13 Gejala Kanker Darah yang Patut Diwaspadai

Kita seringkali mendengan nama kanker darah sebagai salah satu penyakit yang emmatikan di Indonesia, bahkan di dunia. Kanker darah ini seringkali disebut dengan sebutan leukimia. Kanker darah atau leukimia ini merupakan kanker yang menyerang pada sel- sel bagian pembentuk sel darah yang berada di dalam sumsum tulang. Hal ini akan menyebabkan adanya kelainan sumsum tulang dalam hal memproduksi sel darah putih.

Sponsors Link

Dalam kondisi yang normal, sumsum tulang akan memproduksi sel darah putih dan sel darah putih tersebut akan berkembang secara teratur. Dan hal ini akan dibutuhkan oleh tubuh untuk memberantas kuman- kuman penyebab infeksi yang dapat muncul untuk menyerang tubuh manusia. Namun, ketika terjadi kanker darah, sumsum tulang akan memproduksi sel darah putih secara tidak normal, dan secera berlebihan, sehingga tidak dapat berfungsi dengan biak. Jumlah yang berlebihan pada sel darah putih ini berakibat penumpukan dalam sumsum tulang sehingga sel- sel darah yang sehat akan berkurang. (Baca Juga: Manfaat Daun Kelor Untuk Pengobatan Kanker , Manfaat Daun Dewa Untuk Kanker)

Penyebab Terjadinya Kanker Darah

Seperti beberapa penyakit lainnya, penyebab dari terjadinya kanker dalah yang menyerang tubuh inbi belumlah diketahui secara pasti. Namun, ada beberapa faktor yang diduga sebagai penyebab dari terjadinya kanker darah ini. selain diduda sebagai penyebabm ada pula beberapa faktor yang diduga dapat meningkatkan resiko seseorang terjangkit kanker darah.  Beberapa faktor tersebut adalah:

  1. Faktor keturunan

Faktor keturunan ini menjadi faktor pertama yang menyebabkan seseorang beresiko terjangkit penyakit kanker darah. Ya, kanker darah merupakan salah satu penyakit yang sifatnya dapat diturunkan. Sehingga jika seorang orang tua mempunyai penyakit kanker darah, maka anaknya mempuntau resiko lebih besar terkena penyakit kanker darah juga. (Baca Juga: Apakah Kanker Faktor Keturunan , Gejala Kanker Pankreas)

  1. Adanya kelainan genetik

Adanya kelainan genetik juga merupakan salah satu hal yang menyebabkan terjadinya kanker darah ini. Contoh dari kelainan genetik ini misalnya sindrom Down

  1. Adanya kelainan darah yang diderita

Seseorang yang mempunyai kelainan darah juga beresiko terkena kanker darah yang lebih tinggi daripada orang yang tidak mempunyai kelainan pada darahnya. Contoh dari kelainan pada darah ini misalnya myelodysplastic syndrome. (Baca Juga: Penyebab Leukimia Pada Anak , Penyebab Kanker Darah Pada Balita)

  1. Merokok

Bagi Anda yang gemar merokok, Anda akan lebih beresiko terkena kanker lebih tinggi daripada orang- orang yang tidak merokok. Bahkan, merokok tidak hanya menyebabkan resiko terjadinya kanker, namun juga berbagai penyakit lain yang berbahaya. (Baca Juga: Pengaruh Rokok Terhadap Kanker Serviks  , Gejala Kanker Tenggorokan)

ads
  1. Pernah menjalani pengobatan kanker sebelumnya

Beberapa prosedur pengobatan kanker ialah kemoterapi arau radioterapi. Hal- hal seperti ini jusrtu merupakan contoh hal yang dapat memicu timbulnya kanker darah di dalam tubuh kita. (Baca Juga: Efek Kemoterapi Kanker Kelenjar Getah Bening)

  1. Mengalami pajanan terhadap radiasu tingkat tinggi atau zat kimia tertentu

Kanker darah juga beresiko menyerang orang- orang yang terlibat dalam radiasi atau zat kimia tertentu. Sebagai contoh adalah seseorang yang mempunyai riwayat terlibat dalam kecelakaan yang berhubungan dengan reaksi nuklir, dan sebagainya. (Baca Juga: Tanda tanda Kanker Paru paru , Bahaya Radiasi HP Menyebabkan Kanker Otak)

Nah, itulah beberapa hal yag dapat meningkatkan terjadinya kanker darah pada seseorang. Namun hal ini tidak otomatis terjadi pada orang- orang yang mempunyai kondisi seperti di atas. Salah satu cara terbaik intuk menghindari kanker darah ini adalah dengan menjauhi beberapa hal yang dapat menyebabkan kanker darah tersebut.

Gejala Kanker Darah

Penyakit kanker darah bisa diketahui keberadaannya dari beberapa gejala yang dapat timbul. Gejala- gejala tersebut dapat dirasakan oleh manusia dan merupakan pertanda awal terjadinya penyakit kanker daran ini. Pada umumnya, penyakit kanker darah mempunyai beberapa gejala yang beragam atau bermacam- macam. Mengapa gejala yang timbul ini bisa berbeda- beda? Hal ini karena tergantung pada jenis kanker yang dideraita dan juga tergantung pada jumlah sel- sel leukimia dan letak sel- sel tersebut yang bertumpukan di dalam tubuh. (Baca Juga: Bahaya Kanker Darah , Gejala Awal Kanker Darah Pada Anak)

Gejala kanker darah ini juga cenderung   mirip dengan penyakit- penyakit lain, sehingga akan terjadi kesulitan mengindikasi terjadinya kanker darah di dalam tubuh. Umumnya, gejala- gejala dari kanker darah ini nampak seperti penyakit flu. Oleh karena itu kita perlu mewaspadai terjadinya gejala- gejala umum penyakit ini dan mulai mencermati gejala- gejala yang terjadi tadi. Pada dasarnya, gejala- gejala yang ditimbulkan dari adanya kanker darah ini adalah sebagai berikut:

  1. Lemas atau terjadi kelelahan yang berkelanjutan

Gejala yang pertama yang menandai terjadinya gejala kanker darah adalah tubuh terasa lemas dan terjadi kelelahan yang berkelajutan. Darah merupakan komponen yang paling banyak terdapat di dalam tubuh. Oleh karena itu, ketika darah terjangkit penyakit kanker ini maka badan kita akan mengalami kelelahan yang luar biasa dan juga mengalami badan yang terasa lemas. (Baca Juga: Gejala Kanker Lambung ,  Gejala Kanker Ovarium )

  1. Sering terjadi demam

Gejala yang selanjutnya dari kanker darah ini adalah penderita sering terjadi demam. Demam akan sering menyerang penderita kanker darah ini. Namun, demam ini hanyalah salah satu dari gejala kanker darah. Maka dari itu demam ini tidak bisa dijadikan patokan untuk menilai seseorang terjangkit kanker darah atau tidak. Selebihnya harus meihat gejala- gejala lainnya. (Baca Juga: Gejala Leukemia Stadium 2  , Gejala Kanker Tulang Kaki)

  1. Sering menggigil

Salah satu gejala yang menandai terjadinya kanker darah ini adalah seringkali menggigil. Menggigil merupakan salah satu hal yang sering mengikuti ketika demam terjadi. Namun tidak semua demam tidak disertai menggigil. Ketika seseorang terlalu sering mengalami demam dan disertai menggigil, sebaiknya segera saja di bawa ke dokter agar mendapatkan penanganan dan juga agar segera diketahui penyebab terjadinya hal tersebut. Namun, demam disertai gigilang juga bukan merupakan satu- satunya gejala dari kanker darah ini. H arus tetap diperhatikan gejala- gejala lainnya yang menyertai. (Baca Juga: Pengobatan Kanker Darah Secara Medis)

  1. Sering mengalami sakit kepala

Sakit kepala merupakan sebuah gejala yang umum terjadi pada suatu penyakit. Banyak penyakit yang ditandai dengan gejala sakit kepala ini. Salah satu penyakit yang ditandai dengan gejala sakit kepala adalah kanker darah. Salah satu gejala yang menandai kanker darah adalah seseorang seringkali mengalami sakit kepala, baik sebentar maupun berkelanjutan. (Baca Juga: Ciri ciri Awal Penderita Kanker Otak)

  1. Munculnya keringat yang berlebihan, terutama ketika malam hari

Gejala selanjutnya dari kanker darah adalah seseorang serigkali mengalami keringat berlebihan di dalam tubuhnya atau di bagian- bagian tertentu. keringat ini akan bertambah jumlahnya ketika malam hari datang. Sehingga apabila seseorang mengalami keringat berlebihan, terutama pada malam hari, alangkah baiknya segera dibawa ke dokter dan diperiksa apakah sebenarnya yang menyebabkan hal tersebut terjadi. (Baca Juga: Efek Samping Vaksin Kanker Serviks , Ciri-Ciri Kanker Darah Umum dan Lanjutan)

  1. Nyeri yang terasa pada tulang ataupun pada persendian

Gejala selanjutnya yang menandai adanya kanker tulang ini adalah terasanya nyeri pada bagian tulang maupun pada bagian persendian. Tulang yang berpotensi terserang rasa nyeri bisa saja di bagian mana saja. Selain tulang, yang berpotensi terkena nyeri adalah di bagian persendian sehingga persendian kita akan sulit untuk digerakkan dan hal ini otomatis akan menghambat aktivitas yang akan dilakukan oleh kita. (Baca Juga: Bahaya Kanker Tulang Belakang ,  Penyebab Kanker Tulang)

  1. Seringkali mengalami muntah- muntah

Mengalami muntah- muntah adalah salah satu gejala terjadinya kanker darah. Muntah- muntah merupakan salah satu gejala keluarnya kembali sesuatu yang sudah ditelan dan berada di dalam lambung. Reaksi yang terjadi setelah mengalami muntah- muntah ini adalah badan menjadi lemas, dan terkadang kepala menjadi pusing.

  1. Terjadinya penurunan berat badan

Terjadinya penurunan berat badan merupakan salah satu gejala yang menandakan penyakit kanker darah ini. bagaimanapun juga penyakit dalam akan dapat menggerogoti apa yang ada di dalam tubuh manusia, termasuk sel kanker ini. Sel kanker yang terdapat di dalam darah lama-mkelamaan akan menyerang berbagai bagian tubuh manusia sehingga secara tidak sadar kita akan mengalami penurunan berat badan, baik secara bertahap maupun secara drastis. (Baca Juga: Kanker Payudara Stadium 4)

  1. Mudah sekali mengalami pendarahan

Kanker darah ditandai dengan mudahnya bagian tubuh mengeluarkan darah. Seperi misal mimisa, atau pada luka memar sering keluar darahnya. Hal ini karena darah yang ada di dalam tubuh kita terkontamunasi oleh sel- sel kanker sehingga akan terjadi gangguan di dalam tubuh yang menyebabkan darah ini kerap kali keluar dari dalam bagian tubuh tertentu menuju ke luar bagian tubuh. (Baca Juga: Tanda Awal Kanker Mulut)

Sponsors Link

  1. Munculnya bintik- bintik merah pada kulit

Gejala selanjutnya yang menandai terjadinya kanker darah adalah munculnya bintik- bintik merah yang terdapat pada kulit. Bintik- bintik merah menrupakan gejala dari terjadinya beberapa penyakit tertentu, seperti penyakit demam berdarah dan juga kanker darah ini. maka dari itu ketika pada kulit Anda megalami bintik- bintik yang berwarna kemerahan, hal tersebut mengindikasikan suatu kondisi tertentu yang membawa Anda harus memeriksakan diri ke dokter. Jika kita merasa acuh dengan adanya bintik merah yang ada pada kulit maka hal tersbeut bisa saja beresiko terhadap kesehatan kita. Maka dari itu kita tidak boleh meremehkan adanya bintik merah tersebut. (Baca Juga:  Manfaat Nanas Untuk Penderita Kanker , Manfaat Daun Afrika Untuk Pengobatan Kanker)

  1. Munculnya atau sering terjadinya infeksi parah

Gejala selanjutnya yang menandai kanker darah adalah seringkali munculnya atau terjadinya infeksi yang parah. Biasanya infeksi ini akan terjadi pada luka, sehingga bagian tubuh kita yang terluka akan mudah sekali menjadi infeksi bdan susah untuk disembuhkan. Infeksi ini banyak sekali menyerang bagian- bagian tubuh tertentu dan bagian tubuh yang terkena infeksi akan awet. Jika seeorang mempunyai luka yangmana luka tersebut terasa lama sekali untuk disembuhkan dan tidak seperti luka pada umunya, maka sebaiknya segera di bawa ke dokter. Pada dokter, orang tersebut bisa menanyakan apa penyebab luka menjadi sulit untuk sembuh dan juga menceritakan tentang keluhan- kelauhan yang dirasakan. Dengan demikian maka doktr akan dapat mendiagnosa kemungkinan apa saja yang bisa terjadi dan penyebab mengapa luka tersebut menjadi sulit sembuh. Dengan informasi yang seawal mungkin maka kita akan dapat mempertimbangkan langkah selanjutnya yang akan diambil. (Baca Juga: Ciri ciri Awal Kanker Rahim ,  Tanda tanda Kanker Rahim)

  1. Terjadi pembengkakan dan juga rasa yang tidak nyaman pada bagian perut yang diakibatkan oleh pembesaran limpa

Selanjutnya kanker darah juga ditandai dengan geja bengkaknya bagian perut seseorang sehingga menyebabkan rasa yang tidak nyaman akibat pembesaran limpa. Ya, kanker darah merupakan satu penyakit yang dapat menyebabkan terjadinya pembengkakan pada limpa. Limpa merupakan satu organ dalam tubuh manusia yang mempunyai kegunaan tertentu. Dan limpa ini merupakan satu organ yang penting untuk manusia. (Baca Juga: Gejala Kanker Usus Halus )

  1. Terjadinya pembengkakan pada nodus- nodus getah bening

Kanker darah ini juga ditandai dengan gejala terjadinya pembengkakan pada nodus- nodus getah bening. Pembengkakan ini terutama terjadi pada pada bagian leher dan juga pada bagian ketiak. Hal ini karena bagian- bagian itulah yang mempunyai banyak kelenjar getah bening. (Baca Juga:  Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening Di Leher , Penyebab Kanker Kelenjar Getah Bening di Leher)

Itulah beberapa gejala yang menandai terjadinya penyakit kanker dara dan yang umumnya terjadi. Meskipun gejala- gejala di atas disinyalir sebagai gejala yang menandai awalnya penyakit kanker darah, namun teryata hal itu belumlah pasti. Pasalnya ada penyakit lain yang mempunyai gejala- gejala yang hampir sama dengan gejala- gejala diatas, salah satunya adalah terjadinya infeksi. (Baca Juga: Buah yang Baik Untuk Obat Kanker Darah , Makanan Pencegah Kanker Darah)

Selain itu, seseorang dicurigai menderita kanker darah ketika merasakan sebagian besar dari gelala- gejala tersebut dalam satu dalam waktu yang bersamaan. Dan ketika seseoramg mengalami sebagian besar dari gejala- gejala di atas, sebaiknya segera datang ke dokter dan segera mengonsultasikan diri ke dokter agar mendapatkan penangan dengan segera dan dokter akan dapat melakukan diagnosis terhadap penyakit yang kemungkinan ditimbulkan dari gejala- gejala yang jadi tersebut. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk menlindungi diri kita dari berbagai macam hal yang membahayakan tubuh kita, termasuk terjadinya kanker darah tersebut.

, , , ,
Post Date: Saturday 03rd, December 2016 / 15:06 Oleh :
Kategori : kanker darah