5 Gejala Kanker Ginjal pada Wanita yang Paling Berbahaya

Kanker ginjal termasuk jenis kanker yang tidak begitu populer kasusnya di Indonesia, namun penyakit ini sangat berbahaya. Ginjal merupakan organ yang sangat penting untuk menyaring darah dan membuang zat sisa bersama dengan urin. Jika ginjal mengalami masalah seperti terserang kanker, maka ginjal akan mengalami gangguan fungsi dan tidak dapat membuang sisa metabolisme dengan lancar. Akibatnya racun akan menumpuk di dalam tubuh dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan di samping kanker itu sendiri. Semua orang beresiko terkena kanker ginjal, termasuk wanita. Gejala kanker ginjal pada wanita umumnya tidak mudah dideteksi pada stadium awal karena mirip dengan gejala penyakit lainnya yang mudah disembuhkan. Alhasil, penyakit ini ssering kali terlambat diketahui dan menjadi lebih sulit untuk disembuhkan.

Sponsors Link

Gejala Kanker Ginjal pada Wanita

Wanita mungkin lebih beresiko terserang kanker serviks, kanker payudara, kanker rahim dan kanker ovarium. Namun tidak menutup kemungkinan wanita juga bisa terkena kanker ginjal. Untuk itu, wanita perlu mengetahui gejala kanker ginjal yang juga hampir sama dengan ciri-ciri tumor ginjal agar dapat mengatasinya sesegera mungkin dan bisa mendapat kesembuhan lebih cepat.

  1. Perubahan Warna Urin

Melihat kondisi urin merupakan cara paling cepat dan tepat menentukan sehat dan tidaknya ginjal seseorang. Urin yang sehat berwarna jernih atau sedikit kekuningan, namun jika terdapat masalah kesehatan pada ginjal urin dapat berubah warna menjadi lebih gelap. Jika memang terdapat kanker pada ginjal wanita, maka urin yang dikeluarkan bisa berwarna kuning pekat bahkan hingga kecoklatan atau berdarah dan saat mengeluarkannya bisa diiringi rasa sakit. Hal ini disebabkan proses penyaringan pada ginjal tidak lagi berjalan sempurna akibat sel kanker yang merusak organ ginjal secara perlahan.

2. Kelelahan yang Tidak Wajar

Rasa lelah yang muncul secara tiba-tiba tanpa penyebab yang jelas bisa jadi menandakan adanya kanker di dalam tubuh. Jika para wanita mengalami kelelahan yang tidak wajar diiringi rasa sakit yang terus menerus pada bagian bawah tulang rusuk, kemungkinan wanita tersebut mengalami kanker ginjal. Agar bisa memastikan kondisinya, sebaiknya segera periksakan diri ke rumah sakit sehingga bisa mendapat perawatan secepat mungkin.

3. Punggung Terasa Nyeri

Nyeri punggung memang biasa terjadi jika terlalu lelah beraktivitas atau berlebihan dalam mengangkat beban berat. Namun jika nyeri punggung terjadi dalam waktu yang lama dan semakin sering bahkan tidak sembuh setelah meminum obat pereda nyeri, bisa jadi itu merupakan gejala kanker ginjal yang sudah menjalar ke bagian punggung. Rasa nyeri ini juga sering diikuti rasa sakit pada pinggang dan semakin lama kondisi akan semakin memburuk sehingga butuh penanganan secepat mungkin agar bisa disembuhkan.

4. Nafsu Makan dan Berat Badan Berkurang

Gejala lainnya yang biasa muncul yaitu menurunnya nafsu makan tanpa sebab yang jelas, dan akan diikuti dengan penurunan berat badan yang cukup drastis. Jika tubuh menjadi kurus dalam waktu singkat meski sedang tidak diet, ada baiknya jika langsung memeriksakan kondisi kesehatan tubuh secara menyeluruh di rumah sakit. Karena dikhawatirkan tubuh yang mengalami gejala tersebut sedang mengidap penyakit kanker termasuk kanker ginjal.

5. Nyeri pada Vagina dan Perut Bagian Bawah

Kanker ginjal yang telah semakin luas penyebarannya juga bisa menyerang organ genital wanita, yaitu organ reproduksi dari vagina hingga rahim. Hal ini dikarenakan ginjal letaknya cukup dengan area tersebut sehingga mudah terinvasi sel kanker dari ginjal. Selain itu rasa sakit yang muncul pada ginjal juga bisa ikut menjalar ke bagian perut bawah sehingga hal ini perlu segera diperiksakan ke dokter.

Gejala kanker ginjal pada wanita memang cukup berbahaya dan untuk meneghindarinya kita harus menjauhi segala penyebab kanker ginjal. Jika gejala tersebut dapat segera terdeteksi maka kita bisa segera mendapat pengobatan kanker ginjal dan jika masih dalam tahap awal proses penyembuhan akan lebih mudah terjadi.

 

 

 

, , , ,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.