kanker darah

Kanker DarahPada awalnya, semua sel-sel darah berasal dari sel darah induk. Meskipun beberapa sel darah induk ada didalam darah, namun sebagian juga berada di dalam sumsum tulang. Sel induk darah tersebut bertugas untuk memproduksi 3 tipe sel darah yaitu:

  •  Sel darah merah – Berfungsi penting untuk mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh
  • Trombosit – Membantu platelet membentuk gumpalan darah dan memperlambat atau menghentikan terjadinya pendarahan
  • Sel darah putih – Membantu memerangi/melawan infeksi

Ketika sel-sel darah mati, sel darah induk memproduksi sel-sel darah baru untuk menggantikannya. Lalu bagaimana terjadinya sel kanker darah??

Proses Terjadinya Kanker Darah

Sel kanker darah ini, biasa dikenal dengan sel leukimia dan sel ini memproduksi dirinya dalam beberapa bagian. Kemudian bagian itu dibagi lagi menjadi bagian-bagian lain untuk memproduksi sel-sel leukemia yang lebih banyak. Tidak seperti sel darah normal yang dapat mengalami kerusakan dan mati, sel-sel leukemia tidak akan mati meskipun mereka mengalami kerusakan. Karena tidak dapat mati, sel-sel leukemia dapat membangun dan mendesak sel darah normal.

Sel darah merah yang lemah akan menjadikan tubuh sulit untuk memperoleh asupan oksigen, mengontrol pendarahan atau melawan infeksi. Ciri-ciri kanker darah akan terus bermunculan, hingga sel-sel leukemia menyebar ke organ-organ lain seperti kelenjar getah bening, limpa dan otak.

Jenis-jenis

Secara garis besar kanker darah dikenal dengan beberapa jenis, umumnya jenis-jenis tersebut merupakan tipe akut dan kronis. Untuk mengetahui detailnya silahkan baca pembahasan berikut ini :

1. Leukemia myeloid akut

Leukimia myeloid akut (AML) mempengaruhi sel-sel myeloid dan tumbuh dengan cepat. Leukimia tersebut akan menghancurkan darah dan sumsum tulang.

2. Leukemia limfoid akut

Leukimia limfoid akut (ALL), akan mempengaruhi sel-sel limfoid dan tumbuh dengan cepat. leukimia limfoid menghancurkan sel darah dan sumsum tulang.

3. Leukemia myeloid kronis

Leukemia myeloid kronis (CML), mempengaruhi sel-sel dan biasanya tumbuh secara perlahan diawal gejala. Tes darah akan menunjukkan adanya peningkatan di sebagaian sel-sel darah. Sel-sel darah yang tidak normal tetap bekerja dengan baik. Kecil kemungkinan leukemia jenis ini menghancurkan sel-sel di dalam sumsum tulang.

4. Leukemia limfoid kronis

Leukemia limfoid kronis (CLL) mempengaruhi sel-sel limfoid dan biasanya tumbuh secara perlahan. Tes darah akan menunjukkan sel-sel darah putih. Sel-sel tidak normal hampir bekerja dengan baik jika sel-sel darah putih dalam keadaan normal.

Penyebab

Berdasarkan beberapa hasil penelitian yang dilakukan oleh para ahli, ditemukan bahwa penyebab kanker darah diantaranya adalah :

1. Paparan zat kimia

Terlalu sering terkena atau menggunakan barang yang mengandung bahan kimia sangat beresiko untuk terkena kanker darah. Misalnya seperti penggunaan bahan-bahan makanan cepat saji, penyedap rasa, makanan kemasan hingga kosmetik.

2. Kebiasaan yang tidak sehat

Kebiasaan-kebiasaan yang tidak sehat seperti merokok dan mengkonsumsi alkohol dapat memicu tumbuhnya sel-sel kanker darah. Dimana rokok dan alkohol mengandung zat-zat berbahaya seperti zat karsinogen yang dapat memicu pertumbuhan sel-sel kanker darah.

3. Radiasi

Penyebab yang selanjutnya adalah adanya paparan radiasi yang mengenai tubuh terlalu sering. Paparan radiasi juga merupakan faktor tingkat tinggi dari penyebab kanker darah.

4. Infeksi virus

Virus yang dapat memicu kanker darah adalah virus yang terdiri dari satu benang tunggal RNA dan bukan DNA. Setelah menginfeksi sel virus ini akan mengkopi dirinya untuk kemudian membentuk DNA dari RNA yang dimilikinya.

Pencegahan

Untuk menghindari serangan kanker darah, ada baiknya jika anda melakukan hal-hal seperti dibawah ini:

1. Olahraga secara teratur

Meurut beberapa penelitian, olahraga secara teratur dapat membantu untuk mengurangi resiko kanker darah. Olahraga-olahraga ringan seperti jogging, latihan kekuatan, jalan cepat dan berenang selama kurang lebih 30 menit merupakan awal yang baik untuk melindungi tubuh dari serangan berbagai penyakit.

2. Diet dengan cara tepat

Selain olahraga, diet sehat dengan cara yang tepat juga dapat membantu tubuh untuk mencegah perkembangan sel-sel kanker, termasuk kanker darah. Diet sehat dapat dilakukan dengan memperbanyak konsumsi buah-buahan, biji-bijian dan sayuran serta mengurangi jumlah konsumsi lemak yang berasal dari hewan.

Dengan mengetahui apa yang dimaksud dengan kanker darah, macam-macam jenis, penyebab serta pencegahannya diharapkan saat ini anda dapat lebih berhati-hati dan senantiasa menjaga kesehatan dengan baik.

Artikel Dalam Kategori kanker darah