Sponsors Link
     Sponsors Link

33 Ciri Ciri Kanker Kelenjar Getah Bening Sesuai Jenisnya

ads

Pembengkakan di leherCiri ciri kanker kelenjar getah bening dapat kita definiskan berdasarkan lokasi, jenis, dan ciri ciri umumnya. Kanker kelenjar getah bening atau disebut dengan kanker limfoma merupakan salah satu bentuk kanker yang sangat berbahaya, karena berhubungan dengan sistem pertahanan tubuh.  Kanker kelenjar getah bening atau kanker limfoma muncul ketika kelenjar getah bening pada bagian tertentu dari tubuh manusia terinfeksi dan membengkak sebagai mekanisme pertahanan dari kelenjar getah bening itu sendiri.

Fungsi Kelenjar Getah Bening

Kelenjar getah bening merupakan salah satu organ tubuh yang berperan sangat penting dalam sistem pertahanan atau imun tubuh kita. Kelenjar getah bening dapat menghasilkan sel – sel pertahanan tubuh apabila dilewati oleh antigen – antigen yang dapat melakukan infeksi. Ketika melakukan proses melawan antigen – antigen tresbut, dan melakukan pertahanan, maka disitulah terjadi kondisi dimana kelenjar getah bening membesar.

Jenis Kanker Kelenjar Getah Bening

Kanker kelenjar getah bening atau limfoma sendiri memiliki dua bentuk, yaitu :

  1. Hodgkin’s Limfoma

Sel kanker yang menyebabkan infeksi pada kelenjar getah bening berasal dari sel darah putih. Hodgkin’s Limfoma hanya berjumlah 10% dari kasus kanker limfoma atau kelenjar getah bening yang ada di dunia.

  1. Non – Hodgkin’s Limfoma

Bentuk kedua dari kanker limfoma adalah non – Hodgkin’s Limfoma. Non – Hodgkin’s Limfoma merupakan bentuk kanker limfoma yang asal pertumbuhan sel kankernya bukan berasal dari bagian sel darah putih. kanker jenis ini biasanya berasal dari infeksi kanker yang terjadi pada organ lainnya, yang menyebar ke kelenjar getah bening. Non – hodgkin’s limfoma merupakan kasus kanker limfoma atau kelenjar getah bening yang banyak terjadi.

Penyebab Kanker Kelenjar Getah Bening

Ada banyak faktor yang menyebabkan terjadinya kanker limfoma atau kelenjar getah bening ini, antara lain :

  1. Faktor genetic
  2. Sestem kekebalan tubuh yang lemah
  3. Racun yang berasal dari lingkungan
  4. Merokok
  5. Minuman Beralkohol
  6. Infeksi dari organ lain yang terserang kanker
  7. Virus
  8. Peradangan

Kanker kelenjar getah bening sendiri memiliki beberapa gejala yang dapat dirasakan oleh tubuh, ataupun dapat terlihat melalui teknologi medis, seperti CT Scan dan proses pencitraan lainnya. Berikut ini gejala – gejala atau symptom – symptom dari kanker limfoma atau kanker kelenjar getah bening :

Sponsors Link

Ciri Ciri Kanker Kelenjar Getah Bening Sesuai Jenisnya

Hodgkin’s Lymphoma

Hodgkin’s limfoma memiliki beberapa ciri ciri umum, yaitu :

  1. Pembengkakan limfa atau kelenjar getah bening yang tidak terasa sakit pada bagian lehr.
  2. Keletihan yang berlebihan
  3. Demam tinggi dan perasaan menggigil
  4. Berkeringat pada malam hari
  5. Kehilangan selera makan
  6. Gatal – gatal
  7. Sensitive terhadap alcohol

Non Hodgkins Lymphoma

Symptom atau gejala Non – Hodgkin’s Lymphoma

Non – Hodgkin’s limfoma juga memiliki symptom yang mirip dengan Hodgkin’s limfoma. Gejala – gejala atau symptom tersebut antara lain :

  1. Kelenajr getah bening yang membesar
  2. Pembengkakan pada bagian perut
  3. Rasa sakit pada bagian dada
  4. Batuk – batuk
  5. Nafas terasa sesak
  6. Demam
  7. Turunnya berat badan
  8. Anemia

Ciri Ciri Kanker Kelenjar Getah Bening Sesuai Lokasinya

Ciri ciri kanker kelenjar getah bening jenis non- Hodgkin’s limfoma dapat kita bagi sesuai dengan lokasi limfoma yang mengalami pembengkakan. Berikut ini ciri ciri kanker limfoma pada beberapa bagian tubuh :

Kanker Kelenjar Getah Bening Pada Bagian Perut

Kanker limfoma atau kelenjar getah bening yang terdapat pada bagian perut akan membuat bagian perut terlihat membengkak dan membesar. Proses pembengkakan kelenjar getah bening ini memaksa dan menyesaki otot perut, sehingga membuat bagian perut menjadi terlihat membengkak.hal ini dapat menyebabkan beberapa hal lain, seperti :

  1. Sakit pada bagian perut
  2. Nausea, rasa tidak nyaman di perut (ingin muntah)
  3. Muntah – Muntah

Kanker limfoma pada bagian dada

Ketika bagian kelenjar getah beninga pada bagian dada mulai terinfeksi an membengkak, maka kelenjar getah bening akan bagian trakea dan rongga dada sehingga mengalami sesak dan penyempitan. Hal ini akan membuat sesak napas dan kesulitan bernapas. Selain itu kelenjar getah bening pada bagian ini juga dapat mendesak bagian superior vena cava yang bertugas mengalirkan darah. Hal ini dapat menimbulkan :

  1. Pusing pada kepala
  2. SVC Syndrome, gejala penyumbatan vena

Kanker limfoma pada bagian kulit

Limfoma yang terdapat pada daerah kulit apabila mengalami pembengkakan, akan terlihat, dan penderitanya akan merasakan hal berikut :

  1. Gatal – gatal
  2. Benjolan berwarana merah atau biru di bawah kulit.

Kanker limfoma yang menyerang bagian otak

Limfoma yang berada pada bagian otak, biasa disebut primary brain lymphoma, dapat menyebabkan hal – hal berikut :

  1. Sakit kepala
  2. Masalah dalam berpikir
  3. Kelemahan pada bagian – bagian tubuh
  4. Perubahan kepribadian

Gejala Utama Kanker Kelenjar Getah Bening

B Symptoms

Selain itu, para ahli dan dokter juga memberikan istilah B symptoms untuk mendefinisikan symptom – symptom utama dari limfoma atau kanker kelenjar getah bening, yaitu :

  1. Turunnya berat badan secara tidak wajar
  2. Demam tinggi
  3. Keringat pada malam hari
Sponsors Link

Rendahnya sel darah dalam tubuh

Limfoma atau kanker kelenjar getah bening juga mengakibatkan menurunnya kandungan sel darah pada pasiennya. Hal ini menyebabkan munculnya symptom – symptom atau gejala – gejala berikut ini :

  1. Infeksi
  2. Kelelahan
  3. Mudah terluka dan pendarahan
  4. Anemia

Pengobatan

Pasien yang menderita kanker kelenjar getah bening atau limfoma ini memiliki bebrapa pilihan treatment atau pengobatan. Pilihan – pilihan tersebut antara lain :

  1. Kemoterapi

Merupakan metode treatment yang paling umum dan sudah banyak dilakukan oleh banyak penderita kanker, bukan hanya kanker kelenjar getah bening, namun juga pasien dengan jenis kanker yang lain.

  1. Immunological Therapy

Merupakan sebuah jenis terapi yang memberikan obat – obatan yang dapat meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh secara signifikan. Tujuan dari pemberian obat ini adala untuk membunh sel kanker, atau sekedar memperkambat pertumbuhannya.

  1. Radiotherapy

Terapi radio ini merupakan suatu proses terapi dimana sel kanker akan dihancurkan dengan menggunakan sinar yang memiliki energy tinggi atau sinar X – Ray.  Radio terapi ini dapat dilakukan baik secara eksternal dengan menggunakan akselarator x – ray, secara internal, ataupun secara radio labeled antibody.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 04th, March 2015 / 07:57 Oleh :