Sponsors Link
     Sponsors Link

15 Penyebab Kanker Kelenjar Getah Bening di Leher

ads

Kelenjar getah bening merupakan salah satu bagian dari tubuh yang berfungsi sebagai sistem kekebalan tubuh pada manusia. Bagian ini membantu dalam menjaga tubuh untuk terhindar dari berbagai virus atau bakteri yang menyebabkan suatu penyakit. Apabila kelenjar getah bening terinfeksi suatu virus atau mengalami gangguan, maka akan menunjukkan suatu tanda. Tanda-tanda yang timbul, yaitu seperti adanya pembengkakan pada kelenjar getah bening. Jika penyakit tersebut sudah hilang, maka kelenjar getah bening akan kembali mengempis. (Baca juga: Bahaya Kanker Kelenjar Getah Bening ).

Pada umumnya, kelenjar getah bening terdapat pada seluruh bagian tubuh. Namun ketika terjadi pembengkakan, biasanya akan timbul di ketiak, dagu bagian bawah, leher, dan pangkal paha. Salah satu penyakit yang dapat menyerang kelenjar getah bening, yaitu penyakit kanker. Kanker kelenjar getah bening merupakan suatu penyakit yang timbul dikarenakan adanya sel – sel kanker yang tidak terkontrol menyebar ke kelenjar getah bening. Penyebab penyakit kanker kelenjar getah bening ini belum diketahui secara pasti. (Baca juga: Kanker Kelenjar Getah Bening di Leher ).

Diperlukan penelitian terkait yang mampu mendukung mengenai penyebab penyakit kanker kelenjar getah bening. Penyakit kanker ini dapat menyerang siapa pun, baik pria maupun wanita terutama ketika berada di usia 50 tahun ke atas. Namun tidak menutup kemungkinan penyakit ini menyerang orang – orang yang berada pada usia 50 tahun ke bawah. (Baca juga: Penyebab Kanker Getah Bening Pada Anak )

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kelenjar getah bening berada pada setiap bagian tubuh manusia, contohnya di leher. Penyebab kanker kelenjar getah bening jika dikaitkan dengan posisinya secara umum sama saja, yang membedakan hanyalah letak atau posisi dari pembengkakan akibat adanya penyakit tersebut, begitu pun dengan penyakit kanker kelenjar getah bening pada leher. (Baca juga: Ciri-ciri Kanker Kelenjar Getah Bening)

Meskipun penyebab dari penyakit kanker kelenjar getah bening, terutama pada leher, belum diketahui dengan jelas, ada baiknya kita mengetahui beberapa penyebabnya secara umum. Berikut ini adalah pemaparan mengenai penyebab kanker kelenjar getah bening pada leher. (Baca juga: Penyebab Kanker Kelenjar Getah Bening ).

  1. Adanya faktor keturunan atau genetik

Tidak dapat dipungkiri bahwa salah satu penyebab dari penyakit kanker adalah adanya faktor keturunan atau genetik. Sama halnya dengan penyakit kanker kelenjar getah bening. Apabila dalam suatu keluarga terdapat anggota keluarga yang pernah mengidap penyakit kelenjar getah bening, maka ada kemungkinan bahwa anggota keluarga yang lainnya akan terserang juga. Untuk memastikan hal tersebut, diperlukan pemeriksaan riwayat penyakit yang ada pada keluarga.

  1. Penurunan daya tahan tubuh

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kelenjar getah bening merupakan salah satu sistem yang berperan dalam menjaga sistem kekebalan atau daya tahan tubuh. Jika organ tubuh ini mengalami gangguan seperti terserang penyakit kanker, maka daya tahan tubuh akan mengalami penurunan. Hal ini menyebabkan tubuh menjadi mudah terserang berbagai macam penyakit yang cukup membahayakan.

Sponsors Link

  1. Sering mengkonsumsi makanan yang mengandung zat kimia

Tubuh memerlukan asupan nutrisi yang ada pada makanan. Tetapi, kita tidak boleh sembarangan dalam mengkonsumsi suatu makanan. Kita perlu memastikan bahwa makanan tersebut benar-benar layak untuk dikonsumsi atau tidak. Kita juga perlu memerhatikan zat-zat yang terkandung di dalam makanan tersebut. Karena pada zaman yang serba modern saat ini, banyak makanan yang mengandung bahan-bahan pengawet buatan, pewarna buatan, dan zat-zat kimia lainnya. Jika makanan yang mengandung zat kimia tersebut sering dikonsumsi, maka secara perlahan akan merusak organ-organ yang ada dalam tubuh, terutama kelenjar getah bening. Oleh sebab itu, hindari berbagai jenis makanan yang mengandung zat-zat kimia, karena hal tersebut akan menyebabkan penyakit kanker kelenjar getah bening terutama pada leher.

  1. Mengkonsumsi minuman beralkohol

Alkohol merupakan zat yang berbahaya apabila dikonsumsi secara berlebihan. Zat tersebut akan merusak jaringan-jaringan yang ada dalam tubuh. Minuman beralkohol pun akan menyebabkan timbulnya penyakit kanker kelenjar getah bening. Oleh sebab itu, hindari mengkonsumsi minuman beralkohol untuk menghindari berbagai penyakit yang mungkin timbul, khususnya penyakit kanker kelenjar getah bening. (Baca juga: Makanan Pencegah Kanker Kelenjar Getah Bening ).

  1. Tidak membiasakan berolahraga

Olahraga sangat membantu dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Kebiasaan berolahraga juga akan senantiasa membuat tubuh menjadi lebih segar dan sehat. Apabila tidak membiasakan diri meluangkan waktu untuk berolahraga, seseorang akan kesulitan menjaga kesehatan tubuhnya. Kegiatan berolahraga akan membantu mengurangi indikasi adanya penyakit kanker kelenjar getah bening. Oleh sebab itu, sesibuk apapun kegiatan kita, ada baiknya jika kita meluangkan waktu untuk berolahraga agar sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

  1. Kurang mengkonsumsi air putih

Kurangnya intensitas dalam meminum air putih menjadi penyebab timbulnya penyakit kanker kelenjar getah bening. Tubuh kita dianjurkan untuk meminum air putih sebanyak 8 gelas dalam sehari. Karena air putih akan membantu dalam membunuh atau membuang racun-racun yang ada dalam tubuh. Oleh sebab itu, seringlah mengkonsumsi atau meminum air putih, minimal 8 gelas per hari.

sponsored links
  1. Kebiasaan merokok

Sering disebutkan bahwa rokok merupakan salah satu penyebab utama dari timbulnya suatu penyakit, salah satunya penyakit kanker kelenjar getah bening. Kebiasaan merokok dimulai dari perokok pasif. Kebiasaan merokok dapat membahayakan organ-organ yang ada dalam tubuh, meskipun merupakan perokok pasif. Ada baiknya, kebiasaan merokok tersebut dikurangi dan bahkan dihindari. (Baca juga: Pengobatan Kanker Kelenjar Getah Bening)

  1. Gaya hidup yang tidak sehat

Gaya atau pola hidup yang tidak sehat merupakan salah satu penyebab dari adanya suatu penyakit, terutama penyakit kanker kelenjar getah bening. Oleh sebab itu, kita perlu mengatur kebiasaan hidup yang sehat agar terhindar dari berbagai penyakit, seperti istirahat yang cukup, memperhatikan makanan yang dikonsumsi, dan berolahraga secara teratur.

  1. Akibat terserang virus

Virus atau bakteri biasanya berasal dari faktor lingkungan di sekitar kita. Hal ini akan menyebabkan seseorang terkena penyakit kanker kelenjar getah bening. Apabila orang tersebut terserang oleh virus, maka tubuh akan mengalami infeksi, sehingga tubuh menjadi mudah terkena penyakit. Faktor ini akan ditandai dengan adanya gejala flu atau terjadi pembengkakan pada bagian tubuh tertentu, contohnya leher.

  1. Akibat adanya infeksi

Tubuh yang terinfeksi oleh zat-zat yang berbahaya akan membuat tubuh mengalami berbagai masalah kesehatan. Infeksi yang dialami oleh tubuh akan meningkatkan jumlah sel darah putih yang ada dalam tubuh. Hal ini menjadi tanda bahwa adanya zat-zat yang tidak dikenal yang masuk ke dalam tubuh. (Baca juga: Efek Kemoterapi Kanker Getah Bening ).

  1. Terjadi peradangan

Peradangan yang terjadi pada kelenjar getah bening ini disebabkan oleh zat – zat asing berbahaya yang tidak dikenal yang masuk ke dalam tubuh. Faktor ini memicu timbulnya peradangan pada sel darah putih yang kemudian mematikan sel darah putih tersebut.

  1. Terjadi kanker darah

Penyakit kanker darah dapat menyebabkan terjadinya penyakit kanker kelenjar getah bening. Hal ini dikarenakan kelenjar getah bening dalam tubuh menjadi tidak terkendali.

Apabila kita terlambat menghindari penyebab timbulnya penyakit kanker kelenjar getah bening pada leher, maka kita perlu melakukan penanganan baik berupa pencegahan atau pengobatan. Pencegahan dapat dilakukan salah satunya dengan membiasakan pola hidup yang sehat. Sedangkan, pengobatan dapat dilakukan melalui dua cara yaitu, pengobatan herbal dan pengobatan medis. Jenis pengobatan yang akan dilakukan tergantung pada kebutuhan dan saran dari dokter. Selain itu, kita perlu mengetahui tingkatan atau fase dari penyakit kanker kelenjar getah bening. Hal tersebut dilakukan untuk menganalisis gejala – gejala yang timbul dari adanya penyakit tersebut. Berikut adalah jenis stadium yang ada pada penyakit kanker kelenjar getah bening. (Baca juga: Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening)

  • Stadium 1: Tahap ini disebut dengan stadium awal. Pada tahap awal, diketahui adanya limfoma yang hanya terdapat pada kelenjar getah bening.
  • Stadium 2: Pada tahap ini, limfoma mulai menyerang kelenjar getah bening bagian satu dari sisi dada atau perut.
  • Stadium 3: Pada tahap ini, limfoma mulai menyerang kelenjar getah bening dua sisi bagian perut atau dada.
  • Stadium 4: Tahap ini disebut juga sebagai stadium akhir. Pada stadium akhir, limfoma hampir menyerang 90% jaringan tubuh kelenjar getah bening yang ada pada organ tubuh lainnya.

Itulah pemaparan mengenai penyebab dari penyakit kanker kelenjar getah bening, khususnya pada leher. Meskipun kelenjar getah bening terdapat pada setiap bagian tubuh, penyebabnya sama saja. Sebaiknya, lakukan pencegahan terhadap hal-hal yang dapat menyebabkan penyakit tersebut. Semoga bermanfaat. (Baca juga: Manfaat Nanas Untuk Kanker ).

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Wednesday 02nd, November 2016 / 05:06 Oleh :