Waspadai 7 Ciri-ciri Kanker Darah pada Remaja

Jumlah penderita kanker darah di Indonesia cukup banyak, dan memang paling banyak kasusnya terjadi pada anak-anak hingga remaja.  Kondisi ini tentu saja membuat setiap orang tua merasa khawatir akan kesehatan anak-anaknya. Agar kita bisa terhindar dari penyakit tersebut, kita perlu tahu penyebab kanker darah pada balita. Bila sudah terlanjur terkena penyakit tersebut sangat penting mengetahuiciri-ciri kanker darah pada remaja dan gejala kanker darah agar bisa segera terdeteksi. Jika cepat diketahui maka pengobatan bisa segera dilakukan dan harapan sembuh masih cukup besar.

Sponsors Link

Ciri-ciri Kanker Darah pada Remaja

Bahaya kanker darah dapat memberikan dampak buruk terhadap kesehatan remaja yang masih dalam masa pertumbuhan. Sel darah putih yang diproduksi secara abnormal menekan jumlah sel darah yang sehat sehingga remaja mengalami gangguan pada kondisi darah dalam tubuhnya. Penyakit yang sering juga disebut leukimia ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

1. Badan Terasa Nyeri dan Sering Demam

Remaja selalu aktif beraktivitas dan mungkin sesekali akan merasakan nyeri pada tubuhnya akibat kelelahan. Bahkan tak jarang mengalami demam, dan biasanya gejala tersebut akan sembuh setelah beberapa hari. Namun hal tersebut tidak berlaku pada penderita kanker darah. Rasa nyeri yang dirasakan pada tubuhnya akan sering dirasakan meski tidak sedang kelelahan, begitu juga demam yang sering terjadi dan semakin lama semakin parah.

2. Sering Mengalami Mimisan

Mimisan biasa terjadi saat suhu tubuh terlalu tinggi atau mengalami benturan pada hidung. Pendarahan tersebut biasanya akan berhenti dalam waktu singkat dan tidak disertai rasa sakit. Tetapi pada penderita kanker darah, mimisan menjadi tanda awal kanker darah yang dapat terjadi berulang kali. Pendarahan sulit berhenti dan seringkali disertai dengan sakit kepala yang hebat.

3. muncul Bintik Merah Kecil

Penderita kanker darah biasanya juga bisa menunjukkan gejala munculnya bintik-bintik kecil yang cukup banyak pada permukaan kulit. Sekilas gejala tersebut mirip dengan dengan gejala demam berdarah atau alergi. Hanya saja bintik tersebut tidak hilang meski telah diatasi karena bintik yang muncul merupakan gumpalan darah yang berasa di bawah permukaan kulit.

4. Mudah Memar dan Pendarahan

Sel darah yang rusak akibat perkembangan sel kanker akan mengalami hambatan untuk melakukan pembekuan darah saat terjadi luka. Akibatnya penderita kanker darah akan mengalami pendarahan yang hebat dan mudah sekali muncul memar di tubuhnya. Kondisi tersebut juga disebut trombositopenia dimana darah kekurangan trombosit yang berperan dalam proses pembekuan darah.

5. Mudah Terinfeksi

Kanker darah dapat menurunkan imunitas tubuh sehingga tidak heran bila remaja yang mengalami kanker darah akan lebih mudah mengalami infeksi. Infeksi yang terjadi pada tubuh akan semakin luas dan bertambah parah sehingga kondisi kesehatan penderita kanker darah pun akan menurun drastis.

6. Tubuh Lemah dan Berat Badan Menurun

Aktivitas sel kanker darah dapat menyebabkan kondisi kesehatan menjadi lemah, nafsu makan berkurang sehingga berat badan ikut terkena imbasnya. Karena itu tidak heran bila penderita kanker selalu bertubuh kurus, karena tubuhnya tidak mendapat cukup asupan nutrisi. Makanan yang kita makan akan diserap oleh sel kanker sehingga orang tersebut bisa mengalami gizi buruk.

7. Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Bahkan kelenjar getah bening yang membengkak ikut menambah resiko dari adanya sel kanker darah di dalam tubuh. Pembengkakan ini terjadi sebagai reaksi atas sel kanker darah yang mulai menyebar ke organ tubuh lainnya. Jika pembengkakan kelenjar getah bening yang normal dapat sembuh sendiri dalam beberapa hari, maka penderita kanker darah akan mengalami masalah pada kelenjar tersebut terus menerus seperti terjadi pembengkakan.

Nah, itulah gejala kanker darah pada remaja yang hampir sama dengan gejala leukimia pada anak. Pengobatan kanker darah secara medis sangat diperlukan untuk segera mengatasi penyakit tersebut. Jika gejalanya dapat diketahui lebih cepat tentu pengobatan juga lebih efisien karena penyakit masih dalam stadium awal.

, , , ,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.