13 Makanan Penyebab Kanker Darah yang Sangat Berbahaya

Penyakit kanker darah atau yang sering disebut juga leukemia merupakan penyakit yang sangat berbahaya, dan kebanyakan penderitanya seringkali tidak dapat disembuhkan akibat sifat sel kanker yang sangat ganas. Ciri-ciri kanker darah memang tidak begitu terasa saat masih dalam stadium awal, namun saat gejala kanker darah sudah mulai parah barulah penderitanya merasakan kondisi kesehatan yang semakin memburuk. Penyebab kanker darah sendiri bisa dibilang sangat mahal, membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit dan peluang untuk sembuhnya termasuk kecil. Namun bukan berarti tidak dapat sembuh, jika kita menghindari penyebabnya dan mampu mendeteksi gejalanya sejak dini maka masih ada harapan untuk sembuh. Salah satu penyebab kanker darah adalah makanan yang memberikan dampak buruk untuk kesehatan seperti berikut ini.

Sponsors Link

1. Makanan yang Diawetkan

Berbagai jenis makanan yang diawetkan dengan cara diasinkan, diasap maupun diawetkan dengan menggunakan bahan kimia banyak mengandung nitrat. Senyawa tersebut akan diubah oleh tubuh menjadi nitrosamin, sementara nitrosamin sendiri dapat memicu terjadinya mutasi gen yang cukup berbahaya karena bisa menjadi bibit kanker darah.

2. Sayuran dan Buah yang Mengandung Pestisida

Di zaman sekarang ini pertanian selalu mengandalkan pestisida untuk mencegah tanaman sayur dan buah mereka terserang hama pengganggu. Namun penggunaan pestisida ini tentu dapat menimbulkan efek samping apalagi jika digunakan berlebihan. Dampak yang sering terjadi adalah munculnya banyak kasus kanker termasuk kanker darah karena pestisida yang dikonsumsi bersama sayur dan buah tersebut dapat mengganggu fungsi organ tubuh dan memicu terjadinya mutasi genetik.

3. Makanan Panas dalam Wadah Plastik

Mungkin menggunakan wadah plastik sebagai tempat makanan sudah menjadi hal yang biasa dilakukan masyarakat, apalagi untuk membungkus makanan yang dijual di warung makan. Padahal hal ini tidak baik untuk kesehatan, karena kandungan bahan kimia berbahaya pada wadah plastik akan terurai saat terkena panas dan tercampur dengan makanan tersebut. Akibatnya racun tersebut menumpuk di dalam tubuh dan memicu penyakit kanker darah.

4. Makanan Ringan

Dari mulai anak-anak hingga dewasa hampir semuanya suka snack atau makanan ringan. Selain rasanya yang enak, makanan ringan juga ramah di kantong sehingga sering dikonsumsi. Namun banyaknya kandungan senyawa kimia seperti penyedap dan pemanis buatan membuat tubuh menjadi tidak sehat bahkan beresiko terkena kanker darah.

5. Jeroan

Jeroan atau organ dalam biasanya sangat digemari banyak orang karena rasanya yang cukup lezat. Namun dibalik rasanya yang menggugah selera, jeroan mampu mendatangkan banyak penyakit di dalam tubuh terutama pada orang dewasa dan lansia. Penyakit yang sering menyerang adalah kolesterol hingga kanker darah, karena itu sebaiknya hindari mengkonsumsi jeroan dalam jarak waktu yang dekat.

6. Aneka Daging

Berbagai jenis daging seperti yang diperoleh dari unggas, sapi dan kambing juga dapat menyebabkan kanker darah karena kandungan lemaknya yang cukup banyak. Karena itu penderita kanker darah tidak boleh mengkonsumsinya. Bahkan orang yang sehat pun perlu dibatasi agar tidak makan terlalu banyak.

7. Makanan yang Dipanggang

Beragam jenis makanan yang diolah dengan cara dipanggang atau dibakar akan menghasilkan senyawa karsinogen. Senyawa tersebut sangat berbahaya jika mengendap di tubuh karena dapat memicu terjadinya mutasi genetik dan menyebabkan penyakit kanker darah.

8. Makanan Kaleng

Sama seperti makanan ringan dalam bentuk kemasan, makanan dalam bentuk kalengan juga sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kanker. Hampir semua jenis makanan kaleng mengandung pengawet yang sangat banyak, juga penyedap dan pemanis buatan sehingga tidak aman untuk dikonsumsi.

9. Daging Olahan

Bukan hanya daging segar saja yang tidak baik dikonsumsi berlebihan, berbagai jenis produk olahan daging seperti nugget, sosis dan cornet yang juga tidak baik dikonsumsi karena diduga dapat memicu munculnya penyakit kanker. Karena itu hindari makanan ini dan beralihlah ke makanan yang lebih menyehatkan.

10. Makanan Berbahan Dasar Tepung

Dalam kehidupan sehari-hari memang banyak sekali jenis makanan yang mengandung tepung seperti dobat, kue dan sebagainya. Kandungan tepung dalam makanan tersebut tentu tidak baik bagi tubuh karena tepung mengandung gula yang jika berlebihan masuk ke dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai penyakit muncul seperti kanker darah.

Sponsors Link

11.  Gorengan dan Makanan Berlemak

Gorengan yang dimasak menggunakan minyak yang telah dipakai berulang kali sangat tidak menyehatkan dan justru dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Termasuk juga makanan yang banyak mengandung lemak, sangat tidak baik jika rutin dikonsumsi karena dapat menyebabkan mutasi genetik pada sel darah dan memicu terjadinya penyakit kanker.

12. Ayam dan Kentang Goreng

Menjamurnya penjual ayam dan kentang goreng semakin memudahkan masyarakat untuk menjangkaunya, sehingga makanan tersebut seringkali dikonsumsi. Padahal ayam dan kentang goreng mengandung lemak jahat dan banyak penyedap yang dapat membahayakan kesehatan tubuh.

13. Durian

Jika kebanyakan buah sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi, hal ini tidak berlaku bagi durian. Justru durian tidak disarankan untuk dimakan terutama bagi orang yang beresiko terkena kanker darah, karena kandungan alkoholnya dapat merangsang pembentukan kanker yang cukup ganas.

Nah, makanan penyebab kanker darah di atas harus dihindari dan jika ingin memakannya tidak boleh berlebihan dan tidak terlalu sering. Sebaliknya rutinlah mengkonsumsi makanan pencegah kanker darah dan  daftar makanan sehari-hari pencegah kanker yang dapat membantu menyehatkan tubuh. Lebih baik mencegah penyakit tersebut daripada harus menghadapi pengobatan kanker darah secara medis yang penuh resiko dan efek samping menyakitkan.

, , ,