Begini 5 Cara Penularan Kanker Hati yang Mematikan Secara Perlahan !

Kanker hati merupakan salah satu jenis penyakit kanker yang juga dapat mematikan atau memiliki tingkat bahaya yang tinggi bagi keselamatan nyawa para penderitanya. Dimana penyebab dari kanker hati sendiri dapat disebabkan oleh kebiasaan merokok atau meminum minuman beralkohol, hingga juga terinfeksi virus. Infeksi virus yang dimaksud disini biasanya dikaitkan dengan adanya infeksi virus Hepatitis B dan C.

Sponsors Link

Terlebih lagi organ hati sendiri sebenarnya memiliki fungsi yang penting didalam tubuh, yaitu dalam sistem metabolisme tubuh, pembuangan racun, hingga berfungsi dalam pembentukan sel darah merah. Oleh sebab itu, menjadi suatu hal yang wajar ketika banyak pertanyaan muncul mengenai apakah kanker hati menular dan bagaimana cara penularan dari kanker hati itu sendiri. Dalam kesempatan kali ini akan dibahas mengenai cara penularan kanker hati yang paling umum, apa saja cara tersebut? mari simak ulasan berikut.

Penularan Kanker Hati

Memang tidak banyak jenis penyakit kanker yang menular, namun bagi kanker hati sendiri hal tersebut berkemungkinan. Hal ini disebabkan karena adanya infeksi virus Hepatitis B dan C pada penyebab kanker hati. Jadi dapat disimpulkan bahwa yang ditularkan oleh penderita kanker hati bukanlah sel kanker yang menyerang didalam tubuhnya, namun virus penyebab kanker hati lah yang dapat menular, dalam hal ini adalah virus Hepatitis B dan C.

Virus Hepatitis B dan C sendiri menginfeksi organ hati sehingga menyebabkan kerusakan pada sel hati yang kemudian mengalami mutasi genetik dan berubah menjadi suatu sel kanker. Sel yang bermutasi dan menjadi sel kanker tersebut kemudian tumbuh dan berkembang serta menyebar ke seluruh organ hati hingga ke organ lainnya. Kondisi tersebut dapat menyebabkan fungsi hati terganggu dan menurun, sehingga metabolisme tubuh juga terganggu.

Sama dengan jenis kanker yang lainnya, tanda awal kanker hati juga sulit untuk diketahui bahkan tidak menunjukkan tanda-tanda pada masa awal. Setelah sel berkembang dan menyebar baru biasanya akan menimbulkan beberapa gejala kanker hati seperti rasa sakit pada ulu hati yang sering dirasakan, perut menjadi membengkak, munculnya warna kuning pada kulit, dan lain sebagainya. Lantas bagaimana cara penularan dari kanker hati, terutama penularan virus Hepatitis B dan C penyebab kanker hati tersebut? berikut beberapa cara diantaranya:

  1. Kontak Langsung

Cara yang pertama adalah melalui kontak langsung dengan penderita kanker hati yang disebabkan oleh virus Hepatitis B dan C. Dimana virus akan menular melalui kontak langsung dengan air liur, cairan mani, dan juga cairan vagina dari penderita kanker hati pada individu lain yang melakukan kontak langsung tersebut.

  1. Hubungan Seksual

Berhubungan seksual biasanya lebih dikaitkan dengan cara penularan kanker serviks yang disebabkan oleh virus HPV. Namun ternyata berhubungan seksual dengan penderita kanker hati atau penderita Hepatitis juga meningkatkan kemungkinan penularan virus Hepatitis B dan C sebagai penyebab kanker hati.

  1. Jarum Suntik

Cara selanjutnya adalah dengan melalui penggunaan jarum suntuk yang sama atau secara bergantian dengan penderita Hepatitis. Virus Hepatitis akan tersalurkan melalui jarum suntik yang digunakan secara bergantian tersebut, terutama melalui darah. Itulah mengapa jarum suntik biasanya hanya akan digunakan pada sekali pemakaian saja, karena dengan penggunaan jarum suntik yang sama akan meningkatkan berbagai macam penularan penyakit, termasuk virus Hepatitis yang dapat menyebabkan penyakit kanker hati.

Sponsors Link

  1. Transfusi Darah

Darah sebagai pembawa virus Hepatitis penyebab kanker hati juga tidak hanya dapat melalui penggunaan jarum suntik secara bergantian saja. Namun dapat pula melalui transfusi darah, dimana pendonor darah memiliki riwayat atau mengalami penyakit Hepatitis. Maka, penerima darah tersebut juga akan tertular oleh penyakit Hepatitis dimana virus Hepatitis terdapat didalamnya. kondisi tersebut akan lebih meningkatkan risiko penyakit kanker hati berkembang didalam tubuh penerima donor darah tersebut.

  1. Keturunan

Cara yang terakhir adalah melalui keturunan genetik, artinya bahwa cara ini biasanya akan melalui cairan tubuh dari ibu yang menderita Hepatitis pada janinnya melalui plasenta. Sehingga saat janinnya lahir pun akan berkemungkinan besar terkena virus Hepatitis dan juga berkemungkinan besar untuk terkena penyakit kanker hati.

Itulah dia beberapa cara penularan dari penyakit kanker hati sendiri, dimana dapat disimpulkan bahwa cara penularan kanker hati lebih disebabkan karena adanya kontak secara langsung dari penderita Hepatitis dengan individu yang tertular. Virus Hepatitis C sendiri diketahui lebih berbahaya dibandingkan dengan Hepatitis B, dimana vaksin untuk virus Hepatitis C juga belum ditemukan.

Oleh sebab itu, jika anda tidak ingin mengalami kanker hati anda wajib menghindari penyebabnya maupun menghindari beberapa cara penularan diatas dengan penderita Hepatitis. Demikian penjelasan mengenai beberapa cara penularan dari penyakit kanker hati yang lebih disebabkan karena infeksi dari virus Hepatitis B dan C, semoga informasi diatas dapat bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Kanker Hati

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.