7 Jenis Buah Pencegah Kanker Hati Paling Enak

Penyakit kanker hati termasuk penyakit yang berbahaya, dan sangat sulit untuk disembuhkan jika sudah parah. Gejala kanker hati stadium awal mungkin tidak dapat diketahui langsung karena seringkali mirip dengan gejala penyakit lainnya yang masih kategori ringan. Sampai saat ini penyebab kanker hati masih belum pasti, namun pola hidup yang tidak sehat dan gangguan pada organ hati menjadi pemicu paling besar dalam munculnya sel kanker pada hati. Daripada sibuk memikirkan cara untuk mencari obat yang tepat, lebih baik bila kita melakukan tindakan pencegahan kanker hati dengan buah-buahan yang menyehatkan.

Sponsors Link

Mungkin terdengar sepele, namun jika rutin mengkonsumsi beberapa jenis buah yang baik untuk menjaga kesehatan hati sangat efektif untuk mencegah munculnya penyakit kanker hati. Jadi usaha yang dilakukan pun lebih mudah karena mencegah lebih baik daripada mengobati. Adapun jenis buah yang baik dikonsumsi untuk mencegah kanker hati antara lain sebagai berikut.

Buah Pencegah Kanker Hati

1. Manggis

Buah manggis belakangan ini memang cukup populer dengan keampuhannya melawan sel kanker. Tidak hanya daging buahnya saja, kulitnya pun sangat bermanfaat untuk pengobatan dan pencegahan kanker. Karena ketenarannya, para produsen obat herbal sampai membuat ekstrak kulit manggis yang bisa langsung diminum. Keampuhannya tersebut berasal dari kandungan xanthone dan metanol yang sangat efektif melawan radikal bebas dan mencegah pertumbuhan sel kanker.

2. Alpukat

Alpukat mengandung berbagai antioksidan dan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Antioksidan tersebut sangat berguna untuk melawan radikal bebas penyebab kanker. Selain itu buah yang kaya akan lemak baik ini juga mengandung glutathione, senyawa antioksidan yang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker dan mengatasi penuaan pada kulit. Karena itu alpukat sangat bagus dikonsumsi untuk mencegah kanker hati.

3. Jambu Biji Merah

Jambu biji merah juga kaya antioksidan seperti vitamin C, likopen dan karotenoid yang terbukti ampuh melindungi tubuh dari serangan sel kanker. Senyawa antioksidan tersebut juga dapat mencegah mutasi genetik akibat senyawa radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

4. Anggur

Kandungan bioflavonoid dan resveratrol dalam buah anggur sangat ampuh melawan pembentukan sel kanker dan mencegah munculnya berbagai jenis penyakit di dalam tubuh. Kandungan senyawa dan antioksidan tersebut sangat efektif meningkatkan metabolisme, mengatasi radikal bebas hingga mencegah penuaan dini. Khasiat tersebut bisa lebih maksimal kita dapatkan dari anggur merah daripada anggur hijau.

5. Jeruk

Buah jeruk memang dikenal akan kandungan vitamin C yang cukup banyak. Namun kemampuannya menekan pertumbuhan sel kanker bukan hanya dikarenakan vitamin C saja. Kandungan senyawa lainnya seperti coumarin, flavonoid, potasium dan pektin juga sangat ampuh melawan sel kanker hati. Terlebih lagi pada jeruk nipis terdapat kandungan flavonoid glikosida keamferol yang terbukti dapat menekan laju pembelahan sel kanker yang cara kerjanya sangat mirip dengan antibiotik.

6. Apel

Buah apel juga kaya antioksidan baik pada daging buah maupun kulitnya, sehingga sangat bagus dikonsumsi secara rutin untuk menghindari penyakit kanker hati. Berbagai vitamin, mineral dan senyawa lainnya dalam apel juga turut berperan dalam melawan sel kanker.

7. Tomat

Tomat memang dikategorikan sebagai sayuran, namun sebenarnya tomat merupakan buah yang kaya akan kandungan likopennya. Senyawa tersebut bertindak sebagai antioksidan yang sangat ampuh untuk melawan pertumbuhan sel kanker. Selain dapat mencegah kanker hati, tomat juga ampuh untuk mencegah kanker prostat.

Itulah buah-buahan yang sangat bagus dikonsumsi untuk mencegah kanker hati. Tentu saja manfaat tersebut bisa kita peroleh secara maksimal jika buah-buahan di atas dikonsumsi secara rutin.

 

, ,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.