Sponsors Link

10 Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening Di Leher dan Cara Diagnosanya

Sponsors Link

Kelenjar getah bening merupakan salah satu bagian dari sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh tersebut tidak dapat bekerja dengan baik jika kelenjar getah bening mengalami gangguan, salah satunya adalah terkena penyakit kanker. Penyebab adanya kanker kelenjar getah bening dapat dilihat dari dua aspek, yaitu primer dan sekunder. Jika dilihat dari aspek primer, penyakit kanker yang terjadi pada kelenjar getah bening berasal dari sel – sel tumor yang ada dalam organ itu sendiri. Sedangkan, jika dilihat dari aspek sekunder adanya penyakit kanker pada kelenjar getah bening dikarenakan serangan sel kanker dari organ tubuh lainnya yang menyebar ke kelenjar getah bening. (Baca juga: Penyebab Kanker Kelenjar Getah Bening Di Leher )

Sponsors Link

Kelenjar getah bening terdapat pada seluruh bagian tubuh. Namun biasanya kelenjar getah bening terdapat di leher, ketiak, pangkal paha, dan di bawah dagu. Gejala yang timbul dari adanya penyakit kanker pada kelenjar getah bening di setiap tubuh sama saja, yang membedakan hanyalah posisi dimana gejala tersebut terlihat secara kasat mata. Untuk gejala kanker kelenjar getah bening di leher biasanya akan terlihat adanya pembengkakan yang tidak wajar pada leher. Pembengkakan tersebut terjadi karena adanya virus atau bakteri yang masuk ke dalam kelenjar getah bening, kemudian menimbulkan infeksi. (Baca juga: Kanker Kelenjar Getah Bening di Leher)

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, gejala kanker kelenjar getah bening secara umum sama saja jika dilihat dari posisi keberadaan kelenjar getah bening. Perbedaan hanya akan diketahui ketika terjadi pembengkakan yang tidak biasa pada bagian tubuh tertentu. Berikut ini merupakan gejala yang timbul akibat adanya penyakit kanker kelenjar getah bening secara umum yang ada pada leher. (Baca juga: Bahaya Kanker Kelenjar Getah Bening )

1. Kelenjar getah bening yang ada pada leher menjadi membengkak

Apabila kelenjar getah bening mengalami gangguan, maka akan terjadi pembengkakan. Untuk kelenjar getah bening yang ada di leher, maka pembengkakan yang tidak biasa akan terlihat di leher. Hal tersebut dikarenakan kelenjar getah bening mengalami infeksi yang disebabkan oleh suatu virus atau bakteri. Selain itu, hal ini mengindikasikan bahwa sel-sel kanker yang ada dalam kelenjar getah bening mulai menyerang organ tubuh tersebut. Segera lakukan pemeriksaan oleh dokter untuk mengetahui gejala dari pembengkakan tersebut. (Baca Juga: Gejala Kanker Nasofaring , Makanan Penyebab Utama Kanker Nasofaring)

2. Kelenjar getah bening di leher terasa keras pada saat ditekan

Hal ini dapat pula terjadi pada orang yang mengidap penyakit kanker kelenjar getah bening. Ketika daerah leher mengalami pembengkakan karena adanya benjolan, benjolan tersebut akan terasa keras dan juga sakit pada saat ditekan. Perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui dan memastikan gejala yang terjadi tersebut. (Baca Juga: Ciri ciri Kanker Tenggorokan ,Tanda Kanker Pita Suara)

ads

3. Badan terasa lemah

Seperti yang telah kita ketahui, kelenjar getah bening merupakan salah satu bagian dalam sistem kekebalan tubuh. Jika organ tersebut mengalami gangguan, maka sistem kekebalan tubuh tidak akan bekerja secara efektif. Hal ini menyebabkan badan menjadi terasa lemah dan mudah lelah. Meskipun gejala ini sulit untuk dipastikan sebagai adanya penyakit kanker kelenjar getah bening, tetapi kita tidak boleh menganggap gejala tersebut sebagai hal yang sepele dan tidak bisa diabaikan begitu saja. (Baca Juga: Gejala Kanker Rahim , Gejala Kanker Tulang Sesuai Jenisnya)

4. Demam yang tidak kunjung mereda

Selain terjadi pelemahan pada tubuh, orang yang mengidap penyakit kanker kelenjar getah bening akan mengalami demam. Demam tersebut akan berbeda dengan demam pada umumnya. Demam yang dirasakan seakan-akan tidak kunjung sembuh. Hal ini tidak bisa dibiarkan begitu saja, diperlukan penanganan langsung oleh dokter agar gejala ini dapat segera diatasi dan tidak semakin parah. (Baca juga: Makanan Pencegah Kanker Kelenjar Getah Bening )

5. Tubuh menjadi menggigil

Selain mengalami demam, orang yang mengidap penyakit kanker kelenjar getah bening tubuhnya akan menggigil atau merasa kedinginan. Tetapi untuk memastikannya diperlukan pemeriksaan secara medis, karena gejala ini tidak hanya disebabkan oleh satu jenis penyakit saja. (Baca Juga: Manfaat Daun Afrika Untuk Pengobatan Kanker)

6. Sering berkeringat di malam hari

Gejala ini merupakan gejala umum yang dialami oleh orang yang mengidap penyakit kanker pada organ tubuh mana pun. Hal ini terjadi pula pada orang yang mengidap penyakit kanker kelenjar getah bening, dimana ia akan mengalami seringnya berkeringat di malam hari. Keluarnya keringat tidak dapat diketahui secara jelas penyebabnya. Sehingga untuk mengetahui gejala adanya penyakit tersebut memang harus dilakukan pemeriksaan secara medis. Karena gejala ini tidak hanya disebabkan oleh satu jenis penyakit saja. Perlu diwaspadai jika kondisi berkeringat tersebut sering terjadi dan keluar secara berlebihan. (Baca Juga: Tanda-tanda Leukemia)

7. Terjadi penurunan berat badan

Sama seperti pada poin sebelumnya, kondisi menurunnya berat badan merupakan suatu gejala yang umum dirasakan oleh setiap orang yang mengidap penyakit kanker apapun. Penurunan berat badan yang terjadi tidak diketahui secara jelas penyebabnya. Secara medis, kondisi ini terjadi karena sel-sel kanker mulai menggerogoti nutrisi yang ada dalam tubuh. Hal ini menyebabkan berat badan menjadi turun drastis. (Baca Juga: Tanda tanda Kanker Rahim)

8. Berkurangnya nafsu makan

Selain terjadinya penurunan berat badan, maka nafsu makan pun menjadi ikut berkurang. Hal ini menjadi salah satu dari gejala adanya penyakit kanker kelenjar getah bening. Menurunnya nafsu makan akan membatasi masuknya asupan nutrisi yang seharusnya ada dalam tubuh. Sehingga tubuh menjadi mudah lemas karena tidak adanya energi yang masuk dari makanan. (Baca juga: Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening)

9. Sakit tenggorokan

Apabila penyakit kanker kelenjar getah bening terjadi di leher, maka gejala yang pasti timbul atau dirasakan yaitu tenggorokan menjadi sakit. Dampak dari sakit tenggorokan ini adalah kesulitan menelan dan bernapas. Jika hal ini sudah dialami disertai dengan gejala-gejala lainnya, maka dapat dipastikan bahwa orang tersebut mengidap penyakit kanker kelenjar getah bening yang ada di leher. (Baca Juga: Gejala Kanker Lambung , Gejala Kanker Tonsil)

Sponsors Link

10. Gangguan sistem pernapasan

Seperti yang telah disebutkan pada poin selanjutnya, penyakit kanker kelenjar getah bening yang terjadi di leher dapat menyebabkan gangguan pada pernapasan. Hal ini terjadi karena sistem pernapasan mengalami penyempitan pada bagian paru – paru sehingga menyebabkan batuk dan dada menjadi terasa sesak.

Jika diperhatikan lebih lanjut lagi, gejala – gejala yang timbul tersebut akan sulit untuk diidentifikasi. Oleh sebab itu, selain menganalisis gejala yang mungkin terjadi kita pun perlu melakukan pemeriksaan secara medis oleh dokter. Hal ini dilakukan untuk menentukan tingkat akurasi dari gejala yang timbul akibat adanya penyakit kanker kelenjar getah bening. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mendiagnosis penyakit kanker kelenjar getah bening, khususnya yang ada di leher. (Baca juga: Pengobatan Kanker Kelenjar Getah Bening dan Diagnosa Awalnya , Tanda tanda Kanker Paru Paru)

  • Tes fisi. Metode ini dilakukan untuk membantu kita dalam mendeteksi penyakit kanker kelenjar getah bening secara dini. Pemeriksaan lebih lanjut akan dilakukan pada organ limfa dan hati. Tujuannya adalah untuk mendiagnosis adanya pembengkakan kelenjar getah bening pada leher.
  • Tes darah. Data kuantitas maupun kualitas darah yang dilakukan di laboratorium melalui metode ini akan membantu dokter dalam memastikan diagnosis secara lebih akurat. Dari metode tes darah ini akan diketahui adanya limfoma yang meningkatkan kuantitas dari Lactate Dehydrogenase (LDH). (Baca Juga: Pengobatan Kanker Darah Secara Medis)
  • Pemeriksaan sinar X. Metode ini bertujuan untuk pemeriksaan lebih lanjut mengenai penyakit kanker kelenjar getah bening. Pemeriksaan ini menggunakan pancaran sinar X yang diarahkan ke bagian dada untuk mendeteksi gejala kanker kelenjar getah bening pada dada. (Baca Juga: Radioterapi Kanker Serviks , Penyebab Kanker Kulit)
  • Pemeriksaan CT – Scan. Pemeriksaan ini bertujuan untuk mendiagnosa posisi pembengkakan kelenjar getah bening.
  • Magnetic Resonance Imaging (MRI). Selain metode CT Scan, metode MRI juga dapat dilakukan untuk mengetahui posisi atau letak pembengkakan kelenjar getah bening, khususnya yang ada di leher.
  • Radioisotop Scanning. Dengan memindai tulang akan dapat menunjukkan serapan radionuklida meningkat pada lesi, dan sel limfoma infilterasi difus tulang.
  • USG. Melalui pemeriksaan USG, akan dapat ditemukan nodul tumor sampai pembesaran hati dan limfa akibat dari adanya kanker pada kelenjar getah bening.

Itulah pemaparan mengenai gejala kanker kelenjar getah bening di leher disertai dengan cara diagnosa medis yang dapat dilakukan. Semoga bermanfaat. (Baca juga: Ciri-ciri Awal Kanker Otak )

 

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Sunday 06th, November 2016 / 23:11 Oleh :