Sponsors Link
     Sponsors Link

10 Penyebab Kanker Getah Bening Pada Anak Paling Berbahaya

ads

Anak-anak, tak terkecuali bayi yang baru lahir, sekarang ini memiliki faktor resiko yang sama besarnya dengan orang dewasa untuk terkena kanker. Jumlah anak-anak penderita kanker terus meningkat dari tahun ke tahun. Total saat ini sebesar 2-4% penderita kanker di seluruh dunia adalah anak-anak. Sebuah laporan jurnal kesehatan internasional melaporkan bahwa angka kematian anak sebanyak 10% disebabkan oleh kanker. Di Indonesia sendiri, jumlah anak-anak penderita kanker juga terus meningkat. Parahnya lagi, anak-anak ini dibawa ke rumah sakit saat kankernya sudah berada pada stadium lanjut. Salah satu jenis kanker paling mematikan yang kerap menyerang anak-anak khususnya usia 5 tahun ke atas adalah kanker kelenjar getah bening.

Kelenjar getah bening adalah salah satu kelenjar pada tubuh manusia yang terletak di leher, ketiak, dada, dan pangkal paha. Fungsi kelenjar getah bening ini sangat vital bagi manusia karena digunakan sebagai tempat berkumpulnya sel-sel darah merah yang mengedarkan oksigen dan sari-sari makanan ke seluruh tubuh serta sebagai imunitas tubuh melawan berbagai penyakit ganas.

Baca juga:

Kelenjar getah bening memproduksi cairan yang disebut cairan limfatik. Cairan berwarna putih susu ini kaya akan protein, lemak dan limfosit yang sangat dibutuhkan tubuh sebagai daya tahan terhadap berbagai serangan penyakit. Saat virus atau bakteri menyerang kelenjar getah bening,  cairan limfatik tidak dapat berfungsi secara maksimal dan menyebabkan daya tahan tubuh menurun. Kelenjar betah bening pun akan terinfeksi dan mengalami pembengkakan. Kondisi inilah yang disebut dengan kanker getah bening. (Baca Juga: Gejala Kanker Darah)

Kanker getah bening adalah salah satu jenis kanker yang berada pada urutan teratas jenis kanker ganas yang paling mematikan. Hal ini jelas karena kanker getah bening menyerang sistem limfatik tubuh yang bertanggung jawab pada pertahanan atau imunitas tubuh. Bila imunitas tubuh melemah, komplikasi penyakit lain yang timbul akibat paparan bakteri dan virus juga akan bertambah banyak. Kanker getah bening umumnya menyerang manusia berumur 60 tahun ke atas. Namun, tak jarang juga kanker getah bening ini menyerang usia muda dan bahkan anak-anak.

Penyebab kanker getah bening pada anak bisa disebabkan oleh infeksi lokal atau infeksi di luar kelenjar yang membengkak. Ancaman virus atau bakteri juga menjadi salah satu faktor pemicunya. Berikut ini adalah penyebab-penyebab umum yang menjadi penyebab kanker kelenjar getah bening pada anak.

sponsored links

1. Genetik

Orang tua dengan riwayat kanker getah bening kemungkinan besar akan mewariskan penyakit yang sama pada anaknya. Tak hanya itu, garis silsilah keluarga sebelumnya juga dapat beresiko menimbulkan kanker getah bening pada anak. Penyebab kanker karena faktor genetik ini merupakan sebab yang tak terhindarkan dan tidak ada alternatif lain untuk mencegahnya lebih dini. (Baca Juga: Penyebab Kanker Payudara , Penyebab Kanker Otak)

2. Radikal Bebas

Bagaimana mungkin anak-anak dapat terkena dampak radikal bebas? Tentu saja sangat mungkin. Anak-anak yang hidup di kota besar dan sering menghabiskan waktunya di luar ruangan sangat rentan terpapar radikal bebas akibat polusi asap kendaraan dan asap pabrik industri. Demikian juga anak-anak yang sering menghabiskan waktu dengan bermain di bawah paparan teriknya sinar matahari. Sinar matahari siang sangat berbahaya bagi tubuh karena sinar ultraviolenya dapat menginfeksi kelenjar getah bening dan menyebabkan kanker getah bening. (Baca Juga: Manfaat Antioksidan Kanker , Manfaat Vitamin E Untuk Kanker)

3. Peradangan

Peradangan khususnya pada tenggorokan juga menjadi pemicu besar terjadinya kanker getah bening. Radang tenggorokan kerap timbul pada anak-anak yang gemar mengkonsumsi makanan sembarangan yang tidak dijaga kebersihannya. Padahal, anak-anak suka sekali jajan di luar rumah dan orang tua kerap luput mengawasi makanan apa saja yang dikonsumsi anak-anaknya. Radang tenggorokan yang sering terjadi dan makin bertambah parah dapat memicu pembengkakan kelenjar getah bening yang menyebabkan kanker.

Baca juga:

4. Penurunan Kekebalan Tubuh

Anak-anak memang hobi bermain dan sangat aktif. Terkadang, mereka tidak sadar bahwa tubuhnya sudah sangat kelelahan dan masih terus memaksakan bermain. Anak yang aktif memang baik karena itu berarti dia sehat, namun hati-hati. Bila anak sudah tampak kelelahan, minta dia untuk berhenti dan beristirahat karena bila tubuh lelah namun terus dipaksa untuk bergerak dapat menggangu kerja kelenjar getah bening yang menyebabkan turunnya sistem imunitas atau kekebalan daya tahan tubuh yang dapat menyebabkan kanker.

5. Infeksi Virus HIV

Infeksi virus HIV memang sangat mengerikan dampaknya, tak terkecuali juga dapat menyebabkan anak terkena kanker getah bening. Penyebaran virus ini bisa melalui kontak cairan dengan tubuh penderita (ibu menyusui yang memiliki riwayat virus HIV akan otomatis menulari anaknya),  jarum suntik yang dipakai saat menyuntikkan vaksin atau imunisasi dan transfusi darah. Pastikan dokter atau ahli kesehatan yang menyuntikkan vaksin saat anak Anda diimunisasi menggunakan jarum baru yang benar-benar steril. (Baca Juga: Penyebab Kanker Anal , Penyebab Kanker Hati)

6. Penyakit Campak

Penyakit campak biasanya kerap dialami manusia di usia balita atau anak-anak. Penyakit campak ditandai dengan demam tinggi dan munculnya bercak-bercak merah di sekujur kulit tubuh. Demam tinggi itulah yang beresiko dapat menyebabkan pembengkakan pada kelenjar getah bening yang memicu resiko terjadinya kanker getah bening.

7. Sakit Gigi

Sakit gigi pasti pernah dialami oleh siapapun, tak terkecuali anak-anak. Apalagi pada usia anak-anak, mereka masih belum dapat menjaga kebersihan giginya sendiri dengan benar sehingga masih harus diawasi dan dibantu oleh orang tua. Parahnya lagi, anak-anak dikenal sangat gemar makan makanan manis yang mudah membuat gigi rusak. Sakit gigi dapat menyebabkan gusi mengalami pembengkakan dan itu dapat beresiko pada kelenjar getah bening karena saluran akar gigi yang terinfeksi dapat membuat kelenjar getah bening membengkak yang menyebabkan kanker.

Baca Juga:

Sponsors Link

8. Infeksi Telinga

Infeksi telinga dapat memicu pembengkakan pada kelenjar getah bening yang berada di leher. Jika kelenjar getah bening di leher bengkak, resiko kanker pun akan meningkat. Infeksi telinga pada anak dapat terjadi karena beragam sebab seperti masuknya benda asing ke telinga, paparan virus hingga benturan.

9. Perokok Pasif

Bahaya menghirup asap rokok atau disebut perokok pasif sudah lama digencarkan oleh pemerintah di Indonesia. Bahkan, penelitian terbaru membuktikan orang yang kerap terpapar atau menghirup asap rokok namun bukan perokok aktif memiliki resiko terkena kanker jauh lebih besar daripada orang yang menjadi perokok pasif. Betapa berbahayanya efek rokok bagi tubuh manusia. Anak-anak yang memiliki orang tua perokok dan sering berada di dekat orang tuanya saat merokok, memiliki faktor resiko terpapar kanker getah bening lebih besar dari anak-anak dengan orang tua yang tidak merokok. (Baca juga: pengaruh rokok terhadap kanker serviks paling berbahaya)

10. Konsumsi Bahan Makanan Berpengawet 

Anak-anak memang masih berada dalam masa pertumbuhan sehingga menyebabkan nafsu makan mereka begitu besar. Sayangnya, banyak orang tua yan malas repot memasak makanan sehat untuk anaknya dan lebih memilih menyajikan makanan instan berpengawet seperti nugget, sosis, dan kentang goreng. Padahal, bahan pengawet yang ada di dalam makanan itu dapat bermutasi dan menginfeksi sel-sel tubuh termasuk kelenjar getah bening dan menyebakan kanker. (Baca juga: makanan pencegah kanker kelenjar getah bening)

Itulah 10 faktor umum yang kerap menjadi penyebab kanker getah bening pada anak. Sebagai orang tua, setelah membaca artikel ini hendaknya kita lebih bijak dan hati-hati dalam menjaga dan merawat anak-anak kita sehingga kesehatannya dapat terjaga dengan baik dan terhindar dari penyakit mematikan seperti kanker getah bening tersebut.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 06th, October 2016 / 00:27 Oleh :