Dirasa Tak Beres, Begini Tanda Awal Leukimia Pada Anak Denada

Baru-baru ini publik dihebohkan dengan pemberitaan dimana Shakira Arum anak Denada mengida[ leukemia. Dirasa tak beres, begini tanda awal leukemia pada anak Denanda : “Aku udah ngerasa ada beberapa tanda yang gak beres sama Shakira” ungkapnya. Nah, bagi anda para orang tua yang tak ingin anakanya mengidap penyakit yang sama, maka ketahuilah beberapa tanda awal leukemia berikut ini.

Sponsors Link

Leukemia adalah jenis kanker yang paling umum pada anak-anak. Leukemia adalah kanker sel darah putih. Sel-sel darah putih tumbuh dan berkembang di dalam pusat tulang yang lebat, yang disebut sumsum tulang. Sel darah lainnya juga tumbuh di sumsum tulang. Ketika anak Anda mengalami leukemia, sel-sel kanker ini tumbuh lebih cepat daripada sel-sel darah lainnya. Hal ini menyebabkan hadirnya banyak sel darah putih yang tidak berfungsi dengan baik seperti gejala leukemia pada anak.

Juga bisa mengeluarkan sel-sel darah lainnya. Ini termasuk sel darah putih, sel darah merah, dan sel yang disebut trombosit bahwa anak Anda perlu menghentikan pendarahan dengan membentuk gumpalan. Pada anak-anak, leukemia biasanya dimulai sebelum usia 10. Tanda-tanda peringatan pertama mungkin gejala flu atau flu yang tidak hilang atau tetap datang kembali. Anak Anda mungkin tampak lebih lelah dari biasanya. Anda mungkin melihat sering memar di kulit anak. Ingatlah bahwa tanda dan gejala ini mungkin disebabkan oleh kondisi lain. Andalkan dokter Anda untuk mencapai bagian bawahnya.

Tanda dan Gejala Leukemia pada Anak 

Tanda dan gejala leukemia mungkin disebabkan oleh terlalu banyak sel kanker atau tidak cukup sel normal. Ketika sel-sel kanker mendesak sel darah merah, anemia bisa berkembang. Tanda dan gejala anemia dapat meliputi:

  1. Pusing
  2. Merasa dingin
  3. Merasa lelah atau lemah
  4. Keluar dari nafas dengan mudah
  5. Sakit kepala
  6. Kulit pucat

Terlalu banyak sel kanker dan tidak cukup sel darah putih yang sehat dapat menyebabkan infeksi yang sering terjadi. Tanda dan gejala mungkin termasuk:

  1. Demam
  2. Sering gejala flu dan flu
  3. Infeksi yang sering terjadi
  4. Kelenjar bengkak

Trombosit yang tidak cukup dapat menyulitkan tubuh anak Anda untuk membuat bekuan darah dan menghentikan pendarahan secara normal. Tanda dan gejala mungkin termasuk:

  1. Gusi berdarah
  2. Potongan dan goresan yang mengeluarkan darah atau cairan untuk waktu yang lama
  3. Memar sering dan mudah
  4. Sering mimisan

Sel-sel kanker yang tumbuh dengan cepat dapat menyebabkan gejala dengan mengisi bagian dalam tulang atau dengan menyerang kelenjar getah bening. Sel-sel kanker juga dapat menyerang organ-organ lain, seperti limpa atau hati. Tanda-tanda dan gejala ini dapat muncul kemudian, tetapi mereka dapat meliputi:

  1. Tulang atau nyeri sendi
  2. Batuk atau kesulitan bernapas
  3. Kehilangan selera makan
  4. Pembengkakan perut
  5. Kelenjar getah bening yang membengkak
  6. Berat badan turun

Beri tahu dokter anak Anda jika Anda memperhatikan gejala-gejala ini dan tanda-tanda peringatan dini. Misalnya, Anda harus menyebutkan infeksi yang sering, demam, kurang energi , dan mudah memar atau pendarahan. Tanda-tanda dan gejala-gejala ini dapat disebabkan oleh sesuatu yang lain. Tetap saja, lebih baik aman. Diagnosis dini berarti pengobatan dini dan peluang penyembuhan yang sangat baik.

Sponsors Link

Sulit untuk mendiagnosis leukemia karena gejalanya biasanya muncul perlahan (kecuali pada leukemia akut yang gejalanya muncul tiba-tiba) dan karena ketika muncul, mereka keliru dengan gejala penyakit masa kanak-kanak normal lainnya. Tanda-tanda leukemia pada anak berbeda dari anak ke anak dengan akar penyebab penyakit tak dapat ditentukan sebagian besar waktu seperti jenis leukemia paling berbahaya.

Sel-sel leukemia mengelompok di sekitar sel-sel sehat yang menghasilkan trombosit, sel-sel darah putih dan sel-sel darah merah yang mengakibatkan kekurangan mereka di dalam tubuh. Selain itu, sel-sel leukemia yang menyebar di wilayah lain dari tubuh juga mempengaruhi kesehatan mereka. Sebagian besar gejala ini disebabkan karena dua alasan ini. Namun, gejala yang sama dapat disebabkan oleh penyakit lain juga. Dengan demikian, penting untuk memberi tahu dokter tentang tanda-tanda ini sesegera mungkin sehingga akar penyebab dari gejala-gejala ini dapat diidentifikasi dan diobati.

Cara Mengonfirmasi Leukemia pada Anak

Menunjukkan tanda-tanda leukemia pada anak-anak bukanlah cara 100% untuk memastikannya. Leukemia biasanya dikonfirmasi dengan tes sumsum tulang. Tes dilakukan dengan mendapatkan sumsum tulang dari tulang pinggul anak. Meskipun prosedurnya tampak menyakitkan, hanya membutuhkan waktu sekitar lima belas menit dengan anak dibius selama waktu tersebut. Sumsum kemudian diuji untuk mengkonfirmasi atau menolak keberadaan leukemia seperti perawatan leukemia mielositik akut.

Sebagian besar prosesnya dimulai ketika kesehatan anak Anda terus memburuk tanpa alasan yang normal. Dokter anak reguler akan merujuk ke ahli onkologi pediatrik yang mungkin mulai dengan berbagai tes darah untuk mengidentifikasi kelainan dalam jumlah sel darah putih dan merah dan trombosit. Jika ada hasil yang tidak biasa ditemukan, ahli onkologi hanya akan memanggil tes sumsum tulang.

Leukemia dapat berhasil diobati dengan kemoterapi yang sangat sukses. Sekitar 90% anak-anak tidak memiliki panggilan kanker di akhir perawatan mereka. Remisi permanen (tidak ada kesempatan untuk kambuh) dicapai pada sebagian besar kasus leukemia pada masa kanak-kanak meskipun diagnosis dini tetap penting.

, ,
Oleh :
Kategori : kanker darah

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.