini, terutama pada anak laki – laki. Perlu diwaspadai bahwa anak tersebut mengidap penyakit kanker hati. (Baca Juga: Cara Mencegah Kanker Payudara Sejak Dini)
  4. Perut sering sakit
    Akibat dari adanya pembengkakan pada perut seperti yang telah dijelaskan pada poin sebelumnya yaitu perut akan sering terasa sakit. Waspadai dan segera lakukan pemeriksaan oleh dokter ahli untuk dilakukan diagnosa penyakit kanker hati pada anak tersebut.
    Sponsors Link

  5. Sering merasa mual dan muntah
    Anak yang terkena penyakit kanker hati akan sering merasa mual dan muntah. Terkadang orangtua menganggap sepele gejala ini. Ketika orangtua melihat anak mereka sering merasa mual dan muntah, sangat dianjurkan untuk memeriksakan anak tersebut pada dokter ahli. Karena bisa saja mual dan muntah tersebut merupakan gejala penyakit kanker hati. (Baca Juga: Gejala Kanker Lambung , Ciri Ciri Kanker Lambung)
  6. Mata dan kulit akan terlihat berwarna kuning
    Tanda yang umumnya terjadi karena mengidap penyakit kanker hati adalah mata dan kulit terlihat berwarna kuning. Apabila gejala ini sudah muncul dan sangat jelas terlihat, sebaiknya segera lakukan penanganan dan pengobatan sebagai upaya untuk mencegah dan menyembuhkan penyakit kanker hati pada anak.
  7. Sering mengalami demam
    Anak yang terkena penyakit kanker hati biasanya akan mengalami demam. Demam yang terjadi berbeda dengan demam pada umumnya. Ketika mengidap penyakit kanker hati, demam akan berlangsung cukup lama. Hal ini disebabkan oleh daya tahan tubuh yang semakin melemah karena kanker hati sudah mulai menyerang. (Baca Juga: Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening)
  8. Kulit terasa gatal
    Bagi anak yang menderita penyakit kanker hati, kulit mereka akan terasa gatal. Rasa gatal yang timbul tidak diketahui secara jelas penyebabnya. Rasa gatal ini biasanya timbul cukup lama. (Baca Juga: Gejala Kanker Kulit , Ciri-ciri Kanker Kulit)
  9. Pembuluh darah di perut membesar dan terlihat melalui kulit
    Dampak lain dari adanya pembesaran hati karena kanker hati yaitu pembuluh darah yang berada di perut ikut membesar. Sehingga pembuluh darah tersebut terlihat dari kulit perut anak yang terkena penyakit kanker hati.

Jika gejala – gejala mengenai kanker hati tersebut sudah terjadi pada anak, maka langkah yang harus dilakukan adalah pengobatan. Pengobatan yang dilakukan dapat berupa pengobatan secara medis oleh dokter atau dengan pengobatan secara herbal yang memanfaatkan bahan – bahan alami untuk pengobatan. Setiap stadium dari kanker hati memiliki penanganan atau pengobatan yang berbeda – beda. Secara umum, pengobatan yang dapat dilakukan untuk menangani penyakit kanker hati pada anak, yaitu sebagai berikut. (Baca juga: Jenis Pengobatan Kanker Hati , Manfaat Temulawak Untuk Kanker Hati).

Sponsors Link

  • Operasi atau pembedahan merupakan salah satu metode pengobatan yang paling umum digunakan dalam pengobatan penyakit kanker. Pada penyakit kanker hati, operasi yang dilakukan bertujuan untuk mengangkat organ hati yang memang terkena kanker. Upaya ini dilakukan agar kanker tidak cepat menyebar ke organ tubuh lainnya. Pengobatan ini paling tepat dilakukan pada saat kanker hati masih berada di stadium awal, karena dapat mencegah penyakit kanker semakin parah. (Baca Juga: Tahapan Operasi Kanker Otak , Operasi Kanker Serviks)
  • Transplantasi hati. Transplantasi merupakan upaya yang dilakukan dengan cara mengganti organ yang terkena penyakit dengan organ yang baru. Dengan demikian, transplantasi hati merupakan penggantian organ hati yang terkena kanker dengan organ hati yang baru. Hal yang paling penting untuk diperhatikan ketika memilih pengobatan ini adalah kita harus menemukan organ hati yang benar – benar cocok dengan golongan darah pasien dan tentunya dalam kondisi yang baik. Sehingga penggantian organ ini dapat dikatakan berhasil dan penyakit kanker hati dapat disembuhkan. (Baca Juga: Pengobatan Kanker Darah Secara Medis)
  • Pengangkatan kanker dengan frekuensi radio. Pengobatan jenis ini dilakukan dengan cara penggunaan panas untuk membunuh sel – sel penyebab kanker. Tujuan dari pengobatan ini adalah untuk memusnahkan sel kanker sehingga tidak menyebar atau bahkan tidak muncul kembali pada tubuh. (Baca Juga: Bahaya Radiasi HP Menyebabkan Kanker Otak , Gejala Awal Kanker Mata)
  • Kemoterapi. Metode pengobatan ini sangat sering dilakukan untuk menangani penyakit kanker, salah satunya adalah kanker hati. Sebaiknya, kemoterapi dilakukan pada anak yang mengidap penyakit kanker hati stadium 2 dan 3. Kemoterapi dalam kanker hati ini tidak menyembuhkan, hanya untuk meredakan rasa nyeri dan memperpanjang usia harapan hidup. Metode pengobatan ini dilakukan sebagai upaya untuk mencegah agar sel kanker tidak menyebar ke organ tubuh lainnya. (Baca Juga: Efek Kemoterapi Kanker Kelenjar Getah Bening)
  • Suntikan alkohol. Metode ini digunakan untuk membuat sel kanker mengalami dehidrasi dan aliran darah ke tumor menjadi terhenti. Suntikan hanya bisa dilakukan apabila penyakit kanker hati masih berada pada stadium awal. (Baca Juga: Penyebab Kanker Mulut Paling Utama)

Itulah pemaparan mengenai gejala dari kanker hati pada anak berikut dengan cara pengobatan yang dapat dilakukan untuk menangani penyakit tersebut. Sebelum memilih cara pengobatan, lebih baik lakukan konsultasi terlebih dahulu pada dokter ahli. Hal ini untuk meminimalisir terjadinya kesalahan dalam penanganan penyakit kanker hati. Semoga bermanfaat. (Baca juga: Langkah Pencegahan Kanker Hati)

, , , , ,
Post Date: Monday 10th, October 2016 / 04:40 Oleh :
Kategori : Kanker Hati