10 Ciri Ciri Kanker Amandel Penting Untuk Diwaspadai

Penyakit kanker yang menyerang manusia memang bermacam- macam jenisnya. Bahkan perkembangan zaman yang menuntut manusia menerapkan pola hidup tidak sehat, menjadi awal dari bersarangnya penyakit mematikan ini. Dari beberapa jenis kanker yang berbahaya, kanker amandel adalah salah satunya. Beberapa orang awam mungkin akan sulit membedakan penyakit amandel dengan kanker tonsil. Ya, nama lain dari kanker pada bagian tenggorokan ini adalah kanker tonsil. Oleh karenanya, penting untuk diketahui cirri kanker amandel yang kemungkinan justru dianggap hal yang biasa saja. (baca juga: Gejala Kanker Mata pada Anak, Efek Kanker Hati Stadium 4)

Sponsors Link

Kanker tonsil atau kanker pada amandel ini umumnya diderita oleh pria dibandingkan wanita. Mengapa demikian? Seperti yang sudah menjadi rahasia umum bahwa pria lebih akrab dengan penyebab kanker seperti rokok, alkohol, atau narkoba. Kanker amandel juga bisa disebabkan oleh oral seks yang dilakukan secara bebas. Terutama jika kebetulan sang wanita juga mengidap kanker serviks atau penyakit mematikan lainnya. Jadi, kemungkinan mereka yang dekat dengan beberapa faktor tersebut lebih tinggi mengidap penyakit ini. Berikut adalah ciri ciri kanker amandel yang penting diwaspadai.

Artikel Terkait: Perbedaan Kanker Tiroid dan Hipertiroid , Perbedaan Kanker Rahim dan Kanker Leher Rahim

1. Nyeri

Rasa sakit pada beberapa bagian tubuh akan dirasakan oleh penderita kanker tonsil. Rasa nyeri tersebut pada umumnya muncul di bagian terdekat dari sel kanker seperti tenggorokan, leher, telinga, dan sebagainya. Tenggorokan akan merasakan panas dan nyeri serta pada waktu tertentu perkembangan sel kanker menyebabkan rasa sakit saat menelan makanan atau minuman sekalipun.

2. Benjolan

Secara umum penderita kanker akan akrab dengan benjolan. Benjolan sering terdapat pada area yang diserang sel kanker. Jadi, pada kanker amandel ini, benjolan akan muncul di bagian tonsil atau seputar leher dan tenggorokan. Benjolan ini umumnya juga menyebabkan rasa nyeri karena adanya penekanan di area tersebut ketika sel kanker membesar.

Baca Juga:

3.Pembengkakan

Pembengkakan pada sekitar leher serta beberapa bagian kelenjar getah bening seperti lengan atau paha akan dirasakan oleh penderita. Kanker amandel menyebabkan bengkak tersebut membesar dan seringkali disertai rasa sakit jika tersentuh. Hal ini disebabkan adanya peradangan pada kelenjar getah bening serta beberapa jaringan organ yang terpengaruh oleh hadirnya sel kanker.

4. Sulit Menelan

Kesulitan saat menelan biasa dirasakan oleh semua orang saat mengalami panas dalam atau radang tenggorokan. Kondisi ini juga bisa terjadi jika seseorang menderita kanker tonsil, sehingga anda disarankan untuk lebih waspada. Gejala ini sulit dikenali karena dianggap sebagai penyakit tenggorokan biasa. (baca juga: Jenis Kanker yang Menular, Pengobatan Alternatif Kanker Hati Stadium 4)

Sponsors Link

5. Tonsil Membesar

Area tonsil atau amandel akan membesar secara tidak terkendali. Kondisi ini akan terjadi pada penderita jika sudah memasuki stadium lanjut. Selain pembesaran pada bagian amandel sebelah atau seluruhnya, tekanan yang terjadi disekitar area tersebut akan membuat produksi ludah menjadi semakin berkurang. Akibatnya penderita akan mengalami xerostomia yang memungkinkan terjadinya dehidrasi akut.

Artikel Terkait: Fotodinamik Terapi , Kemoterapi Kanker Payudara

6. Pusing dan Mual

Pada sebagian kasus kanker amandel, penderita kanker juga bisa mengalami pusing disertai mual. Kondisi ini disebabkan perubahan suhu badan yang semakin panas di bagian dalam serta naiknya asam lambung karena terganggunya nafsu makan penderita saat mengalami peradangan di bagian tenggorokan. (baca juga: Ciri-Ciri Kanker Nasofaring, Cara Mengobati Kanker Prostat)

7. Perubahan Pada Suara

Suara yang biasanya terdengar normal, akan berubah menjadi serak dan parau. Efek ini disebabkan tidak adanya cairan yang cukup disekitar pita suara serta reaksi dari sel kanker yang sudah semakin memperluas area penyebarannya di dalam kerongkongan. Perubahan pada suara biasanya lebih diyakini sebagai bagian dari panas dalam. Namun, anda perlu waspada jika hal tersebut terjadi dalam kurun waktu yang lama (lebih dari satu pekan) karena hal tersebut bisa menjadi tanda awal adanya gangguan pada bagian tenggorokan.

8. Sesak Napas

Penekanan pada sekitar area kerongkongan menyebabkan beberapa saluran pernapasan ikut terganggu. Kondisi ini dapat berakibat pada kurangnya oksigen yang masuk ke paru-paru dan penderita seringkali menarik napas secara berat atau mengalami sesak napas dalam jangka waktu tertentu terutama disaat suhu udara sekitarnya rendah (dingin)

Baca Juga:

Sponsors Link

9. Bau Mulut

Gejala yang bisa dengan mudah diamati jika terindikasi adanya gangguan kesehatan dalam tubuh seseorang adalah bau mulut. Ya, bau mulut yang tidak sedap menjadi tanda awal bahwa seseorang tersebut sedang menderita penyakit tertentu. Begitu juga dengan kanker tonsil yang memberitahukan keberadaannya lewat bau mulut penderita. Kondisi ini disebabkan karena kuman yang sudah berada di dalam mulut tengah bereaksi liar dengan sel kanker sehingga perubahan yang buruk akan terjadi yaitu menjadikan bau mulut tidak sedap atau tidak seperti biasanya.

10. Flu Menahun

Virus influenza yang biasanya hadir dan dapat ditangani dengan cepat, justru sebaliknya dirasakan oleh penderita kanker amandel. Selain peradangan pada beberapa saluran pernapasan seperti tenggorokan, hidung, dan mengalami sesak napas. Penderita kanker tonsil akan merasakan flu yang akut atau tidak bisa sembuh dalam jangka waktu yang lama (lebih dari seminggu). Berdasarkan beberapa kasus, biasanya flu ini juga akan berakibat pada menurunnya daya tahan tubuh penderita yang membuatnya semakin lemah dan ketidaknyamanan pada anggota tubuh. (baca juga: Gejala Awal Kanker Getah Bening)

Kanker amandel secara umum dikarenakan oleh beberapa faktor spesifik yang telah disebutkan sebelumnya. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan kanker ini juga dikarenakan pola makan atau kebiasaan lainnya yang tidak sesuai dengan aturan kesehatan secara umum. Pencegahan terhadap penyakit ini bisa dilakukan dengan beberapa cara sebagai berikut:

  • Hindari makanan yang terlalu pedas, asam, atau yang bercita rasa sedikit berlebihan
  • Mengonsumsi makanan panas dan dingin juga merupakan salah satu faktor pemicu
  • Jauhi makanan berpengawet atau cepat saji yang banyak beredar
  • Hindari dehidrasi dan rajin mengonsumsi vitamin C

Artikel Lainnya: Gejala Kanker Mulut , Kemoterapi Kanker Darah

Kebiasaan yang sehat dengan menerapkan pola makan dan istirahat adalah salah satu cara menjaga kondisi tubuh dengan baik selain olahraga. Penyakit kanker secara umum mudah dicegah dengan aturan pola makan yang baik serta mengatur pola pikir agar jauh dari kata stres maupun penat.

Demikian artikel informatif tentang ciri-ciri kanker amandel yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat bagi anda!

, ,
Oleh :
Kategori : Kanker Amandel

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.