Apakah Kanker Darah Bisa Sembuh? Ini Fakta-faktanya!

Siapapun yang didiagnosis menderita penyakit kanker akan merasa sangat sedih, putus asa bahkan seakan harapan untuk hidup lama sirna begitu saja. Bagaimana tidak, ada banyak jenis kanker yang hingga saat ini menyerang tanpa memandang usia dan status sosial, bahkan banyak di antara para penderita kanker harus kehilangan nyawanya. Salah satu kanker yang begitu ganas dan sering menyerang adalah kanker darah terutama leukemia pada anak. Kanker darah atau yang disebut juga penyakit leukemia merupakan penyakit kanker yang menyerang sel darah, umumnya sel darah putih. Pertumbuhan sel yang tidak normal memicu produksi sel darah putih menjadi tidak terkendali sehingga mendesak sel darah merah dan trombosit dan menyebabkan berbagai gangguan.

Sponsors Link

Tanda-tanda leukemia atau kanker darah ini umumnya terlihat dari munculnyhttps://faktakanker.com/wp-admin/post-new.phpa luka lebam atau memar yang tidak diketahui penyebabnya, sering mengalami mimisan, tubuh lemas dan lesu, berat badan menurun drastis dan nyeri pada tulang. Jika salah satu gejala kanker darah tersebut muncul, jangan tunda untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Jika dapat ditangani dengan baik dan secepat mungkin maka penyakit kanker darah masih bisa disembuhkan. Kita juga perlu mengetahui penyebab kanker darah agar dapat menghindarinya, dengan begitu penyakit ini dapat kita cegah.

Apakah Kanker Darah Bisa Sembuh?

Untuk menyembuhkan penyakit kanker darah maupun kanker lainnya bukanlah perkara mudah. Ada banyak sekali pertimbangan yang menjadi tolak ukur dapat sembuh atau tidaknya seorang penderita kanker darah. Beberapa poin yang perlu diamati antara lain:

  • faktor usia
  • jenis kanker
  • tingkat keganasan kanker
  • stadium dan luas penyebaran kanker
  • kondisi fisik penderita
  • komplikasi yang muncul akibat penyakit kanker darah.

Umumnya orang yang lebih muda lebih besar memiliki peluang kesembuhan dibandingkan dengan yang sudah tua, karena sistem kekebalan tubuh dan kesehatan fisik di usia tua seringkali tidak mendukung proses pengobatan yang tengah dijalani. Pengobatan kanker pun perlu disesuaikan dengan faktor di atas, karena setiap orang memiliki karakteristik tubuh yang berbeda tentu saja pengobatan yang dibutuhkan juga berbeda. Kemoterapi kanker termasuk pengobatan yang paling umum dilakukan untuk mengatasi penyakit kanker darah. Namun tentu saja akan ada efek samping yang terjadi selama pengobatan tersebut dilakukan.

Apakah kanker darah bisa sembuh, tentu jawabannya adalah bisa, karena setiap penyakit pasti ada obatnya. Hanya saja ada beberapa persyaratan yang memungkin seseorang dapat sembuh dari kanker darah, salah satunya adalah stadium kanker. Penyakit kanker apapun, jika dapat diketahui saat masih stadium satu atau awal tentu akan lebih mudah diobati. Sel kanker belum menyebar luas dan belum menimbulkan kerusakan yang parah di dalam tubuh. Karena itu pengobatan pun umumnya memberikan reaksi yang positif sehingga kemungkinan sembuh juga lebih besar.

Orang yang mengalami kanker juga harus terhindar dari tekanan, karena itu dukungan dari orang terdekat seperti keluarga akan sangat membantu proses penyembuhan. Selain kemoterapi, beberapa tindakan pengobatan lainnya juga dapat diberikan untuk meningkatkan efektivitasnya seperti:

  • radioterapi
  • targeted theraphy
  • pencangkokan sumsum tulang belakang
  • terapi biologis
  • pengobatan tradisional sebagai pendukung
  • pengobatan penunjang sesuai dengan kondisi fisik penderita.
Sponsors Link

Tanda-tanda Kanker Darah Mulai Sembuh

Bagi para penderita kanker khususnya kanker darah, jangan pernah merasa putus asa dan terpuruk dengan penyakit yang diderita. Keinginan untuk sembuh dan semangat yang kuat untuk menghadapi penyakit tersebut sangat membantu dalam penyembuhan, karena tubuh akan terangsang untuk melawan kanker dari dalam sehingga sel kanker dapat lebih cepat diatasi. Jika memang seorang penderita kanker darah sudah mulai sembuh, setidaknya beberap kondisi tersebut akan muncul yaitu:

  • tidak mengalami mimisan atau pendarahan dalam
  • tubuh terasa lebih sehat dan kuat
  • tidak ada rasa nyeri di tulang atau otot
  • jumlah eritrosit, trombosit dan leukosit mendekati normal atau sudah dalam kondisi normal
  • gejala seperti mual, muntah, pusing, mata sakit dan sebagainya sudah berkurang bahkan hilang.

Sebagai penunjang proses penyembuhan kanker darah, selain pengobatan juga diperlukan tindakan penunjang yang membantu menguatkan tubuh dalam melawan penyakit kanker. Penderita kanker harus terhindar dari stres, jadi keluarga, teman dan kerabat hendaknya senantiasa menemani dan menghibur agar suasana hati penderita kanker darah tetap tenang. Makanan yang bergizi dan seimbang juga perlu diperhatikan, hindari makanan berprotein tinggi, juga gula dan makanan cepat saji. Perbanyak konsumsi buah dan sayur agar sistem kekebalan tubuh terus meningkat.

Kanker darah memang termasuk salah satu jenis kanker yang sulit disembuhkan, namun harapan sembuh tetap ada jika mau terus berusaha mengobati dan lebih tanggap dengan gejala yang muncul agar dapat cepat terdiagnosis. Namun perlu diingat, tidak ada kanker sembuh dengan sendirinya, jadi perlu upaya ekstra untuk mengobati agar dapat sembuh dari kanker payudara.

, ,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.