Sponsors Link

11 Penyebab Kanker Kelenjar Getah Bening

ads

Kanker kelenjar getah bening atau disebut dengan kanker limfoma merupakan salah satu bentuk kanker yang sangat berbahaya, karena berhubungan dengan sistem pertahanan tubuh.  Kanker kelenjar getah bening atau kanker limfoma ini dapat muncul ketika kelenjar getah bening terinfeksi dan membengkak sebagai mekanisme pertahanan dari kelenjar getah bening itu sendiri.

penyebab kanker kelenjar getah beningKanker kelenjar getah bening atau kanker limfoma ini memiliki 2 bentuk yaitu :

  • Hodgkin’s Limfoma – Merupakan bentuk kanker limfoma atau kelenjar getah bening, dimana sel kanker berasal dari bagian sel darah putih. Kasus Hodgkin’s Limfoma ini memiliki porsi sebesar 10% dari kasus kanker limfoma atau kelenjar getah bening yang ada di dunia.
  • Non-Hodgkin’s Limfoma – Bentuk kedua adalah non – Hodgkin’s Limfoma. Sesuai namanya, Non-Hodgkin’s Limfoma merupakan bentuk kanker limfoma yang bukan berasal dari bagian sel darah putih.90% dari kasus kanker limfoma masuk ke dalam bentuk Non-Hodgkins Limfoma.

Penyebab kanker kelenjar getah bening ini bisa sangat beragam, antara lain :

1. Faktor Keturunan

Salah satu penyebab kanker kelenjar getah bening atau kanker limfoma yang paling mudah dianalisa adalah faktor keturunan. Keturunan merupakan faktor  utama yang juga memicu pertumbuhan jenis kanker lainnya. Individu yang memiliki garis keturunan kanker, akan lebih mudah terinfeksi dan mengidap penyakit kanker kelenjar getah bening atau limfoma ini.

2. Sistem Kekebalan Tubuh Lemah

Sistem imunitas atau ketahanan tubuh yang lemah juga menjadi faktor terjadinya atau terinfeksinya sesorang dengan kanker kelenjar getah bening atau limfoma ini.

3. Konsumsi Minuman Alkohol

Minuman beralkohol menyumbang potensi kanker yang sangat tinggi. Kandungan alkohol tidak hanya dapat memicu kanker kelenjar getah bening atau limfoma saja, namun juga dapat memicu timbulnya jenis kanker lainnya, serta meningkatkan potensi mengalami serangan jantung.

Sponsors Link

4. Merokok

Sekali lagi, pola hidup sehat akan menyumbang peran yang sangat besar dalam pembentukan penyakit kanker. Sama seperti alkohol, kebiasaan merokok tidak hanya dapat menyebabkan kanker kelenjar getah bening atau limfoma saja, namun juga dapat menimbulkan segudang penyakit, baik penyakit kanker, paru-paru, hingga jantung.

5. Virus

Pembengkakan pada kelenjar getah bening juga dapat terjadi ketika kelenjar getah bening terinfeksi virus-virus tertentu. Penyebab kanker kelenjar getah bening terjadi akibat infeksi virus tertentu. Sama seperti sebelumnya, kelenjar getah bening akan mengalami pembengkakan untuk merespon infeksi tersebut.

6. Infeksi

Infeksi dapat terjadi ketika kelenjar getah bening dilalui oleh zat – zat asing dalam tubuh atau bias dikenal dengan antigen. Ketika kelenjar getah bening dilalui oleh antigen, maka kelenjar getah bening akan melakukan proses pembengkakan sebagai akibat dari mekanisme pertahanan diri dari kelenjar getah bening.

7. Peradangan

Penyebab kanker kelenjar getah bening juga ternyata dapat ditimbulkan oleh peradangan-peradangan pada bagian kelenjar getah bening atau limfoma tersebut. Peradangan pada kelenjar getah bening terjadi, ketika sel darah putih yang terkandung di dalam kelenjar getah bening mati karena zat-zat asing atau antigen yang masuk dan menginfeksi kelenjar getah bening.

8. Toksin Lingkungan

Toksin atau racun-racun yang diperoleh dari lingkungan, termasuk yang bisa ditemui dalam pengawet makanan dan pewarna kimia yang umum dipergunakan ini, dapat memicu pertumbuhan kanker kelenjar getah bening.

9. Kurang Olahraga

Kurangnya olahraga juga dapat memicu perkembangan kanker kelenjar getah bening ini. Olahraga dan pola hidup sehat akan membantu dalam meningkatkan daya tahan tubuh, yang secara langsung akan meningkatkan imunitas tubuh pula.

Selain itu olahraga juga dapat membantu anda dalam melakukan proses detoksifikasi racun-racun berbahaya yang ada di dalam tubuh.

Sponsors Link

10. Kanker

Sel-sel kanker ternyata juga dapat masuk ke dalam bagian kelenjar getah bening. Jadi pada intinya adalah kelenjar getah bening akan diinfeksi oleh sel kanker itu sendiri. Seperti biasa, kelenjar getah bening akan mengalami pembengkakan dan pembesaran dalam menghadapi kanker tersebut

Terkadang kelenjar getah bening tersebut dapat pecah dan pada akhirnya sel kanker tersbut malah menyebar ke dalam sel kelenjar getah bening yang berada pada tempat lain.

11. Tindakan Medis

Penyebab kanker kelenjar getah bening atau limfoma ini juga dapat terbentuk sebagai akibat atau efek dari penanganan medis yang sedang atau pernah dilakukan oleh seseorang. Efek radiasi yang muncul dari kemoterapi atau terapi radiasi ternyata bisa menimbulkan kanker kelenjar getah bening atau limfoma ini.


Kanker kelenjar getah bening memiliki beberapa gejala-gejala yang muncul dan menjadi ciri-ciri dari terbentuknya sel kanker pada bagian kelenjar getah bening atau limfoma. Gejala tersebut adalah :

  1. Keringat berlebih, terutama ketika malam hari hingga membuat kasur menjadi basah
  2. Demam tinggi yang sering kambuh
  3. Mengalami penurunan berat badan secara drastis secara tidak disadari
  4. Gatal – gatal, yang akan menjadi lebih buruk setelah meminum minuman yang mengandung alcohol
  5. Batuk – batuk dan sesak nafas
  6. Kehilangan selera makan
  7. Kelelahan yang berlebihan


Tindakan pencegahan dari kanker kelenjar getah bening atau kanker limfoma ini agak sulit untuk dilakukan, karena secara medis, kanker kelenjar getah bening atau limfoma ini memiliki penyebab yang bervariasi dan kurang spesifik. Sehingga yang paling mungkin untuk mencegah terjadinya kanker kelenjar getah bening atau limfoma ini adalah menerapkan pola hidup sehat, antara lain :

  1. Rajin berolahraga
  2. Hindari atau kurangi minuman beralkohol
  3. Hindari makanan yang memiliki bahan pengawet.
  4. Hindari merokok
  5. Selalu lakukan medical check – up secara teratur
  6. Terapkan pola makan yang seimbang dan sehat


Tentang Kelenjar Getah Bening

Kelenjar getah bening merupakan salah satu organ tubuh yang berperan sangat penting dalam sistem pertahanan atau imun tubuh kita. Kelenjar getah bening dapat menghasilkan sel-sel pertahanan tubuh apabila dilewati oleh antigen – antigen yang dapat melakukan infeksi. Ketika melakukan proses melawan antigen – antigen tresbut, dan melakukan pertahanan, maka disitulah terjadi kondisi dimana kelenjar getah bening membesar.

Dari sedikit bahasan di atas mengenai kelenjar getah bening, anda pasti paham pentingnya kelenjar getah bening dalam tubuh manusia. Anda dapat membayangkan apa yang akan terjadi apabila kelenjar getah bening ini tidak berfungsi secara normal, atau malah terserang kanker.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Saturday 28th, February 2015 / 06:44 Oleh :