6 Akibat Kanker Hati Yang Sering Terjadi

Organ hati memiliki peranan yang sangat penting dalam menetralisir racun dalam tubuh, menghasilkan cairan untuk memetabolisme lemak dan fungsi penting lainnya. Hati dapat rusak atau mengalami gangguan yang disebabkan oleh penyebab kanker hati seperti infeksi virus hepapatitis, bawaan sejak lahir, konsumsi alkohol hingga sirosis hati. Sirosis hati memberikan peluang lebih besar bagi hati untuk terkena kanker. Penyakit kanker hati sangat berbahaya dan dapat mengancam nyawa seseorang.

Sponsors Link

Kanker hati dapat mengakibatkan berbagai komplikasi atau penyakit lainnya menjadi muncul, dan hal inilah yang paling dihindari dari penyakit tersebut. Kanker hati akan membuat hati menjadi tidak berfungsi sehingga seluruh metabolisme tubuh pun ikut terganggu. Beberapa akibat yang ditimbulkan dari kanker hati adalah sebagai berikut.

Akibat Kanker Hati

1. Perut Menjadi Buncit

Hati terletak pada bagian perut atas atau dekat dengan diafragma. Ketika hati mengalami gangguan atau bahkan terkena kanker hati, perut akan membuncit terutama yang bagian atas. Pembengkakan perut ini terjadi karena sel kanker pada hati membuat hati menjadi bengkak dan membentuk tumor yang membesar. Membuncitnya perut ini membuat perut terasa begah dan tak jarang disertai rasa nyeri yang hebat.

2. Mengalami Sakit Kuning

Hati menghasilkan cairan empedu yang mengandung zat warna bilirubin. Saat fungsi hati terganggu dan terdapat kanker pada organ tersebut, maka saluran yang mengarah ke kantung empedu akan tersumbat, sehingga cairan empedu tidak dapat mengalir secara normal dan justru berbalik hingga menumpuk dan pada akhirnya memasuki aliran darah. Bilirubin akan menyebar ke seluruh tubuh dan menyebabkan tubuh menjadi kuning. Bagian yang paling jelas terlihat kuning adalah mata dan kulit.

3. Muntah Darah

Kanker hati juga dapat mengakibatkan muntah darah yang cukup banyak. Hal ini dikarenakan sel kanker telah menyebar baik ke organ paru maupun organ pencernaan dan mengakibatkan infeksi hingga pendarahan. Akibatnya penderita kanker hati dapat mengalami batuk dan muntah darah sebagai dampak dari terganggunya fungsi paru-paru dan organ pencernaan seperti lambung.

4. Penyakit Kanker Lainnya

Sama seperti penyakit kanker ganas lainnya, kanker hati juga cukup berbahaya karena selain dapat merusak organ hati organ tubuh lainnya juga dapat mengalami hal serupa. Sel kanker akan meninvasi jaringan sekitarnya bahkan bermetastasis sehingga menyebabkan organ tubuh lainnya juga ikut terkena kanker. Kanker yang paling sering muncul akibat kanker hati adalah kanker lambung dan kanker paru-paru.

5.Berat Badan Turun

Penurunan berat badan secara drastis menjadi salah satu dampak dari adanya kanker hati di dalam tubuh. Sel kanker yang menyebar dengan cepat merusak sel sehat sehingga fungsinya terganggu. Selera makan juga ikut berkurang dan proses penyerapan nutrisi juga ikut terganggu yang pada akhirnya menjadi pemicu dari kondisi tubuh yang semakin kurus.

6. Mudah Lelah

Penyakit kanker juga dapat menurunkan daya tahan tubuh, apalagi asupan nutrisi terus berkurang karena diserap oleh sel kanker. Akibatnya penderita kanker hati akan merasakan mudah lelah bahkan tanpa melakukan aktivitas berat sekalipun. Sel kanker yang terus menyebar akan menyerang otot sehingga punggung dan bahu juga akan terasa pegal lebih sering. Perbedaannya dari pegal biasa adalah pegal ini terjadi lebih sering dan tidak menunjukkan perubahan meski telah diberi penanganan.

Nah, itulah beberapa akibat dari kanker hati yang sering terjadi pada penderitanya. Untuk menghindari penyakit ini dan mencegahnya sebelum menyerang organ hati kita bisa mengkonsumsi makanan sehari-hari pencegah kanker yang sangat berkhasiat.

, ,
Post Date: Saturday 11th, November 2017 / 06:54 Oleh :
Kategori : Kanker Hati