Waspadai 6 Faktor Penyebab Kanker Darah Pada Anak Balita

Penyakit kanker merupakan salah satu jenis penyakit yang paling menakutkan bagi seluruh orang, termasuk salah satunya adalah kanker darah. Kanker darah sendiri juga menjadi salah satu jenis kanker yang paling banyak menyerang anak-anak, seperti yang banyak terjadi di Indonesia. Sama seperti jenis kanker yang lainnya, penyebab pasti dari kanker darah terutama yang terjadi pada anak balita memang belum diketahui secara pasti. Namun ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko penyebab kanker darah pada anak balita. Apa saja faktor penyebab tersebut? berikut beberapa penjelasan lebih lanjutnya.

Sponsors Link

Kanker Darah

Sebelum membahas mengenai penyebab kanker darah atau faktor penyebabnya pada anak balita, perlu dipahami pula apa yang sebenarnya disebut sebagai kanker darah dan juga bagaimana kanker darah terjadi. Secara singkat kanker darah atau juga biasanya disebut sebagai leukemia merupakan penyakit yang disebabkan karena adanya kondisi kelebihan produksi sel pembentuk darah, yaitu limfoblast dan myeloid, atau juga dikenal sebagai sel darah putih pada sumsum tulang belakang. Kondisi tersebut kemudian menyebabkan terhambatnya pertumbuhan sel darah secara normal didalam tubuh.

Darah sendiri sebenarnya terdiri dari tiga tipe sel yang memiliki fungsi masing-masing, seperti sel darah putih yang berfungsi untuk melawan infeksi, sel darah merah untuk membawa oksigen, dan juga trombosit yang berfungsi untuk membantu penggumpalan darah didalam tubuh. Ketiga tipe sel darah tersebut akan diproduksi di sumsum tulang belakang setiap harinya, dimana pada kondisi normal sel darah merah yang seharusnya diproduksi lebih banyak. Namun pada kondisi kanker darah atau leukemia justru sel darah putih yang diproduksi berlebih, sehingga terjadi penumpukan pada sumsum tulang belakang. Kondisi tersebut menyebabkan berkurangnya sel darah yang sehat, menghambat penggumpalan darah dan suplai oksigen didalam tubuh, dan juga mengganggu fungsi tubuh dalam melawan infeksi.

Faktor Penyebab Pada Anak Balita

Seperti yang disampaikan sebelumnya bahwa penyebab kanker darah sebenarnya juga belum diketahui secara pasti, namun ada beberapa faktor yang meningkatkan risiko penyebab kanker darah yang dialami oleh anak balita pada umumnya. Beberapa diantaranya seperti:

  • Faktor genetik

Faktor yang pertama adalah berkaitan dengan faktor genetik atau faktor keturunan dari orang tua, faktor ini juga biasanya dikaitkan dengan apakah kanker darah menula. Dimana anak balita bisa mewarisi mutasi DNA dari kedua orang tuanya, sehingga terjadi perkembangan sel kanker didalam tubuhnya. Adanya penyakit keturunan seperti Down Syndrome maupun penyakit keturunan seperti gangguan pada imun tubuh juga akan meningkatkan risiko kanker darah pada anak balita. Terlebih lagi jika memang didalam keluarganya terdapat riwayat kanker darah, seperti memiliki saudara kandung atau kembaran dengan kanker darah maka risiko terkena kanker darah pada anak balita juga akan lebih besar.

  • Mutasi sel dalam tubuh

Seperti yang diketahui bahwa penyakit kanker merupakan jenis penyakit yang terjadi didalam tubuh karena adanya mutasi sel sehat menjadi sel abnormal yang kemudian berubah menjadi sel kanker. Sama seperti kondisi tersebut, penyebab kanker darah pada balita juga dapat disebabkan karena dari dalam tubuh anak tersebut terjadi mutasi sel abnormal, sehingga berkembang menjadi sel kanker.

  • Paparan radiasi

Selain karena adanya mutasi sel dalam tubuh, penyakit kanker juga kerap dikaitkan dengan adanya faktor paparan radiasi. Hal tersebut juga sama halnya dalam kanker darah, risiko kanker darah juga dapat meningkat ketika seseorang mengalami paparan radiasi maupun riwayat paparan sinar radiasi tingkat tinggi.

Sponsors Link

  • Riwayat zat kimia

Tidak hanya paparan radiasi tingkat tinggi saja, bahkan adanya riwayat pengobatan kemoterapi pada seorang ibu maupun penggunaan bahan kimia seperti benzena didalam tubuh juga dapat meningkatkan risiko kanker darah pada anak balita. Selain itu, bahan kimia seperti insektisida juga perlu untuk diwaspadai sebagai faktor penyebab kanker darah.

  • Virus

Kanker dara pada anak balita juga dapat dipengaruhi oleh adanya infeksi virus penyebab leukemia, seperti retrovirus, virus leukemia feline, dan yang biasanya menyerang pada orang dewasa seperti viru HTLV-1.

  • Lingkungan dan pola hidup tidak sehat

Faktor penyebab yang terakhir adalah berkaitan dengan lingkungan anak tumbuh dan juga pola hidup tidak sehat, baik oleh anak balita itu sendiri maupun kebiasaan orang tua. Sebagai contoh seperti orang tua dengan perokok aktif, yang mana kandungan kimianya pasti berbahaya juga bagi kesehatan anak sejak dalam kandungan. Kebiasaan tidak sehat, mengkonsumsi makan penyebab kanker darah maupun makanan tidak bernutrisi juga dapat mengganggu pertumbuhan anak sejak dari kandungan, hingga dapat meningkatkan pula risiko adanya penyakit kanker yang tumbuh seperti kanker darah.

Itulah beberapa faktor penyebab yang dapat meningkatkan risiko kanker darah pada anak balita yang perlu diwaspadai. Walaupun penyebab kanker darah pada anak balita masih belum secara pasti di ketahui, tetapi alangkah lebih baiknya jika anda dapat mulai mewaspadai beberapa faktor diatas untuk mengurangi risiko yang dapat terjadi. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : kanker darah

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.