10 Cara Mencegah Kanker Hati Menurut Saran Dokter

Cara mencegah kanker hati merupakan informasi selanjutnya mengenai penyakit mematikan untuk manusia yang akan disampaikan selanjutnya. Terkait penyakit kanker hati, terhadap kebutuhan para pembaca sekalian untuk mengetahui berbagai informasi yang terkait dengan penyakit ini. Kanker Hati merupakan salah satu penyakit yang menyerang tubuh manusia dan dapat menyebabkan  kematian, khususnya di bagian dalam saluran hati. Keberadaaan kanker hati  muncul karena perkembangan sel-sel kanker pada organ hati seseorang yang tidak dapat berfungsi.  Kanker hati juga dapat disebabkan adanya tumor dalam hati yang berasal dari organ hati. Jika dibandingkan dengan kanker hati sekunder, kanker hati primer terjadi akibat tumbuhnya hepatoma pada sel utama hati.

Sponsors Link

Secara pasti penyebab dari kanker hati belum dapat diketahui . Akan tetapi, untuk menghindari kanker hati ada banyak cara untuk dilakukan agar kanker hati tidak tumbuh dalam organ hati. Pertumbuhan kanker dapet disembuhkan dengan gaya hidup sehat dan disiplin dalam menjaga kesehatan dengan mengatur makanan yang untuk pencernaan saluran organ tubuh yang terdapat di usus. Hal yang selanjutnya dengan mengatasi penyakit kanker hati dengan meliputi beberapa langkah langkah pencegahan kanker hati berikut ini.

Artikel Terkait:

10 Cara Mencegah Kanker Hati yang Dilakukan Melalui Saran Dokter:

  1. Menghindari Minuman Beralkohol

Menghindari kanker hati dilakukan dengan tidak minum alkohol. Cara mencegah kanker hati ini wajib dilakukan, yaitu dengan tidak mengkonsumsi minuman beralkohol. Seseorang yang minum beralkohol dari tahun ketahun akan memiliki resiko kanker hati sangat besar. Hal ini karena alkohol dapat menyebabkan sirosis atau pengerasan hati. Kandungan alkohol juga sangat berbahaya untuk kanker hati karena mengandung asetaldehid yang mampu merusak DNA pada sel sel tubuh dan mempercepat pertumbuhan sel pada hati melebihi batas normal. Selanjutnya, sel sel baru yang muncul tersebut akan mengalami  pemindahan pada gen sehingga menjadi kanker. Itulah sebabnya mengapa alkohol adalah salah satu penyebab kanker yaitu penyakit paling mematikan di seluruh dunia.

  1. Mengkonsumsi Makanan Sehat dan Olahraga Secara Rutin

Mengkonsumsi makanan sehat perlu dilakukan dalam mencegah kanker hati agar pencernaan saluran organ tubuh seperti lambung, usus dapat menetralisir supaya makanan yang dimakan oleh manusia dapat bermanfaat dan berguna secara teratur. Jika terus menerus mengkonsumsi makanan yang khususnya tidak berlemak dan makanan yang sehat seperti  4 sehat dan 5 sempurna, maka sudah dipastikan anda tidak mengalami penyakit kanker hati. Hal kedua, olahraga secara rutin dengan mengimbangi makanan yang 4 sehat dan 5 sempurna juga dapat memastikan anda tidak terkena penyakit kanker. Sebaliknya apabila tidak dilakukan olahraga secara rutin, hindari konsumsi makanan yang kadar kandungan lemak (kadar yang tidak baik), yang sudah dipastikan dapat memicu tumbuhnya tumor jika memiliki gaya hidup tak sehat.

  1. Mencegah Hepatitis C

Hal yang perlu diperhatikan, hepatitis merupakan penyakit infeksi pada hati dan tidak memiliki gejala tertentu yang bisa dirasakan. Jika telah terinfeksi, maka dapat menyebabkan eskar pada hati. Khususnya penyakit hepatitis C ditularkan dengan cara menggunakan alat medis yang tidak steril. Seperti transfusi darah, suntikan dengan cara kontak dengan penderita, kontak seksual dengan banyak berbagai pasangan sampai dengan pemakaian narkoba. Hepatitis C tidak menunjukan gejala aneh dalam beberapa tahun. Oleh sebab itu, jumlah penderita penyakit tersebut dari tahun ke tahun tidak pasti apakah mereka terinfeksi hepatitis atau pun sebaliknya apakah mereka tidak terinfeksi hepatitis. Oleh sebab itu, perlu dilakukan penghindaran dari kontak fisik langsung dengan penderita.

Terdapat 2 jenis hepatitis C yaitu hepatitis akut dan kronis. Hepatitis akut adalah penyakit yang berkembang dengan cepat dan penyakit hepatitis akut disebabkan oleh virus karena adanya konsumsi obat obatan dan toksin yang mengandung lima jenis virus. Sedangkan, hepatitis kronis memiliki gejala yang tidak terlalu serius akan tetapi akan terus dirasakan oleh penderita dalam jangka panjang.

Sponsors Link

  1. Mencegah Hepatitis B

Hepatitis B sangat berbahaya terhadap penyakit kanker hati, cara mencegah kanker hati adalah dengan tidak melakukan hubungan intim dengan seseorang yang terinfeksi hepatitis, memiliki banyak pasangan dalam berhubungan intim, menyuntikan obat (narkoba), menghindari hidup dengan seseorang yang memiliki penyakit HBV kronis. Faktor yang penyebab asal mulanya penyakit hepatitis B menyebabkan peradangan pada hati yang disebabkan adanya virus HBV. Virus HBV umumnya menyebar akibat hubungan seksual melalui cairan sperma atau cairan tubuh lainnya. Salah satu untuk perlindungan dalam hepatitis B dengan menggunakan vaksinasi akan tetapi melakukan vaksinasi dari hepatitis B jarang terjadi karena vaksin hepatitis B biasanya diberikan kepada orang lebih beresiko tinggi terjangkit hepatitis B.

  1. Mengkonsumsi Makanan yang Terlalu Lama.

Apabila mengkonsumsi makanan yang terlalu lama akan menyebabkan penyakit kanker hati hal ini dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan tidak mengkonsumsi makanan yang terlalu lama, hal tersebut agar menghindari terjangkit penyakit kanker hati.

Artikel Terkait:

  1. Hentikan Kebiasaan Merokok

Merokok merupakan kebiasaan yang hampir di setiap kalangan dapat menyebabkan penyakit kanker. Memang secara umum dapat dikatakan bahwa 80 % jenis kanker disebabkan oleh merokok. Oleh sebab itu, diharapkan untuk setiap orang dapat berhenti merokok karena menghentikan rokok salah satu jalan terbaik mencegah kanker.

ads
  1. Hindari Makanan Penyebab Kanker

Perlu kita waspadai dalam mencegah penyakit kanker salah satunya adalah menghindari makanan penyebab kanker karena makanan yang menyebabkan kanker salah satu yang tidak baik bagi manusia. Hal tersebut dapat seperti juga makanan penyebab kanker antara lain bahan yang mengandung bahan kimia, pemanis buatan, pewarna buatan dan makanan yang tidak sehat seperti gorengan dan mie instan, dll.

  1. Mencegah Secara Primordial

Upaya pencegah secara primordial merupakan pencegahan yang dilakukan terhadap orang yang belum terkena faktor risiko. Pencegahan dapat anda lakukan dengan monsumsi makanan berserat seperti buah dan sayur serta konsumsi makanan dengan gizi seimbang, menghindari makanan yang berlemak dan makanan yang mengandung bahan pengawet atau pewarna, mengonsumsi vitamin A,C,E,B kompleks dan suplemen yang bersifat antioksidan peningkat daya tahan tubuh.

  1. Mencegah Secara Primer

Upaya pencegah secara primer merupakan pencegahan yang dilakukan terhadap orang yang sudah terkena faktor risiko agar pencegahan primer dapat dilakukan. Beberapa pencegahan secara primer dilakukan dengan memberikan imunisasi hepatitis B bagi bayi yang telah lahir sehingga pada generasi berikutnya virus hepatitis B dapat dibasmi, memberikan penyuluhan kepada masyrakat tentang virus hepatitis sehingga kejadian kanker hati dapat dicegah melalui perilaku hidup sehat, menghindari makanan dan minuman yang mengandung alkohol karena alkohol akan semakin meningkatkan resiko terkena kanker hati.

  1. Mencegah Secara Sekunder

Upaya pencegah secara sekunder merupakan upaya yang dilakukan terhadap orang yang sudah sakit agar lekas sembuh dan menghambat progresifitas penyakit melalui diagnosis dini. Pengobatan yang tepat dalam diagnosa sangat berharga dilakukan dan biasanya juga dilakukan pengobatan kemoterapi.

Artikel Terkait:

Itulah berbagai informasi mengenai pencegahan 10 cara mencegah kanker hati yang wajib anda ketahui. Semoga informasi ini dapat membantu anda menentukan tindak pencegahan yang tepat sesuai keadaan yang anda sedang dialami. Kanker hati anda pun dapat diminimalisir rasa sakitnya setelah mengetahui cara cara tersebut. Semoga informasi tersebut bisa dilakukan dengan cara mencegah kanker hati tersebut di atas. Selamat  membaca informasi tersebut semoga bermanfaat dan berguna dalam kehidupan sehari hari.

, , ,
Post Date: Thursday 12th, October 2017 / 04:25 Oleh :
Kategori : Kanker Hati