6 Penyebab Kanker Adrenal dari Kebiasaan Sehari Hari

Kanker adrenal merupakan kanker yang muncul pada kelenjar adrenal manusia, dimana kelenjar tersebut sangat penting untuk menghasilkan hormon endokrin dan letaknya dekat dengan ginjal. Kasus kanker adrenal memang cukup jarang, tidak seperti kanker rahim, kanker serviks, kanker darah dan kanker payudara yang kasusnya paling sering muncul terutama di Indonesia. Kanker adrenal biasanya ditandai dengan adanya benjolan yang tumbuh pada kelenjar tersebut dengan ukuran bervariasi mulai dari satu cm hingga lebih dari tiga cm. Kanker ini cukup berbahaya dan dapat menjalar ke organ lain jika tidak segera ditangani.

Sponsors Link

Gejala yang muncul pada penderita kanker adrenal antara lain sakit perut dan panggul, sering mengalami sakit kepala, produksi hormon yang berlebihan, meningkatknya kortisol sehingga memicu tekanan darah tinggi, berat badan menurun, sering sesak napas dan berkeringat serta sering gemetaran. Pemeriksaan dini merupakan cara paling tepat untuk mencegah atau mendeteksi sedini mungkin keberadaan kanker adrenal sebelum masuk ke stadium lanjut. Adapun beberapa hal yang menjadi penyebab munculnya kanker adrenal antara lain sebagai berikut.

1. Kanker pada Organ Lain

Penyebab pasti dari kanker adrenal sendiri memang belum diketahui secara pasti, namun para peneliti dan tim medis memiliki gambaran terhadap beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab munculnya kanker adrenal. Salah satunya adalah sel kanker dari organ tubuh yang lain yang bermetastatis ke kelenjar adrenal sehingga kelenjar tersebut juga terserang kanker. Kanker yang paling sering menyebabkan kondisi tersebut adalah kanker usus besar, kanker tiroid dan kanker kulit.

2. Gangguan Autoimun

Gangguan autoimun bisa terjadi pada siapa saja, dan kondisi tersebut membuat seseorang mengalami ketidakseimbangan metabolisme. Gangguan autoimun bisa terjadi mendadak, dan pada saat hal tersebut terjadi, tubuh akan rentan mengalami penyakit termasuk mudahnya sel kanker untuk berkembang. Hal ini menjadi pemicu munculnya sel kanker pada kelenjar adrenal maupun organ tubuh lainnya.

3. Faktor Genetik

Tidak dapat dipungkiri bahwa faktor keturunan memberikan kontribusi yang besar terhadap kondisi kesehatan seseorang. Orang yang memiliki orangtua dengan riwayat penyakit kanker termasuk kanker adrenal akan memiliki resiko yang lebih besar untuk mengidap penyakit yang sama. Hal ini dikarenakan sifat sel orang tersebut mirip bahkan ada yang sama dengan milik induknya sehingga memiliki kerentanan yang sama terhadap suatu penyakit.

4. TBC

TBC bukan hanya menyerang organ paru-paru saja, namun juga bisa menyerang kelenjar adrenal. Kondisi tersebut membuat kelenjar adrenal rentan terkena penyakit lainnya, termasuk munculnya sel kanker. Jika kelenjar adrenal sedang mengalami masalah, sebaiknya segera ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan medis yang lebih baik agar jangan sampai sel kanker muncul pada kelenjar yang penting tersebut.

Sponsors Link

5. Hormon yang Tidak Seimbang

Seseorang yang kadar hormon dalam tubuhnya sedang tidak stabil sangat rentan terserang penyakit. Bisa dikatakan setiap bibit penyakit akan mudah untuk berkembang jika kondisi hormon dalam tubuh tidak seimbang. Salah satu pemicu kondisi ini adalah makanan yang mengandung bahan kimia seperti makanan cepat saji, juga penggunaan KB yang mengganggu produksi hormon. Karena itu biasakan untuk makanan yang sehat dan bergizi dan juga menjaga agar kondisi tubuh tetap prima.

6. Merokok

Apapun alasannya, merokok dapat menyebabkan berbagai penyakit bersarang dalam tubuh kita. Asap rokok yang banyak mengandung senyawa kimia berbahaya dapat membuat sel-sel dalam tubuh mengalami aktivitas yang abnormal sehingga dapat memicu mutasi genetik dan menimbulkan sel kanker adrenal, juga kanker paru-paru dan kanker tenggorokan. Karena itu sebelum terlambat segera hentikan kebiasaan merokok dan mulailah untuk hidup sehat.

Demikian penyebab kanker adrenal yang bisa disampaikan. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan dan rutin memeriksakan diri melalui medical check up untuk mendeteksi penyakit apapun sebelum terlambat untuk ditangani.

,
Post Date: Thursday 19th, October 2017 / 06:41 Oleh :
Kategori : Kanker Adrenal